4+ Cara Membuka Play Store yang Tidak Bisa Dibuka yang Paling Benar

caracekonline.net | Bicara tentang Play Store, mungkin para pengguna android sudah tidak asing lagi. Apalagi, untuk cara membuka Play Store yang terdapat pada ponsel android, sudah menjadi hal penting untuk mengunduh aplikasi yang dibutuhkan.

Selaku pengguna android, memiliki play store didalam smartphone memang menjadi hal yang sangat penting. Bahkan, tentunya aplikasi play store sendiri sudah akan terinstall secara otomatis ketika pengguna baru saja membeli ponsel android baru.

Karena memang play store sendiri merupakan tempat atau toko aplikasi untuk para pengguna android dapat menginstall atau mengunduh aplikasi yang dibutuhkan pada smartphone mereka. Oleh sebab itulah, jika mungkin smartphone androidmu tidak memiliki play store, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui pencarian di google, dan kemudian menginstallnya.

Selain menjadi tempat untuk mendownload aplikasi para smartphone, layanan google play juga bisa membantu kamu ketika hendak membeli kebutuhan didalam in game kamu. Misalnya, kamu senang bermain mobile legends, kamu bisa membeli diamond melalui layanan play store, dan jika kamu senang bermain PUBG Mobile, kamu bisa membeli UC untuk kebutuhan game kamu di play store. Tentunya, dengan beragam metode pembayaran yang disediakan.

Untuk sistem kerja dari play store sendiri tidak begitu sulit kok. Karena, aplikasi ini merupakan layanan dari Google, jadi ketika kamu memasukkan email pertama kali pada perangkat android, kamu sudah bisa langsung menggunakan layanan Google Play, dan mendownload aplikasi yang kamu butuhkan.

Cara Membuka Play Store

Cara Membuka Play Store yang Tidak Bisa Dibuka
membuka Play Store yang tidak bisa dibuka

Namun nyatanya, masih banyak para pengguna smartphone android yang mengalami masalah ketika hendak membuka play store mereka. Biasanya, hal ini sendiri disebabkan oleh beberapa hal. Seperti

  • Koneksi tidak stabil
  • Play Store yang belum terupdate
  • Versi Play Store yang tidak Kompetibel
  • dan masih banyak lagi

Untuk itulah jika mungkin kamu mengalami kendala pada saat membuka google play store, kamu bisa mengikuti beberapa cara membuka Play Store yang sudah mimin rangkum untuk kalian. Seperti:

Cara Membuka Play Store lewat Pengaturan Zona Waktu

Cara pertam adalah kamu bisa melakukan pengaturan zona waktu. Loh, memangnya hal ini berpengaruh ya? Jawabnya adalah jelas. Karena google play store yang terinstall di smartphone kamu, akan menyesuaikan dengan lokasi dan juga zona waktu yang kamu gunakan pada ponsel kamu melalui tracking GPS atau lokasi.

Untuk itu, jika kamu mengalami kendala ketika membuka play store, kamu bisa mengecek pengaturan lokasi atau zona waktu kalian. Dengan cara

  • Buka smartphone kamu lalu masuk ke bagian Settings/Pengaturan
  • Lalu masuk ke bagian Time and Date/Tanggal dan Waktu
  • Jika sudah, kamu bisa mengklik pada opsi hidupkan tanggal dan waktu otomatis atau kamu juga bisa menggunakan zona waktu yang sesuai dengan lokasi kalian saat ini

Setelah selesai, kamu bisa langsung me-restart perangkat kalian seperti biasa, agar pengaturan yang kamu buat tersimpan di smartphone dan kamu bisa mencoba untuk membuka play store yang ada di smartphone android kalian masing-masing.

Cara Membuka Play Store dengan Metode Fast Reset

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menggunakan metode fast reset. Nah maksud dari fast reset ini bukan berarti kamu harus melakukan reset pada ponsel kalian, melainkan hanya untuk aplikasi play store nya saja.

