3+ Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Benar (Update)

caracekonline.net | Bagi sebagian pemilik kendaraan roda 4 seperti mobil, cara membuka pintu mobil yang terkunci kadang menjadi cara yang sampai saat ini masih banyak dicari dan juga menjadi hal penting yang tak boleh di lupakan.

Ngomongin tentang mobil, mungkin alat transportasi satu ini sudah bukan lagi hal yang asing atau terdengar beda di telinga masyarakat indonesia. Sebab, untuk kendaraan jenis roda 4 ini sendiri bisa kita temukan dimana saja.

Memiliki mobil sendiri memang menjadi salah satu kebutuhan tersier yang kadang sangat membantu para pemilik, sebagai alat atau moda transportasi demi mencapai tujuan yang hedak ditempuh. Biasanya, para pemilik mobil akan menggunakan kendaraan roda 4 ini ketika hendak berpergian bersama keluarga atau bahkan teman.

Sampai saat ini pun ada banyak sekali jenis kendaraan mobil yang bisa kita lihat atau bahkan temukan dijalan. Mulai dari mobil dengan jenis sedan, mini van, bus, elf, dan masih banyak lagi. Tentunya, tiap tiap jenis atau tipe mobil ini akan menyesuaikan dengan kebutuhan dari para pemiliknya.

Selain itu harga dari mobil juga sudah terbilang sangat terjangkau. Apalagi, saat ini sudah banyak para vendor atau produsen mobil yang bekerja sama dengan pihak leasing untuk memasarkan mobil dengan sistem kredit yang semakin memudahkan masyarakat untuk dapat memiliki mobil.

Karena jika dibandingkan dengan kendaraan roda dua atau motor, mobil memiliki kenyamanan yang amat sangat. Dimana, ketika hujan jelas kamu tidak kehujanan, dan panas kamu tidak kepanasan. Namun tetap saja, karena dimensi dari mobil yang besar dan beukuran 2 kali dari kendaraan motor, ketika kondisi macet mobil akan memakan waktu lebih lama daripada mengendarai motor.

Walaupun demikian, kamu masih bisa bersantai didalam mobil sembari menikmati macet tanpa merasakan panas karena didalam mobil sendiri sudah disediakan AC yang bisa kamu nyalakan dari bagian kokpit atau dashboard depan mobil.

Namun kembali lagi. Tiap tiap jenis kendaraan baik roda dua atau empat pastinya memiliki masalah. Mulai dari kerusakan ringan, sampai kerusakan berat. Dan biasanya, hal ini sendiri memang terjadi akibat ulah pemilik kendaraan yang mungkin belum tau atau tidak sengaja melakukan kesalahan kecil pada kendaraan mereka.

Sebagai contoh, kesalahan kecil yang kerap kali terjadi pada pengendara mobil ialah kondisi pintu mobil yang terkunci baik secara sengaja ataupun tidak sengaja, baik dari luar ataupun dalam. Dan hal ini akan menjadi sebuah masalah, jika pemilik kendaraan tidak segera mengatasi hal ini.

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci
membuka pintu mobil yang terkunci

Oleh sebab itulah, ketika mungkin pintu mobil kalian terkunci tanpa sengaja dan tidak bisa dibuka baik melalui remote ataupun secara manual, kamu harus banget tau soal cara membuka pintu mobil yang terkunci, untuk mengatasi hal seperti ini.

Sekiranya, mimin sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi hal seperti ini. Seperti

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Besi Gantungan Baju/Hanger

Langkah pertama ketika kamu mengalami kondisi dimana pintu mobil kalian terkunci tanpa sengaja dari dalam, adalah dnegna menggunakan besi gantungan baju atau yang kerap dikenal dengan nama hanger dan sejenisnya.

Cara ini terbilang cukup 'tricky' jadi ketika kamu mencoba cara ini, pastikan kamu berhati hati ya.

