3+ Cara Membuka ID Apple yang Terkunci yang Paling Benar

caracekonline.net | Sebagai pengguna produk apple, mungkin cara membuka ID Apple yang terkunci adalah sebuah cara yang kadang masih banyak dipertanyakan oleh mereka.

Bagaimana tidak, tentunya kita sudah mengetahui betul bagaimana sistem keamanan yang dibuat oleh pihak Apple, untuk para penggunanya yang mana memang ketika kita membeli produk apple ntah dalam bentuk smartphone ataupun gadget lain, kita harus menggunakan id apple agar dapat login kedalam gadget yang kita miliki.

Mimin yakin nih, semuanya udah pada tau tentang id apple. Karena selain untuk bisa masuk atau login kedalam perangkat yang digunakan, id apple juga menjadi salah satu core atau nyawa dari ponsel apple yang digunakan.

Sebab tanpa adanya id apple, para pengguna tidak dapat menggunakan layanan app store, untuk mendownload aplikasi. Dan gak cuma itu aja kok, kalau kamu gak mempunyai id apple untuk masuk ke perangkat, bisa jadi ketika ada verifikasi ketika hendak mendownload aplikasi, melakukan update, atau sekedar melakukan pembelian pada aplikasi, kamu tidak akan bisa melakukannya jika salah memasukkan password ataupun id apple.

Maka dari itulah, penting banget buat kamu yang mungkin hendak membeli ponsel dari apple ini, kamu harus setidaknya memiliki id apple yang nantinya akan digunakan untuk masuk dan terdaftar pada perangkat yang kamu gunakan.

Namun ternyata, tidak sedikit juga kok pengguna apple yang mungkin sudah bertahun tahun menggunakan perangkat iOS ataupun iPhone mengalami kendala seperti lupa password, atau bahkan id apple yang mereka gunakan terkunci.

Biasanya, hal ini terjadi karena beberapa sebab. Bisa saja pengguna apple ini lupa dengan password yang digunakan, dan ternyata salah memasukkan password dengan melebihi batas maksimal percobaan password, atau mungkin juga akun atau id apple yang digunakan ini kerap kalo login ke perangkat lain, dan alhasil terindikasi sebagai kegiatan yang mencurigakan dari pihak apple itu sendiri.

Nah, jika hal ini terjadi tentunya para pengguna apple tidak dapat menggunakan id apple yang mereka buat untuk perangkat yang dimiliki. Namun, untuk sekedar login melalui layanan web mungkin masih ada kemungkinan bisa dan dapat dilakukan pengaturan.

Sayangnya, tidak semua pengguna apple memahami cara untuk mengembalikan atau mengatasi masalah id apple yang terkunci. Karena memang, kadang pengguna akan merasa panik terlebih dahulu ketika tau akun atau id apple yang mereka gunakan tidak lagi aktif dan terkunci begitu saja.

Dan jika hal ini terjadi, maka langkah terbaik yang dilakukan mungkin mendatangi service center dari apple, ataupun service khusus ponsel iPhone itu sendiri. Namun, tentunya hal ini akan membuat kamu mengeluarkan budget lebih, untuk mengatasi permasalah yang terjadi.

Cara Membuka ID Apple yang Terkunci

Cara Membuka ID Apple yang Terkunci
membuka ID apple yang terkunci

Tapi kembali lagi mimin ingatkan. Ketika ID apple kamu terkunci, jangan terlebih dahulu panik. Sebab pada dasarnya ada beberapa cara membuka id apple yang terkunci, yang tentunya juga bisa kamu lakukan sendiri tanpa mengeluarkan budget atau uang lebih. Penasaran? Berikut ulasannya.

Cara Membuka ID Apple lewat Reset iPhone

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan melakukan reset iPhone itu sendiri. Loh, semua datanya bakal hilang dong min?

Tenang, berbeda dengan perangkat android yang sebelumnya mimin jelaskan, untuk versi dari Apple sendiri memiliki sistem penyimpanan yang berupa penyimpanan awan atau iCloud. Jadi, ketika kamu melakukan reset iPhone, secara otomatis yang hilang hanyalah data yang ada di iCloud saja.

