4+ Cara Membuka Handphone yang Terkunci dengan Benar (Update)

caracekonline.net | Bagaimana cara membuka handphone yang terkunci? Apakah ada cara mudah untuk mengatasi hal ini? Jika ada, bagaimana caranya?

Bicara tentang smartphone, mungkin sebagian dari kita sering kali menggunakan salah satu gadget ini untuk memenuhi kebutuhan kita. Mulai dari sekedar berkomunikasi, ataupun mengakses sosial media yang kita miliki.

Sebab dari itulah, gak heran jika saat ini hampir seluruh masyarakat terutama di Indonesia, sudah menggunakan smartphone. Karena memang, salah satu gadget ini masuk dalam kategori penting dan vital dalam urusan komunikasi yang digunakan.

Dan gak cuma itu aja, saat ini para pengguna ponsel atau smartphone sangat mementingkan privasi mereka. Alhasil, gak sedikit dari mereka menggunakan beberapa sistem keamanan yang mana menjaga privasi mereka kita menggunakan smartphone.

Mulai dari menggunakan kode keamanan seperti pattern, pin, ataupun password. Hal ini sendiri bukan tanpa tujuan, melainkan demi menjaga keamanan ponsel dari tangan tangan jahil yang mungkin saja akan membajak akun sosial media kalian, ataupun mengaksess aplikasi yang ada di ponsel pengguna.

Meskipun begitu, nyatanya masih saja loh kadang ada pengguna yang sudah menggunakan kode kemanan pada ponsel mereka, namun pada akhirnya mereka lupa dengan kode keamanan mereka. Alhasil, ponsel yang tadinya terkunci dengan kode keamanan, tidak dapat dibuka untuk masuk kedalam menu home screen untuk mengaksess aplikasi yang mereka gunakan.

Jika hal ini terjadi, mungkin sebagian pengguna akan merasa panik dan segera membawa ponsel mereka ke tempat service handphone untuk bisa membobol atau membuka kode keamanan yang mana lupa password, sehingga ponsel mereka terkunci.

Cara Membuka Handphone yang Terkunci

Cara Membuka Handphone yang Terkunci
membuka handphone yang terkunci

Padahal, jika hal ini terjadi para pengguna tidak perlu terlalu panik karena mereka tidak bisa masuk kedalam ponsel yang terkunci tadi. Karena, ada beberapa cara membuka handphone yang terkunci, yang bisa digunakan sebagai alternatif atau menjadi pemecahan masalah ketika ponsel mereka terkunci. Seperti

Cara Membuka Handphone yang Terkunci lewat Reset Pabrik

Langkah pertama yang bisa dilakukan pengguna ketika mereka mengalami ponsel terkunci akibat lupa password, mereka bisa menggunakan cara reset pabrik, atau kembali ke setelan pabrik.

Nah, mungkin disini kalian bertanya tanya kan, bagaimana bisa masuk ke pengaturan atau reset pabrik, sedangkan untuk masuk ke setting saja kita tidak bisa. Karena memang ponsel nya terkunci.

Sebenarnya, untuk masuk ke reset pabrik sendiri kamu bisa masuk kedalam menu recovery mode pada ponsel. Namun, biasanya recovery mode atau TWRP kaitannya akan rekat pada pengguna ponsel yang sudah melakukan root.

Namun padahal, untuk ponsel yang belum root juga bisa kok masuk kedalam recovery bawaan ponsel kamu. Dengan cara

  1. Matikan ponsel kalian, dengan menekan tombol power selama 1 - 3 detik sampai ponsel benar benar mati
  2. Setelah itu tekan tombol power + volume up secara bersamaan sampai masuk kedalam menu recovery bawaan ponsel
  3. Jika sudah, kamu akan menemukan menu yang tersedia
  4. Untuk melakukan reset pabrik, kamu bisa memilih pada menu reset this phone

Perlu diperhatikan, pada saat menggunakan metode reset pabrik melalui recovery ini, kemungkinan semua data yang kamu miliki akan terhapus. Mulai dari data aplikasi, sampai juga ke bagian media penyimpanan.

Untuk itu, jika mungkin kamu ingin melakukan cara ini pastikan kamu mencabut terlebih dahulu sd card atau memori penyimpanan external yang mana mungkin ada data penting didalamnya. Atau, kamu juga bisa melakukan backup dengan mencolokkan ponsel ke komputer atau laptop, lalu mengaktifkan file transfer untuk melakukan backup ke komputer ataupun laptop.

