Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3+ Cara Membuka File WinRAR dengan Benar (VALID)

Bicara tentang file WinRAR, mungkin sebagian dari kita cukup asing dengan hal yang satu ini. Namun untuk para pengguna komputer, cara membuka file WinRAR sudah bukan lagi hal yang sulit, dan bisa dilakukan dengan mudah.

Sebagaimana kita tau, saat ini ada banyak sekali jenis file yang dapat kita gunakan. Mulai dari file docx untuk yang senang membuat file didalam microsoft word, file dengan format xlsx untuk mereka yang mengerjakan file workbook di excel, dan juga file dengan format ppt untuk mereka yang senang membuat file presentasi di powerpoint.

Tapi gak cuma itu aja kok, selain dari 3 jenis file diatas, kadang kala ada saja pengguna yang membagikan file lain dengan extensi yang berbeda. Mulai dari .pdf, .exe, dan lain sebagainya. Dan biasanya, file-file dengan jenis format ini, kerap sekali terdeteksi sebagai virus, atau mengalami kerusakan yang lebih dikenal dengan corrupt.

Alhasil, file yang corrupt atau rusak ini tidak dapat lagi diaksess oleh pengguna. Sehingga, mereka akan merasa bingung dan tak tau harus bagaimana lagi. Karena memang, file yang mereka bagikan ini tidak dapat diaksess ataupun dibuka.

Sebab dari keresahan inilah, akhirnya para developer yang berurusan didalam bidang teknologi dan informasi, mulai menciptakan sebuah aplikasi yang mana sangat familiar dan digunakan untuk 'membungkus' file dengan beragam format, kedalam 1 jenis format file untuk menghindari file corrupt dan melindungi tiap file yang ada didalamnya.

Aplikasi yang dimaksud disini adalah WinRAR. Aplikasi yang dikembangkan oleh developer rarlab ini, memang sangat membantu para pengguna dalam mengemas file agar lebih rapih dan juga aman dari virus, serta corrupt yang terjadi.

Sebab, cara kerja dari WinRAR sendiri adalah 'membungkus' atau memasukkan banyaknya jenis file yang berbeda, menjadi sebuah format baru yang mana nantinya akan berekstensi dengan .rar, ataupun .zip. 

Umumnya, file yang masuk dalam WinRAR ini akan disimpan dulu kedalam satu foler, untuk kemudian di masukkan kedalam file baru dengan format .rar, ataupun .zip. Sehingga hal ini akan membuat organisir file menjadi lebih mudah, dan tertata dengan rapih.

Selain itu file dari WinRAR ini bisa dibagikan ke berbagai jenis perangkat ataupun media penyimpanan. Kamu bisa membackup file dari WinRAR ini kedalam smartphone, hard disk, flash disk, dan juga media penyimpanan awan.

Cara Membuka File WinRAR

Cara Membuka File WinRAR
membuka file WinRAR

Sayangnya, tidak semua pengguna mengerti tentang cara membuka file winrar. Hal ini sendiri biasanya dialami oleh para pengguna yang mungkin saja belum pernah mengoperasikan aplikasi WinRAR atau memang belum familiar dengan aplikasi dan format file yang satu ini.

Padahal, untuk caranya sendiri terbilang mudah kok. Ada beberapa metode atau cara yang bisa kamu gunakan untuk membuka file WinRAR di beragam jenis perangkat .Seperti

Cara Membuka File WinRAR di Komputer / Laptop

Untuk cara yang pertama adalah jelas dari komputer ataupun laptop. Karena memang, aplikasi WinRAR lebih familiar dikenal oleh pengguna komputer, untuk mengorganisir file mereka. Tapi disini, ada 2 cara juga yang bisa digunakan, untuk mereka yang ingin membuka file WinRAR di komputer atau laptop mereka. Seperti.