Caranya juga gampang banget kok

  • Masuk ke bagian pengaturan atau settings pada smartphone kalian
  • Setelah itu, klik pada bagian apps atau manajemen aplikasi dan cari aplikasi Google Play Store
  • Jika sudah ketemu, kamu bisa langsung mengklik pada apps Google play store tadi
  • Pada laman pengaturan aplikasi, kamu bisa mengklik pada opsi force stop/paksa berhenti, kemudian clear cache, dan delete data/hapus data
  • Tunggu beberapa saat sampai prosess fast reset nya selesai, dan coba buka lagi aplikasi play store kalian.

Setelah prosess fast reset ini dilakukan, maka secara otomatis google play akan menghapus semua data yang ada termasuk email yang sudah login. Tapi jangan khawatir, karena kamu hanya perlu melakukan login ulang saja seperti biasa. Dan coba untuk mendownload aplikasi yang kamu inginkan.

Cara Membuka Play Store lewat Uninstall

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu bisa melakukan uninstall atau install ulang pada aplikasi Google Play Store kalian. Memang, untuk cara ini memiliki tingkat keberhasilan yang fifty fifty. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba bukan?

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menguninstall aplikasi Play Store dari bagian settings/pengaturan
  • Pastikan juga, versi dari play store yang kamu gunakan memang bisa untuk di Uninstall
  • Jika sudah teruninstall, kamu bisa membuka browser dan mencari kata kunci Download Google play Store for (versi Android kamu)
  • Biasanya akan ada banyak situs yang menyediakan aplikasi Google Play Store yang bisa kamu unduh
  • Kemudian download google play nya seperti biasa, dan jika sudah kamu bisa langsung menginstallnya seperti biasa hingga selesai

Dalam beberapa kasus, mungkin tidak semua pengguna atau jenis smartphone mendukung cara ini. Tetapi, jika mungkin memang play store kalian bisa di uninstall, kamu bisa menggunakan cara ini sebagai alternatif ketika google play store kalian tidak bisa dibuka.

Namun jika ternyata play store mu tidak dapat di uninstall, kamu bisa melakukan update pada play store dengan cara

  • Buka Play Store
  • Klik pada garis 3 yang ada di pojok kiri atas layar
  • Lalu pilih About dan tap pada Play Store Version
  • Lalu tunggu sampai prosess updatenya berjalan

Cara Membuka Play Store dengan Reset Pabrik

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa melakukan reset pabrik untuk mengatasi masalah dimana kamu tidak bisa membuka google play store. Namun perlu diperhatikan ya, cara ini tidak dianjurkan untuk kamu yang mungkin belum melakukan backup data. Tetapi, jika mungkin kamu sudah melakukan backup data, kamu boleh menggunakan cara ini.

  • Masuk ke bagian settings/pengaturan pada ponsel kalian seperti biasa
  • Setelah itu scroll ke bagian bawah dan pilih pada opsi system 
  • Lalu, kamu bisa mengklik pada pilihan factory reset/reset pabrik 
  • Kemudian kamu akan langsung diarahkan untuk melakukan restart atau reset seperti biasa hingga selesai
  • Tunggu prosesnya selesai, dan jika sudah kamu akan langsung diarahkan ke laman untuk login ke google, seperti pertama membeli ponsel.
  • Dan setelah login dan masuk ke laman home screen atau layar utama, kamu bisa mengecek google play store kalian dan mencoba untuk mendownload aplikasi yang dibutuhkan.

Kembali lagi mimin jelaskan, cara ini memang terbilang agak riskan. Namun, untuk melakukan reset pabrik sendiri mimin menyarankan untuk kamu melakukan backup data terlebih dahulu, walaupun memang reset pabrik hanya menghilangkan aplikasi yang di install saja, tanpa menghilangkan data data penting didalamnya.

Dan itulah tadi beberapa cara membuka play store yang bisa kamu coba. Jika kamu mengalami kendala tidak bisa membuka play store, kamu boleh banget mencoba salah satu cara diatas tadi. Semoga bermanfaat.

Editor Choice:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!