  • Ambil sebuah gantungan baju dengan bahan besi dan lepaskan semua lipatan besi baju sampai kamu mendapatkan bentuk lurus dari gantungan baju besi tadi
  • Setelah itu, buat bentuk tekukan di ujung kawat yang satu, dengan ukuran 3 - 5 cm yang berguna sebagai pengait
  • Geser ke bagian mobil, lalu masukkan besi gantungan baju yang sudah di buat lurus tadi, melalui celah antara karet pelindung kaca
  • Masukkan secara perlahan dan hati hati sampai kamu melihat ujung pengait tadi berada di posisi paling bawah atau dekat pengait kunci
  • Gerakkan ujung pengait dari besi gantungan kunci tadi sampai sesuai atau pas dengan tuas pengunci pintu
  • Jika sudah dirasa tepat pada tuas pengunci, kamu bisa menarik keatas kawat gantungan baju tadi dan pintu akan terbuka 

Perlu diingat, untuk cara ini sendiri mungkin agak sulit. Karena dalam beberapa kasus, kamu harus melakukan percobaan berkali kali demi bisa mencapai tuas pengunci pintu. Dan cara ini juga cocok banget untuk kamu yang mungkin masih memiliki mobil dengan sistem penguncian versi lama.

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Tali

Kemudian untuk cara yang kedua, sebenarnya tak jauh berbeda dengan menggunakan kawat gantungan baju yang sudah mimin jelaskan sebelumnya. Namun dengan menggunakan tali, kamu bisa lebih leluasa dan mudah untuk membuka pintu mobil yang terkunci. Caranya

  • Siapkan tali sepanjang 1 sampai 1 1/2 meter, dan pastikan kamu menggunakan tali yang tidak mudah putus dan kuat
  • Setelah itu kamu bisa membuat bentuk simpul seperti bentuk jebakan burung, ataupun simpul lain yang jika ditarik akan mengikat
  • Sama seperti cara sebelumnya, masukkan tali melalui celah antara kaca dan karet pelindung kaca
  • Arahkan simpul bulat pengikat tali ke tuas pengunci pintu seperti cara sebelumnya
  • Dan jika tuas pengunci pintu sudah berada di dalam simpul yang dibuat tadi, kamu bisa menarik tali kearah depan agar tali mengikat tuas kunci mobil

Kemudian setelah terikat sempurna, kamu bisa menarik tali yang mengikat tuas kunci tadi, dan pintu mobil akan terbuka seperti biasa.

Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dengan Kawat Besi

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa menggunakan kawat besi dengan diameter yang agak besar, dan juga memiliki panjang yang cukup. Nah, biasanya cara ini kerap digunakan untuk para pemilik mobil yang sistem penguncinya sudah menggunakan tombol, atau juga tuas yang ditarik dekat jendela. Caranya

  • Siapkan besi dengan panjang sekitar 60 - 100 cm dan luruskan
  • Setelah itu buatlah lekukan pada ujung kawat besi berbentuk pengait 
  • Jika sudah, kamu bisa mengganjal bagian atas pintu atau dekat jendela dengan menggunakan alat lain, untuk bisa memasukkan kawat besi yang sudah dibentuk tadi
  • Lalu, masukkan kawat besi yang sudah dibentuk tadi, dan kamu bisa mencungkil bagian tuas pengunci yang biasanya ada di bawah jendela, atau juga kamu bisa mengarahkan ujung lekukan kawan besi untuk menekan tombol unlock pada pintu kalian.
  • Dan secara otomatis, pintu yang terkunci tadi akan terbuka seperti biasa.

Perlu diperhatikan, pada saat mengganjal pintu dari bagian pojok jendela, kamu harus berhati hati dan jangan sampai memberikan ganjalan terlalu besar, ataupun terlalu kuat. Karena, hal ini dapat merusak bagian pintu mobil, jika terlalu dipaksakan.

Dan itulah tadi beberapa cara membuka pintu mobil yang terkunci baik karena kesengajaan atau terjadi karena ketidak sengajaan. Silahkan coba salah satu cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Editor Choice:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!