3+ Cara Membuka Kunci iPhone Tanpa Komputer dengan Benar (Update)

caracekonline.net | Bicara tentang iPhone, mungkin cara membuka kunci iphone tanpa komputer adalah sebuah panduan yang banyak ditanyakan pengguna, yang mungkin tidak memiliki perangkat komputer, ataupun device seperti macbook, ataupun komputer dari apple itu sendiri.

Karena memang, untuk pengguna iphone sendiri kadang kerap kali mengalami kendala pada saat menghubungkan perangkat mereka dengan komputer. Kadang, tidak semua jenis operating system pada laptop bisa sinkron dan terhubung dengan iphone yang merupakan produk dari Apple.

Biasanya, para pengguna akan mengakali hal tersebut dengan menginstall iTunes pada komputer Windows mereka, atau juga menggunakan komputer dengan jenis macbook atau komputer yang terinstall operating system mac mereka.

Tapi, sayangnya memang tidak semua pengguna iPhone memiliki komputer. Dan alhasil, ketika mereka lupa password atau ponsel mereka terkunci, hal ini kadang menjadi masalah besar. Karena, tidak semua pengguna iPhone dapat melakukan backup data terlebih dahulu.

Mau tidak mau, mungkin pengguna iPhone memilih untuk melakukan reset pada ponsel mereka, dan juga merelakan semua data dan aplikasi yang terinstall didalamnya terhapus selesai melakukan reset iphone mereka.

Jika hal ini terjadi, maka siapa yang tidak ketar ketir. Terlebih, jika ponsel iphone mereka terkunci, dan tidak dapat masuk kedalam menu utama dari ponsel yang mereka gunakan. Alih alih menggunakan keamanan berupa password yang berupa pin atau pattern pada ponsel, malah menjadi sebuah petaka ketika ponsel mereka terkunci.

Memang, kadang kala mungkin pengguna iPhone saat ini sudah bisa menggunakan fitur unlock yang berupa fingerprint yang mana hanya membutuhkan sidik jari yang diletakkan pada tombol home di Iphone, untuk versi terbaru.

Namun untuk pengguna iPhone versi lawas mungkin fitur fingerprint ini tidak ada atau belum tersedia pada versi yang mereka gunakan. Alhasil, jika pengguna mengalami lupa password maka pengguna akan menggunakan cara terakhir yang mana melakukan reset iPhone.

Cara Membuka Kunci iPhone Tanpa Komputer

Cara Membuka Kunci iPhone Tanpa Komputer
membuka kunci iPhone tanpa komputer

Padahal jika kamu mengalami hal seperti lupa kata sandi atau password pada perangkat iphone baik untuk versi lawas dan juga versi terbaru, kamu masih bisa mengatasi hal ini dengan mudah melalui beberapa cara membuka kunci iphone tanpa komputer seperti berikut:

Cara Membuka Kunci iPhone Tanpa Komputer dengan Forget Password

Cara pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur forget password/lup password. Namun, berbeda dengan pengguna Android, untuk bisa menggunakan fitur lupa password pada iphone, kamu harus masuk kedalam website dari iPhone untuk melakukan verifikasi terlebih dahulu. Caranya

  • Kamu bisa meminjam posel milik teman, atau bahkan keluargamu untuk kemudian membuka browser dan masuk ke link https://iforgot.apple.com/password/verify/appleid untuk melakukan verifikasi
  • Setelah itu, silahkan login dengan menggunakan id apple yang memang terdaftar di perangkat yang akan dibuka kuncinya
  • Kemudian setelah berhasil masuk, kamu akan langsung dihadapkan dengan 2 opsi pilihan. Yang pertama adalah dengan melakukan verifikasi email atau menjawab pertanyaan rahasia yang sudah kamu buat sebelumnya
  • Jika kamu menggunakan metode verifikasi email, kamu bisa login email kamu terlebih dahulu di ponsel milik teman atau keluargamu tadi untuk mendapatkan link atau kode verifikasi
  • Setelah berhasil memilih salah satu opsi yang diberikan, nantinya kamu bisa langsung membuat password baru untuk bisa login kedalam iPhone kalian

Nah, untuk menggunakan cara ini tentunya pengguna harus mengetahui betul detail dari id apple yang digunakan. Baik dari email, ataupun pertanyaan rahasia yang dibuat sebelumnya. Dan untuk password baru yang dibuat, usahakan menggunakan kombinasi antara huruf besar, angka, dan juga karakter spesial untuk membuat password yang kuat.

