3+ Cara Membuka Kata Sandi HP Samsung yang Lupa yang Paling Benar

caracekonline.net | Sebagian pengguna samsung mungkin bertanya, bagaimana cara membuka kata sandi HP Samsung yang lupa? Dan biasanya, hal ini sendiri kerap menjadi masalah untuk mereka yang mungkin saja tiap data-data yang disimpan di ponsel samsung sangat penting, namun terhalang akibat tidak dapat masuk kedalam smartphone mereka, untuk mengambil data tersebut.

Keamanan pada ponsel memang menjadi salah satu hal penting bagi para penggunanya. Biasanya, hal ini sendiri erat kaitannya dengan bagaimana pengguna menggunakan password, kata sandi, pola, pin atau bahkan jenis screen lock lain yang berguna untuk mencegah siapa saja atau orang lain mengaksess ponsel mereka sembarangan.

Hal ini juga masih berkaitan erat dengan hal privasi tentunya. Karena, jika smartphone yang digunakan tidak memiliki pengamanan seperti kata sandi, pin, pola pattern, atau password, maka bisa saja ada orang jahil yang mungkin memainkan atau menggunakan ponsel kalian tanpa izin. Alhasil, privasi yang kita miliki bisa dipermainkan begitu saja.

Sebab itulah para vendor atau pembuat ponsel pintar saat ini sudah mengembangkan beragam jenis pengamanan yang bisa digunakan oleh penggunanya. Bahkan, sekarang kamu sudah bisa menggunakan screen lock yang lebih canggih dan tidak bisa ditiru oleh orang lain, yakni face unlock, dan juga fingerprint lock.

Nah, salah satu vendor smartphone yang menawarkan keamanan paling baik adalah Samsung. Vendor asal korea ini memang sudah cukup lama ada di Indonesia dan menjadi pelopor smartphone terbesar pada pasar smartphone di Indonesia.

Dengan beragam pilihan dan jenis smartphone samsung, pengguna bisa memiliki smartphone dengan harga yang terjangkau, dan juga beragam fitur menarik yang ada didalamnya. Maka dari itulah, gak heran jika saat ini kita menemukan banyak masyarakat yang menggunakan ponsel Samsung.

Namun kembali ke pertanyaan diawal tadi. Meskipun banyak pengguna yang memilih untuk menggunakan kata sandi demi mengamankan ponsel mereka, nyatanya masih saja ada banyak pengguna yang kadang mengalami kendala dengan password atau kata sandi yang mereka buat.

Biasanya, pengguna mengalami lupa password, sehingga mereka tidak dapat masuk atau bahkan membuka ponsel mereka melalui lock screen yang mereka buat sendiri. Kadang, hal ini sendiri terjadi akibat para pengguna menggunakan kombinasi password yang mungkin agak sulit, dan terlalu banyak padanan karakter dan angka.

Alhasil, ketika mereka hendak membuka/masuk kedalam ponsel mereka, pengguna bisa saja lupa dengan password yang sebelumnya mereka buat sendiri. Wah, tentunya ini bisa menjadi hal yang buruk ya sob.

Cara Membuka Kata Sandi HP Samsung yang Lupa

Cara Membuka Kata Sandi HP Samsung yang Lupa
membuka kata sandi HP Samsung yang lupa

Ketika kamu mengalami hal seperti ini, mungkin sebagian orang akan menyarankan kamu untuk melakukan reset pabrik, guna menghapus semua data dan juga membuat ponsel menjadi seperti baru.

Namun, bagaimana dengan data-data yang ada didalamnya? Apakah tidak ada cara membuka kata sandi hp samsung yang lupa tanpa harus melakukan reset pabrik?

Nah, tentu pertanyaan diatas bisa terjawab pada artikel ini. Karena setidaknya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan ketika mungkin smartphone samsung kalian lupa kata sandi, dan kamu bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini.

Cara Membuka Kata Sandi HP Samsung yang Lupa dengan Lupa Password

Cara pertama yang menurut mimin paling mudah adalah dengan fitur forgot password atau lupa password. Yaps, cara ini tebrilang efektif, karena kamu bisa mengatasi masalah ketika mengalami lupa kata sandi pada perangkat samsung yang kamu miliki. Untuk caranya juga gampang kok.

