4+ Cara Membuka HP yang Terkunci dengan Kode Pengaman yang Paling Benar

caracekonline.net | Ditengah banyak nya pengguna smartphone, mungkin banyak sekali dari mereka yang bertanya tanya, bagaimana cara membuka hp yang terkunci dengan kode pengaman? Apa sajakah kode kode yang dimaksud beserta fungsinya? Dan lantas, apa yang menyebabkan ponsel bisa terkunci?

Berbicara tentang beberapa pertanyaan dan juga hal hal diatas, tentunya hal ini memang masih menjadi sebuah masalah besar bagi para pengguna ponsel, yang mana mengalami kondisi ketika ponsel mereka terkunci.

Sebab, ketika hal ini terjadi tentunya para pengguna ponsel tidak dapat menggunakan smartphone mereka seperti biasa, akibat adanya pembatasan ataupun sebuah hal yang menyebabkan pengguna tidak dapat masuk kedalam home screen atau layar utama pada ponsel mereka.

Karena memang untuk masalah hp terkunci sendiri bisa dikategorikan dalam beberapa jenis. Mulai dari karena pengguna lupa password, atau mungkin juga mereka mengalami kondisi dimana ponsel mereka terkunci akibat tidak dapat login atau masuk dengan menggunakan id atau account khusus yang memang diharuskan dalam tiap jenis ponsel yang mereka miliki.

Sebab dari itulah, jika hal ini terjadi pada pengguna smartphone, tentunya para pengguna akan panik karena tidak bisa masuk atau bahkan mengaksess ataupun melakukan backup daripada data yang mereka miliki.

Alhasil, para pengguna harus mengeluarkan sejumlah uang untuk mendatangi service center untuk membenahi masalah ini. Dan tentunya, jumlah uang yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Bisa antara 100rb sampai 400rb. Tergantung dari tiap ponsel yang digunakan.

Cara Membuka HP yang Terkunci dengan Kode Pengaman

Cara Membuka HP yang Terkunci dengan Kode Pengaman
membuka HP yang terkunci dengan kode pengaman

Padahal, untuk mengatasi masalah ini kamu masih bisa mengakalinya dengan beberapa cara membuka hp yang terkunci dengan kode pengaman yang tentunya juga bisa kamu lakukan sendiri dirumah. Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Seperti

1. Dengan Panggilan Telepon

Untuk kamu yang mungkin ponselnya terkunci akibat sudah berkali kali salah dalam melakukan password, pattern ataupun pin yang ada di ponsel kalian, kamu bisa kok menggunakan cara sederhana yang juga mudah untuk mengatasi ponsel terkunci akibat salah password. Dengan cara

Pastikan ponsel kamu dalam keadaan aktif dan juga dapat dihubungi

Setelah itu mintalah pengguna atau temanmu untuk melakukan panggilan dengan menggunakan pulsa ataupun menggunakan whatsapp (disarankan menggunakan panggilan suara dengan pulsa)

Kemudian ketika panggilan dari temanmu ini masuk, kamu bisa menerima paggilan seperti biasa dan diamkan selama 1 - 5 detik terhubung

Jika sudah, langsung saja tekan tombol home dan masuk ke bagian settings

Dan secara otomatis, kamu sudah bisa melakukan bypass atau melewati kode atau password yang sebelumnya kamu lupa tadi.

Setelah berhasil masuk kedalam pengaturan, kamu bisa mencoab untuk mengganti password atau menonaktifkan password, pin ataupun pattern yang melindungi ponsel kamu. Dengan begitu, kamu bisa kembali menggunakan ponsel kalian seperti biasa.

