4+ Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus yang Paling Benar

caracekonline.net | Cara membuka pesan WA yang dihapus adalah bagaimana cara pengguna wa dapat melihat pesan, yang mana sudah ditarik oleh pengguna lain dengan status hapus untuk semua pengguna.

Siapa sih yang gak kenal dengan whatsapp? Salah satu aplikasi yang saat ini menjadi sangat penting untuk para pengguna smartphone ini memang menjadi jembatan untuk berkomunikasi antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Hal ini sendiri memang dikuatkan mengingat bagaimana whatsapp sekarang menjadi pengganti dari pesan sms ataupun telpon yang biasanya kita lakukan menggunakan pulsa utama.

Selain itu, pengguna whatsapp sendiri sudah sangat penting, karena dengan whatsapp kamu tidak hanya bisa berkomunikasi lewat teks atau telpon saja, melainkan kamu bisa mengirim pesan suara atau VN, mengirim foto, video, dan juga melakukan panggilan video atau video call.

Untuk pengguna whatsapp sendiri, saat ini cukup bervarian. Mulai dari remaja sekitar usia SMP, sampai orang dewasa dan orang tua sudah menggunakan whatsapp. Karena, di whatsapp ini kamu hanya perlu saling menyimpan kontak di masing masing perangkat, untuk kemudian bisa mulai berkomunikasi.

Maka dari itu, gak heran jika sekarang orang orang akan lebih khawatir jika tidak memiliki whatsapp, daripada aplikasi chat lainnya. Mengingat, saat ini juga sudah masuk kedalam era digital dan semua bisa dilakukan hanya dengan koneksi internet saja.

Namun kembali lagi. Dibalik banyaknya pengguna whatsapp yang kita temukan, tak bisa dipungkiri jika mungkin kita kerap melakukan kesalahan kecil, yang mana membuat kita panik, atau bingung. Nah, kesalahan yang mimin maksud disini, adalah kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pengguna smartphone baik itu whatsapp, ataupun telpon.

Kejadian salah kirim, adalah salah satu masalah yang sebenarnya tidak begitu besar namun terkadang membuat orang yang menerima pesan salah kirim tersebut merasa bingung dan bertanya tanya. Namun, mungkin kita bisa menjelaskan kejadian salah kirim tersebut sehingga penerima bisa memahaminya.

Tapi ternyata, salah satu fitur whatsapp yang tentunya diketahui pengguna yakni tarik pesan, kadang kala menjadi sebuah hal yang membuat si penerima pesan salah kirim tadi merasa penasaran. Sebab, fitur tarik pesan ini memang bisa menghilangkan pesan yang kita kirim, sehingga tidak terbaca oleh si penerima tadi.

Memang sebenarnya untuk fitur tarik pesan ini sendiri masuk dalam 2 kategori. Yang pertama ada delete for me atau khusus untuk diri sendiri, yang mana hanya kamu yang bisa melihat jika pesan itu ditarik atau di hapus, dan delete for everyone atau hapus untuk semua pengguna yang mana penerima pesan juga tidak akan melihat pesan yang sudah dihapus.

Nah, permasalahannya adalah kadang banyak pengguna yang memakai fitur delete for everyone yang mana membuat si penerima pesan yang salah kirim tersebut penasaran. Karena, pesannya terhapus di kedua belah pihak.

Tentu mimin yakin, kamu juga pernah kan jadi korban salah kirim dari pengguna whatsapp yang mungkin saja temanmu, dan belum sempat membaca pesan yang dihapus tadi, sehingga timbul rasa penasaran.

Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus

Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus
membuka pesan WA yang dihapus

Jika jawabanmu adalah iya, sekarang kamu gak usah khawatir lagi, karena sebenarnya ada beberapa cara membuka pesan WA yang dihapus, kalau kalau ada temanmu yang mungkin tak sengaja salah kirim pesan. Penasaran? Berikut ulasannya.

Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus dengan Aplikasi Notification History

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melihat atau membuka pesan wa yang sudah dihapus adalah dengan bantuan aplikasi Notification History. Dan untuk caranya juga gampang banget kok.