Cara Membuka Handphone yang Terkunci lewat Lupa Password

Kemudian untuk cara yang kedua, jika mungkin kamu ingin mengakali ponsel yang terkunci tanpa kehilangan seluruh data didalamnya, kamu bisa juga kok menggunakan cara yang kedua. Yakni dengan menggunakan metode lupa password.

Biasanya, cara ini hanya berlaku di beberapa jenis smartphone saja. Salah satunya adalah android. Dan untuk cara nya juga gampang banget kok.

  1. Nyalakan ponsel kamu sampai kamu menemukan notifikasi jika ponselmu terkunci
  2. Setelah itu, kamu bisa mengklik pada opsi forget password atau lupa password
  3. Jika sudah, biasanya kamu akan di hadapkan dengan 2 opsi. Yakni dengan menjawab pertanyaan rahasia yang sudah kamu buat sebelumnya, atau juga memasukkan detail akun google yang terhubung dengan ponselmu.
  4. Setelah itu, kamu bisa memilih salah satu opsi yang tersedia dan mengikuti semua instruksi yang diberikan.

Dan jika sudah, maka secara otomatis kamu akan masuk kedalam home screen dari ponsel kalian, dan kamu bisa mengatur untuk kode keamanan, sesuai yang kalian mau. Gampang banget kan?

Cara Membuka Handphone yang Terkunci menggunakan Email

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu bisa menggunakan email yang mana email yang dimaksud disini adalah email google.

Cara ini biasanya sangat membantu untuk para pengguna ponsel android yang memang memiliki akun google yang terhubung dengan ponsel mereka. Dan caranya juga gampang banget kok

  1. Ketika masuk kedalam layar lock screen, langsung saja klik pada tombol forget password atau lupa password. Cara ini sama seperti yang sebelumnya, namun ini bisa menjadi alternatif jika kamu tidak megnetahui pertanyaan rahasia untuk membuka ponsel yang terkunci.
  2. Kemudian klik pada enter your google account details, dan secara otomatis kamu akan diarahkan ke laman login google
  3. Jika sudah, langsung saja masuk dengan menggunakan email dan password yang mana terhubung atau ada di ponsel kalian.
  4. Nantinya, pihak google akan mengirimkan kamu email berupa kode verifikasi yang harus kamu masukkan kedalam ponsel
  5. Segeralah login email melalui komputer atau laptop untuk mendapatkan kode verifikasi yang harus dimasukkan
  6. Tunggu beberapa saat, dan secara otomatis password yang lupa tadi akan terhapus dari ponsel kamu dan kamu bisa menggunakan ponselmu seperti biasa. 

Cara ini sangat membantu untuk pengguna smartphone yang mungkin saja mengalami kendala baik untuk mengatasi ponsel yang terkunci, ataupun sekedar lupa password.

Cara Membuka Handphone yang Terkunci Safe Mode

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa menggunakan cara yang sebenarnya agak susah susah gampang. Yakni dengan menggunakan safe mode.

Nah, buat yang belum tau safe mode sendiri adalah mode pada ponsel yang mana tidak ada aplikasi tambahan yang sudah diinstall dari play store.

Sehingga, aplikasi yang muncul pada safe mode ini adalah murni dari bawaan ponsel. Dan untuk mengatasi ponsel yang terkunci menggunakan safe mode juga terbilang mudah. Seperti

  1. Pastikan ponsel dalam posisi menyala
  2. Setelah itu tekan tombol power agak lama sampai muncul menu restart, shutdown, dan recovery
  3. Kemudian jika sudah, tap agak lama pada menu restart dan akan muncul opsi are you sure want to get in safe mode? klik pada tombol yes
  4. Tunggu beberapa saat dan kamu akan langsung diarahkan atau ponsel akan restart untuk masuk ke safe mode
  5. Pada safe mode, kamu bisa masuk ke settings > security lalu hilangkan kode kemanan atau kunci kemanan pada ponsel. Dan jika sudah, langsung saja restart seperti biasa untuk masuk ke home screen seperti biasa.

Sedikit catatan untuk kalian, untuk masuk kedalam safe mode sendiri tentunya akan berbeda di tiap ponsel. Jadi, mimin mau ingatkan dulu untuk kamu agar mengetahui bagaimana cara masuk kedalam safe mode di ponsel yang kamu gunakan.

Dan itulah tadi beberapa cara membuka handphone yang terkunci. Jangan lupa bagikan artikel ini untuk temanmu yang mungkin mengalami hal yang sama. Semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!