Lantas bagaimana untuk data yang ada di ponsel? Nah, untuk data yang ada di ponsel sendiri kamu bisa melakukan backup manual dengan menggunaka bantuan iTunes di komputer atau laptop, lalu memindahkan datanya ke komputer atau laptop.

Lalu bagaimana cara untuk reset iPhone itu sendiri?

  1. Kamu bisa masuk ke bagian pengaturan/settings dari iPhone
  2. Sesampainya di menu settings, kamu bisa memilih menu general atau umum untuk masuk ke menu selanjutnya
  3. Di menu general tadi, kamu bisa memilih pada opsi erase all contact and Settings
  4. Nantinya akan muncul pop up, dan kamu bisa langsung mengklik pada opsi erase iPhone

Tunggu prosess erase datanya selesai, dan kemudian kamu bisa kembali login seperti biasa di Iphone yang kamu gunakan tadi. Usahakan setelah melakukan reset, kamu kembali melakukan restore atas data yang sudah kamu backup sebelumnya.

Atau, kamu juga bisa kok memindahkan data yang kamu backup tadi, ke id apple baru yang mungkin kamu miliki selain id apple uitama yang terkunci tadi.

Cara Membuka ID Apple lewat Reset IMEI

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa melakukan reset IMEI untuk mengatasi id apple yang terkunci. Karena biasanya, kemungkinan besar dari id apple terkunci adalah dari perangkat yang mengalami lost imei karena beberapa faktor.

Dan untuk caranya juga masih terbilang mudah kok.

  1. Buka aplikasi browser safari yang ada di perangkat apple kalian
  2. Dan kemudian kunjungi situs www.directunlocks.com untuk melakukan reset IMEI
  3. Lalu, lihat pada bagian dus/box iphone kalian, dan masukkan IMEI perangkat yang tertera
  4. Jika sudah, klik pada opsi Unlock dan pilih tipe perangkat yang digunakan
  5. Jangan lupa untuk mengisi data yang valid, sesuai kolom yang disediakan
  6. Setelah itu, tunggu sampai prosess IMEI kalian menjadi lock

Tunggu beberapa saat, dan jika sudah selesai nantinya iCloud kalian akan secara otomatis terunlock dan kamu bisa kembali menggunakan layanan icloud berdasarkan ID Apple yang sebelumnya terkunci.

Cara Membuka ID Apple lewat Reset Password

Kemudian untuk cara yang selanjutnya, kamu bisa menggunakan layanan reset password, untuk id apple yang terkunci. Nah, disini kamu bisa menggunakan beberapa jenis perangkat, ntah itu dari iPhone kalian sendiri ataupun dari komputer dan laptop dengan mengaksess situs dari id apple itu sendiri.

Karena memang, biasanya dari pihak apple sendiri akan menyarankan penggunanya untuk melakukan reset password secara berkala demi keamanan akun dan juga id apple yang digunakan. Caranya

  1. Kunjungi situs iCloud dari browser kalian di komputer ataupun laptop
  2. Lalu, klik pada opsi forgot apple id or password? atau lupa id apple atau password?
  3. Nah, kemudian kamu akan diminta untuk memasukkan data data yang dibutuhkan seperti ID Apple
  4. Nantinya kamu akan diarahkan ke laman recovery 2 langkah dan kamu akan diminta untuk menghubungkan dengan perangkat apple yang terpercaya.
  5. Kamu bisa menggunakan perangkat iPhone atau apple milik temanmu sebagai penerima kode verifikasi, dan pilih pada tetapkan perangkat terpercaya
  6. Lalu, kamu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke perangkat milik temanmu
  7. Masukkan kode verifikasi yang tertera, dan kamu bisa membuat kata sandi atau password baru untuk id apple yang kamu miliki sebelumnya.

Dengan begitu, kamu bisa kembali mengaksess id apple kalian, dan jika kamu melakukannya di komputer atau laptop, tentunya secara otomatis kamu akan diminta untuk login ulang di perangkat apple kalian.  

Dan itulah tadi beberapa cara membuka id apple yang terkunci. Silahkan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rekomendasi Editor:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!