  • Download terlebih dahulu aplikasi Notification History dari Google Play Store
  • Jika sudah, silahkan kamu install seperti biasa hingga prosessnya selesai
  • Kemudian kamu bisa membuka Notification History, dan masuk ke menu settings/pengaturan
  • Pada menu pengaturan, kamu bisa memilih menu Apps/Aplikasi dan pilih pada Aplikasi Whatsapp
  • Jangan lupa untuk memberikan semua perizinan yang dibutuhkan oleh aplikasi Notification History

Jika sudah, cobalah untuk meminta temanmu mengirimkan pesan, dan setelah itu minta temanmu untuk menghapus atau menarik pesan untuk semua orang dan untuk melihat chat yang sudah dihapus tadi, kamu bisa melihatnya di aplikasi Notification History. 

Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus dengan Aplikasi Recent Notification

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi Recent Notification. Nah, aplikasi ini gak jauh beda dengan aplikasi Notification History. Dan untuk cara penggunannya adalah sebagai berikut

  1. Kamu bisa mendownload aplikasi Recent Notification melalu Google Play Store seperti biasa
  2. Kemudian install dan tunggu sampai proses installasinya selesai
  3. Setelah itu, Buka aplikasi Recent Notification dan berikan perizinan atau aksess yang dibutuhkan
  4. Jika sudah, buka kembali aplikasi Recent Notification, dan secara otomatis semua notifikasi yang masuk akan muncul disana.

Nah, perbedaan antara aplikasi ini dengan yang sebelumnya adalah semua notifikasi yang masuk ke ponsel kamu, akan muncul dan tampil dalam aplikasi Recent Notification. Sehingga, kamu bisa memantau notifikasi apa saja yang sudah masuk dan terlewatkan. Termasuk pesan wa yang sudah dihapus tadi.

Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus dengan Aplikasi WhatsRemoved+

Kemudian di aplikasi ketiga, kamu bisa menggunakan WhatsRemoved+ yang mana aplikasi ini sangat terkenal dan banyak digunakan oleh pengguna untuk melihat pesan whatsapp yang sudah terhapus. Dan untuk cara penggunaannya

  1. Unduh atau kamu bisa mencari aplikasi WhatsRemoved+ melalui Google Play Store di smartphone kalian
  2. Setelah itu, klik pada tombol Install dan tunggu sampai prosessnya selesai
  3. JIka sudah terinstall, kamu bisa membuka aplikasi WhatsRemoved+ dan kemudian memilih aplikasi Whatsapp untuk memantau semua pesan kamu
  4. Jika muncul perizinan, berikan atau allow semua perizinan yang dibutuhkan oleh WhatsRemoved+ 

Dan jika sudah, maka secara otomatis semua pesan yang masuk semenjak kamu mengaktifkan WhatsRemoved+ akan terekam atau tersimpan di aplikasi WhatsRemoved+ baik dalam bentuk text, video, vn, dan juga gambar.

Cara Membuka Pesan WA yang Dihapus Tanpa Aplikasi

Kemudian untuk langkah yang terakhir, kamu bisa memantau notifikasi apa saja yang masuk di smartphone kalian, tanpa menggunakan aplikasi. Namun, perlu diingat ya untuk cara ini mungkin akan berbeda di tiap perangkat, ada yang mungkin bisa ada juga yang tidak.

Karena, disini kita akan menggunakan sistem widget settings yang mana memang menjadi bawaan dan ada pada tiap smartphone. Caranya

  1. Pergi ke layar utama atau home screen dari ponsel kalian
  2. Kemudian, tap agak lama di bagian layar sampai muncul widget untuk ditambahkan
  3. Pada bagian widget, kamu bisa memilih widget settings/pengaturan dan menambahkannya ke layar home screen kalian
  4. Setelah itu, klik pada widget yang ditambahkan tadi lalu pilih opsi notification log

Lalu jika sudah, kamu bisa mengklik pada widget notification log yang sudah ditambahkan ke layar utama tadi, dan kemudian secara otomatis semua history ataupun riwayat notifikasi akan muncul disana. Termasuk pesan wa yang sudah dihapus namun belum kamu lihat atau buka. Gampang banget kan?

Dan itulah tadi beberapa cara membuka pesan wa yang dihapus dengan beragam cara yang bisa kamu coba. Silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Editor Choice:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!