2. Dengan Cara Lupa Password

Kemudian masih seperti kendala yang pertama, yakni lupa password untuk masuk atau membuka ponsel, kamu juga bisa menggunakan bantuan lupa password atau forget password yang mana biasanya digunakan pada perangkat android. Dan caranya juga gampang banget kok

  1. Silahkan buka ponsel kalian seperti biasa sampai muncul bagian password untuk dimasukkan atau membuka ponsel kalian
  2. Setelah itu klik pada tombol lupa password/forget password
  3. Dan nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan email yang terdaftar di smartphone kalian
  4. Silahkan login seperti biasa, dan kamu bisa langsung mensetting untuk password baru yang akan digunakan untuk login.

Nah, untuk kamu yang mungkin memiliki atau sudah login dengan menggunakan lebih dari 1 email didalam ponsel android kalian, email yang harus kamu masukkan adalah email pertama yang kamu login. Karena, sistem akan membaca email pertama yang masuk dan terdaftar di ponsel kalian lebih dulu.

3. Lewat Recovery Data

Selanjutnya untuk kamu yang mungkin saja lupa dengan kode pengaman pada ponsel kalian, ada cara yang sedikit agak rumit, namun bisa memecahkan masalah yang kamu alami. Yakni dengan menggunakan Recovery Data.

Namun dengan catatan, biasanya cara ini hanya digunakan untuk mereka yang memang ingin menghapus semua data yang digunakan. Dan untuk caranya juga gampang banget kok.

Matikan ponsel kalian seperti biasa

Lalu masuk ke recovery mode dengan cara menekan kombinasi tombol power + Volume Up atau juga bisa dengan tombol power + volume up + volume down secara bersamaan

Setelah masuk kedalam menu recovery data atau recovery mode, kamu bisa langsung memilih pada menu Wipe Data/Factory Reset untuk menghapus semua data dan juga kode pengaman yang kamu buat sebelumnya

Lalu tunggu sampai prosess resetnya selesai, dan biasanya akan memakan waktu sekitar 1 - 3 menit

Jika sudah selesai, kamu akan diarahkan kembali ke menu recovery dan klik atau pilih menu reboot untuk masuk ke tampilan awal ponsel kalian sewatktu pertama dibeli.

Nah, selain untuk mengatasi masalah pada kode pengaman yang ada di smartphone kalian, cara ini juga bisa membantu kamu untuk melakukan reset secara keseluruhan, dan kembali login dengan menggunakan akun google yang hendak menjadi akun primer pada smartphone kalian. Gampang banget kan? 

4. Lewat ADB untuk Pattern

Kemudian untuk yang terakhir, kamu bisa menggunakan bantuan dari ADB yang mana memang kerap digunakan untuk para pengguna ponsel yang senang melakukan oprek. Tenang aja, disini kamu gak harus melakukan root dulu kok. Karena, kamu hanya perlu mengikuti beberapa step berikut ini.

Siapkan komputer ataupun laptop yang mana sudah terinstall ADB Driver dan juga Minimal ADB

Setlah itu, matikan ponsel kalian seperti biasa dan masuk kedalam menu recovery mode dengan menekan kombinasi tombol power + volume Up atau juga tombol power + volume up + down secara bersamaan

Jika sudah masuk atau berada di recovery mode, silahkan hubungkan USB atau kabel data dari komputer ke smartphone kalian.

Setelah terhubung, buka minimal ADB dan ketikkan perintah ADB shell rm/data/sistem/gestur.key lalu tekan enter

Tunggu beberapa saat sampai prosessnya selesai, dan kamu bisa melakukan reboot atau restart perangkat dengan menekan tombol power agak lama, atau juga kembali menekan tombol untuk masuk kedalam recovery mode sebelumnya.

Setelah berhasil reboot, secara otomatis layar kunci yang berupa gesture tadi akan hilang dan kamu bisa membuat pattern lock kembali sesuai keinginanmu, untuk mengamankan ponsel kalian. 

Dan itulah tadi beberapa cara Mmembuka hp yang terkunci dengan kode pengaman yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa menggunakan salah satu cara diatas, yang mana menurutmu paling mudah. Oh iya, jangan lupa untuk membagikan artikel ini untuk teman-temanmu yang mungkin mengalami hal yang sama. Semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!