Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3+ Cara Membuka HP Xiaomi yang Terkunci dengan Benar (VALID)

Bagaimana cara membuka HP Xiaomi yang terkunci? Apa saja yang dibutuhkan untuk bisa mengembalikan ponsel xiaomi yang terkunci atau tidak dapat digunakan?

Berbicara tentang ponsel atau smartphone, mungkin kita sudah gak lagi asing dan sangat familiar dengan hal yang satu ini. Ditengah merabaknya kegiatan digital pada saat ini, mobilitas dengan menggunakan ponsel adalah hal yang sangat penting dan menjadi kebutuhan primer untuk sebagian orang.

Bagaimana tidak? Dengan adanya smartphone, segala jenis kegiatan yang kita lakukan bisa lebih mudah. Mulai dari berkomunikasi, menggunakan sosial media, dan juga mengerjakan pekerjaan secara mobile dengan bantuan apps yang mana bisa kita guanakan di smartphone.

Nah, salah satu vendor atau brand yang saat ini cukup terkenal di kalangan pengguna smartphone adalah xiaomi. Brand atau vendor yang berasal dari negeri tirai bambu atau china ini, memang menjadi salah satu vendor yang menguasai pasar smartphone jenis flagship.

Hal ini sendiri di dukung dari bagaimana xiaomi dapat memasarkan ponsel dengan sejuta fitur namun dengan harga yang terjangkau. Mulai dari dibawah 1 juta, sampai dibawah 2 juta atau bahkan diatas 2 juta, kamu sudah bisa memiliki smartphone xiaomi dengan beragam fitur yang menarik.

Selain itu xiaomi juga dikenal dengan kemudahan ataupun system pada perangkat nya yang mudah untuk di oprek atau bahkan di root untuk mereka yang mengetahuinya. Dan gak cuma itu aja, xiaomi juga sangat memanjakan para penggunanya dengan memberikan keunggulan dari segi hardware.

Mulai dari baterai dan juga kamera, xiaomi bisa dikatakan lebih unggul. Maka dari itu, gak heran jika saat ini kita pastinya banyak menemukan para pengguna smartphone yang memiliki ponsel dengan merk xiaomi sebagai gawai utama mereka.

Karena menjadi vendor yang stand alone atau berdiri sendiri, xiaomi juga dilengkapi dengan fitur mi account yang mana menjadi poin penting untuk para pengguna xiaomi. Dengan adanya mi account ini, para pengguna baru bisa login atau masuk kedalam perangkat mereka, untuk mengaksess smartphone sepenuhnya.

Kalau kita melihat kilas balik dari mi account, tentunya hal ini hampir mirip dengan bagaimana iPhone mewajibkan para penggunanya untuk memiliki id apple untuk bisa menggunakan smartphone mereka. Karena jika pengguna tidak memiliki account tersebut, maka pengguna tidak akan login.

Hal ini juga di dasari oleh bagaimana keamanan sistem dibentuk. Karena, jika sewaktu waktu mungkin ponsel kalian hilang dan ditemukan oleh orang lain lalu di lakukan reset pabrik, maka pengguna tetap harus memasukkan mi account yang terdaftar di ponsel tersebut.

Dengan begitu, jika mungkin orang yang menemukan ponsel kamu ingin login, mereka tidak dapat menggunakan mi account mereka sendiri. Karena, mi account yang sudah ada di dalam device tersebut tidak sinkron dengan yang terdaftar di ponsel mereka.

Tapi kembali lagi. Biasanya, untuk masalah dari hp xiaomi yang sudah mimin jelaskan diatas tadi, terjadi ketika mungkin pengguna kehilangan ponsel mereka. Namun, bagaimana jika ponsel yang digunakan tidaklah hilang, melainkan terkunci?

Cara Membuka HP Xiaomi yang Terkunci

Cara Membuka HP Xiaomi yang Terkunci
membuka HP Xiaomi yang terkunci

Untuk kamu yang mengalami hal tersebut atau hp xiaomi kalian terkunci, kamu tidak perlu panik. Karena, untuk cara membuka HP Xiaomi yang terkunci sendiri masih terbilang mudah. Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan ketika ponsel mu terkunci. Seperti

Cara Membuka HP Xiaomi yang Terkunci lewat Recovery Mode

Cara pertama yang paling mudah adalah dengan menggunakan recovery mode. Khusus untuk pengguna xiaomi, para pengguna bisa mengaksess recovery mode dengan mudah, sekalipun mereka belum menginstall TWRP.