  1. Nyalakan ponsel kalian dan lakukan Swipe Up untuk masuk ke menu lock screen.
  2. Sesampainya di menu lock screen, kamu bisa mencoba memasukkan kata sandi yang salah sebanyak 5x sampai muncul menu forgot password/lupa password
  3. Klik pada opsi tersebut.
  4. Dan nantinya kamu akan diarahkan untuk login dengan akun google
  5. Silahkan login kedalam akun google seperti biasa, dengan menggunakan akun Google yang terdaftar atau ada di smartphone samsung kalian.

Tunggu beberapa saat, dan secara otomatis jika akun yang kamu masukkan sudah terdaftar, maka kamu akan langsung diarahkan ke laman home, dan kamu bisa menghapus lock screen atau kata sandinya, atau juga membuat kata sandi baru sesuai keinginanmu. 

Cara Membuka Kata Sandi HP Samsung yang Lupa dengan Find My Mobile

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi find my mobile yang biasanya memang menjadi fitur utama dari perangkat smartphone samsung. Sebenarnya, aplikasi ini digunakan untuk mengetahui lokasi dari ponsel kamu ketika mungkin hilang atau tertinggal di suatu tempat.

Namnun nyatanya aplikasi ini juga bisa kok menjadi solusi ketika kamu lupa password atau kata sandi pada hp samsung kalian. Caranya:

  1. Buka situs https://findmymobile.samsung.com/ di komputer, laptop, atau perangkat smartphone lain melalui browser yang ada.
  2. Setelah itu, kamu bisa mengklik pada tombol masuk dan login seperti biasa menggunakan akun samsung yang kamu buat ketika pertama kali membeli ponsel samsung.
  3. Lalu akan muncul sebuah laman yang berisikan syarat dan persetujuan. Untuk itu, lanjut saja klik pada opsi setuju
  4. Nantinya, kamu akan diarahkan ke pilihan perangkat yang terhubung dengan akun Samsung kamu.
  5. Pilih pada perangkat yang ingin kamu unlock, dan klik pada menu unlock
  6. Setelah masuk menu unlock, kamu akan diminta kembali memasukkan password dari akun samsung kalian.
  7. Jika sudah, kamu akan menerima notifikasi jika ponsel samsung kalian sudah di Unlock, dan kamu bisa menggunakan smartphonemu seperti biasa.

Sedikit saran dari mimin, untuk kamu yang ingin menggunakan cara ini pastikan dulu kamu memang sudah memiliki akun samsung terlebih dahulu, sebelum menggunakan find my mobile. Sebab, jika kamu baru membuat akun, maka kemungkinan perangkat yang kamu miliki tidak akan terdeteksi di find my mobile. 

Cara Membuka Kata Sandi HP Samsung yang Lupa dengan Safe Mode

Sama seperti ponsel xiaomi, ternyata samsung juga memiliki fitur safe mode yang memudahkan penggunanya ketika mengalami lupa kata sandi ketika hendak masuk kedalam ponsel mereka. Dan tentunya, safe mode ini juga bisa digunakan untuk men-unlock ponsel samsung pengguna. Dengan cara

  1. Pastikan ponsel dalam posisi menyala dan aktif.
  2. Setelah itu, tekan agak lama pada tombol power, sampai muncul menu shut down, atau restart
  3. Ketika menu tersebut muncul, tap agak lama pada menu shut down/power off sampai muncul pop up enter to safe mode?
  4. Lalu klik pada opsi yes dan secara otomatis kamu akan restart dan diarahkan masuk kedalam safe mode dari samsung.
  5. Setelah masuk di safe mode, kamu bisa langsung menghapus kata sandi atau lock screen yang kamu buat sebelumnya dengan cara masuk ke Settings > privacy and security > lock screen > off

Dan jika sudah, kamu bisa me-restart ponsel kamu seperti biasa dan kamu sudah berhasil mengatasi masalah lupa kata sandi pada smartphone samsung.

Nah, itulah tadi beberapa cara membuka kata sandi hp samsung yang lupa. Silakan gunkan salah satu cara diatas yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rekomendasi Editor:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!