Cara Membuka Kunci iPhone Tanpa Komputer dengan iCloud

Kemudian untuk cara yang kedua, disini kita akan menggunakan iCloud yang mana memang sebagai media penyimpanan dari Iphone itu sendiri. Namun, dengan cara ini juga kamu bisa melakukan reset password untuk mengatasi masalah iPhone yang terkunci tanpa komputer. 

  • Masih sama seperti cara pertama, kamu bisa meminjam ponsel milik teman, atau bahkan keluarga kalian.
  • Lalu, buka browser pada smartphone yang kamu pinjam tadi, dan kunjungi situs https://icloud.com/find dan tekan Enter.
  • Jika sudah, lanjut untuk mengklik pada opsi Login untuk masuk seperti biasa.
  • Silahkan login dengan menggunakan id apple yang terdaftar pada perangkat yang terkunci atau lupa kata sandi.
  • Setelah login, kamu bisa mengklik pada semua perangkat yang ada di menu paling atas.
  • Pilih pada perangkat iphone yang terkunci, dan pilih pada hapus perangkat.
  • Kemudian, secara otomatis id apple yang ada di perangkat terkunci tadi akan hilang dan kamu bisa memasukkan password baru untuk perangkat yang dihapus tadi.

Namun perlu dicatat ya, untuk cara kedua ini terbilang agak riskan, karena akan menghapus semua data di iPhone yang terkunci. Untuk itu, pastikan kamu sudah melakukan backup data terlebih dahulu, agar setelah reset kamu bisa melakukan restor untuk mengembalikan data.

Tapi jika belum, maka kamu harus rela kehilangan data data yang ada di iPhone kalian yang terkunci tadi.

Cara Membuka Kunci iPhone Tanpa Komputer dengan Touch ID

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa menggunakan fitur touch id untuk mengatasi permasalahan pada perangkat iPhone yang terkunci. Namun dengan catatan, pastikan dulu kamu memang sudah mengaktifkan fitur Rest Finger to Open pada menu Aksesibilitas iPhone.

Cara ini juga hanya berlaku untuk para pengguna iPhone yang sudah memiliki fitur fingerprint unlock, saja ya. Caranya juga gampang kok.

  • Pasikan iPhone kalian masih dalam kondisi menyala.
  • Kemudian, tekan tombol power untuk menyalakan ponsel dan masuk ke menu lock screen.
  • Jika sudah, letakkan jari kalian agak lama pada tombol home yang menjadi fingerprint scan agak lama.
  • Dan tunggu sampai ada pop up yang meminta kamu untuk menekan tombol home
  • Tekan tombol home seperti biasa, dan secara otomatis iPhone kalian akan terbuka seperti biasa.
  • Selanjutnya, kamu bisa mengatur lock screen pada iPhone menjadi none, agar tidak lagi terkunci, atau kamu bisa menggunakan jenis pengaman lain seperti pin, atau pattern.

Perlu juga dicatat ya sob. Cara ini hanya berlaku apabila fingerprint yang kalian tempelkan adalah cocok. Jadi, cara ini gak berlaku untuk sembarang jari atau menggunakan jari yang tidak terdaftar dalam fingerprint di iPhone.

Karena memang cara ini biasanya dikhususkan untuk pengguna iPhone yang mungkin saja mengalami kendala pada sensor fingerprint yang mungkin saja terlahang oleh debu, kotoran, ataupun error sehingga tidak dapat mendeteksi fingerprint dengan baik.

Nah, itulah tadi beberapa cara membuka kunci iphone tanpa komputer yang bisa kamu coba. Silahkan gunakan salah satu cara yang menurutmu paling mudah, dan jangan lupa bagikan artikel ini ke temanmu yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Editor Choice:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!