Menggunakan WinRAR

Yang pertama adalah dengan menggunakan Aplikasi WinRAR itu sendiri. Kamu bisa mendownloadnya secara gratis dengan mengetikkan kata kunci download winrar di pencarian google. Dan cara untuk membuka file rar dengan WinRAR adalah sebagai berikut

  • Pastikan kamu sudah mendownload dan juga menginstall aplikasi WinRAR di komputer atau laptop kalian.
  • Setelah itu, siapkan file WinRAR yang ingin kamu buka.
  • Lalu klik kanan, dan pilih Extract Here ataupun Extract File
  • Setelah itu, kamu tinggal menunggu beberapa saat sampai prosess extractnya selesai.

Nah buat yang belum tau, ada perbedaan antara extract here dan juga extract file. Seperti

  • Extract Here : Digunakan untuk mengextract file secara langsung, apabila didalam file winrar sudah terdapat folder
  • Extract File : Digunakan untuk mengextract file dengan membuat folder baru sesuai dengan nama file WinRAR, dan akan otomatis membuat folder sekalipun didalam file WinRAR sudah ada folder. Dan cara ini kerap digunakan untuk mereka yang ingin mengorganisir file agar lebih rapih dan tersusun.

Menggunakan 7-Zip

Selain menggunakan WinRAR, kamu juga bisa kok menggunakan aplikasi lain yang berguna untuk membuka file dengan format khusus yang berupa .zip. Biasanya, jenis file .zip ini memang banyak digunakan, namun juga masih masuk dalam format file yang dibentuk dari WinRAR. Caranya

  • Download terlebih dahulu file 7-Zip, dengan mengetikkan kata kunci download 7-Zip di Google, dan pastikan kamu mendownload filenya dari situs resmi 7-Zip itu sendiri.
  • Kemudian jika sudah, siapkan file dengan format .zip yang hendak kamu extract
  • Jika sudah, klik kanan pada file dengan format .zip tadi, lalu pilih Extract All
  • Lalu, tunggu sampai prosess extract nya selesai, dan kamu sudah berhasil untuk membuka file dengan format Zip, yang mirip dengan file WinRAR

Baik dengan menggunakan WinRAR ataupun 7-Zip, keduanya bisa digunakan untuk membuka file WinRAR. Namun, untuk 7-Zip sendiri terbilang lebih spesifik karena memang hanya dikhususkan untuk membuka file dengan format .zip saja, dan tidak bisa untuk membuka file dengan format .rar. Jadi, sesuaikan untuk kebutuhanmu saja.

Cara Membuka File WinRAR di Android

Kemudian untuk yang kedua, kamu juga bisa kok membuka file WinRAR dengan format .rar ataupun .zip di smartphone android. Disini, kita akan menggunakan bantuan aplikasi yang memang dikhususkan untuk membuka kedua jenis file tersebut. Seperti

  • Download terlebih dahulu aplikasi untuk membuka file WinRAR, boleh menggunakan WinRAR, ataupun ZArchiver
  • Setelah selesai, kamu bisa langsung memindahkan file dengan format .rar / .zip, atau juga mendownload file dengan kedua format tadi, dan simpan ke directory perangkat kalian masing masing
  • Kemudian jika sudah, buka Aplikasi WinRAR Android, dan arahkan ke directory tempat kamu menyimpan file .rar atau .zip
  • Tap agak lama di file tersebut, lalu pilih extract here atau juga extract file. Dan untuk penjelasan antara extract here atau extract file, bisa kamu baca di point sebelumnya.
  • Jika kamu menggunakna ZArchiver kamu bisa juga langsung membuka aplikasi ZArchiver, lalu megarahkan ke directory dimana ada file .rar ataupun .zip
  • Lalu, tap sekali pada file tersebut lalu pilih extract here
Setelah prosess extract selesai, kamu akan langsung mendapati file yang ada didalam file WinRAR tadi, dan kamu bisa membukanya ataupun menginstall aplikasi yang mungkin dimasukkan kedalam file WinRAR dengan format .rar ataupun .zip tadi.

Dan itulah tadi beberapa cara membuka file winrar yang bisa kamu coba. Gimana? Gampang banget kan caranya? Semoga bermanfaat.