Hal ini sendiri dikarenakan pihak xiaomi menyediakan recovery mode yang dikhususkan atau tertanam secara default pada tiap ponsel xiaomi yang di produksi. Caranya

  • Silahkan masuk ke recovery mode dengan menggunakan kombinasi tombol power + volume up sampai masuk ke dalam menu recovery
  • Dalam beberapa detik, kamu akan langsung diarahkan ke menu recovery mode dari xiaomi
  • Lanjut untuk mengklik pada menu reset factory yang berguna untuk menghapus semua data data kalian.
  • Tunggu beberapa saat sampai prosess resetnya selesai, dan secara otomatis kamu akan langsung diarahkan ke menu login.

Ketika sudah berhasil melakukan reset, selanjutnya kamu tinggal memasukkan id atau username dari mi account kalian seperti biasa. Nah, sebagai catatan untuk cara pertama ini memang dikhususkan jika memeang kamu ingin melakukan reset secara keseluruhan ntah karena sudah memiliki device baru, atau hendak menjual ponsel lama kalian.

Dan perlu dicatat ya sob. Jika mungkin ada data yang penting, kamu boleh menggunakan cara yang kedua agar tidak kehilangan data yang kamu miliki.

Cara Membuka HP Xiaomi yang Terkunci Reset Pabrik

Kemudian untuk cara yang kedua adalah untuk kasus hp xiaomi yang terkunci akibat kesalahan IMEI atau IMEI tidak terdaftar. Karena memang, ketika hal ini terjadi kamu tidak akan bisa menggunakan ponselmu untuk sim card ataupun melakukan panggilan dan juga internet. Caranya

  • Masuk terlebih dahulu ke bagian settings atau pengaturan
  • Setelah itu, klik pada bagian system yang ada di pengaturan
  • Lalu, klik menu reset pabrik/Factory reset
  • Ikuti semua step atau langkah yang muncul
  • Dan tunggu sampai prosess resetnya selesai, dan kamu bisa kembali menggunakan smartphone xiami kalian seperti biasa.

Nah, perbedaan antara cara pertama dan kedua adalah, jika menggunakan cara pertama: keseluruhan data yang ada di smartphone atau media penyimpanan dan juga aplikasimu akan ikut hilang. Sedangkan untuk cara yang kedua: kamu hanya akan kehilangan apps yang sudah terinstall saja.

Cara Membuka HP Xiaomi yang Terkunci Test Point

Kemudian untuk cara yang ketiga, sebenarnya cara ini terbilang masuk dalam kategori cara menengah, karena kamu harus membongkar bagian dalam dari ponsel xiaomi kamu.

Disini, kamu bisa melakukan test point yang mana biasanya dialami oleh pengguna xiaomi yang belum melakukan root, namun mendapatkan ROM versi china atau bukan versi global.

Loh, apakah hal ini akan memblokir atau mengunci ponsel xiaomi pengguna? Sebenarnya tidak. Namun, kadang kala ada saja fitur-fitur yang tidak dapat di akses. Salah satunya adalah kendala login menggunakan akun Google. Dengan cara

  • Download terlebih dahulu File ROM khusus untuk xiaomi kalian, yang mana sudah masuk dalam versi global.
  • Setelah itu, siapkan komputer atau laptop dan download aplikasi xiaomi flash tool yang bisa kamu unduh dari situs resminya
  • Jika sudah, bongkar ponsel kamu dan cari tau dimana letak test point dari ponsel kalian. Karena biasanya, untuk tiap perangkat akan berbeda.
  • Siapkan juga pinset untuk melakukan test point
  • Apabila semuanya sudah siap, hubungkan ponsel kamu dalam kondisi mati dan menghubungkan pinset ke titik test poin tadi lalu sambungkan USB dari Ponsel ke Komputer atau laptop
  • Buka aplikasi miflash tool, lalu pilih file ROM yang sudah kamu download sebelumnya tadi
  • Pastikan ponselmu terdeteksi, dan jika sudah terdeteksi klik pada tombol flash dan jangan lepas pinset yang terhubung ke test point tadi
  • Tunggu prosess flashingnya selesai, dan kamu akan langsung diarahkan kedalam rom yang sudah kamu install tadi.

Jika semua sudah beres, kamu bisa menyalakan ponsel kalian seperti biasa, dan kamu bisa login kedalam smartphone kalian seperti biasa menggunakan mi account yang sudah kamu miliki. Gampang kan?

Dan itulah tadi beberapa cara membuka hp xiaomi yang terkunci. Mana cara yang menurutmu paling mudah? Semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!