3+ Cara Membuat Twitter yang Paling Benar

caracekonline.net | Bagaimana cara membuat twitter? Apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat akun twitter pertama kali? Bagaimana langkah langkahnya?

Berbicara tentang jejaring sosial media, tentunya hal ini sudah bukan lagi hal yang mengherankan untuk para pengguna. Terlebih, untuk mereka yang saat ini sudah menggunakan smartphone untuk kebutuhan hari hari mereka.

Hadirnya sosial media belakangan ini, memang menjadi hal yang cukup penting. Mulai dari bisa membangun komunikasi dengan pengguna lain, sampai dengan membangun bisnis dengan menjual produk yang mereka miliki, atau sekedar untuk hiburan saja.

Nah, salah satu sosial media yang saat ini cukup banyak diminati dan juga masih banyak digandrungi para sosial media addict adalah twitter. 

Yap, layanan jejaring sosial media yang didirikan pada tahun 2006 ini, memang menjadi salah satu tempat bermain bagi para pecinta sosial media dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Jejaring sosial yang satu ini memang berbeda dengan sosial media lainnya. Awalnya, Twitter sendiri merupakan sebuah sosial media yang dikhususkan untuk para pengguna dapat mengirimkan twit atau status mereka dengan terbatas 140 karakter, dengan bisa menyertakan foto ataupun video.

Namun semakin berkemabgnya zaman dan juga teknologi, kini banyak sekali para pengguna twitter yang menggunakan twitter sebagai media mencari teman dan juga jodoh. Terlebih, sejak 2021 lalu, pembatasan karakter twit yang bisa digunakan sudah di upgrade menjadi 200 karakter lebih.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di twitter. Mulai dari sekedar membuat postingan atau twit, menambahkan teman untuk saling follow, dan juga mencari informasi terbaru yang sedang terjadi di dunia maya.

Karena sebenarnya, banyak sekali para pengguna twitter yang selalu up to date dengan berita yang ada. Bahkan, untuk beberapa berita viral yang mungkin kita temukan di sosial media, biasanya berawal dari twitter.

Karena memang twitter sendiri menganut sistem freedom of speech yang mana pengguna bisa bebas membuat akun alter atau akun kedua mereka, untuk kemudian menyuarakan twit mereka tanpa ada batasan ataupun larangan yang berlaku.

Namun tetap aja ya sob, kita harus pintar pintar dalam menggunakan sosial media, agar tidak menyalahi aturan yang sudah ada.

Cara Membuat Twitter

membuat akun Twitter

Sebab itulah, saat ini juga banyak pengguna yang mungkin beralih dan mencoba untuk mencari tau cara membuat twitter. Sebenarnya, hal ini bukan karena didorong oleh rasa penasaran saja, melainkan untuk membuat sebuah akun twitter sendiri, sistem yang digunakan sudah berbeda. Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk hal ini. Seperti 

Cara Membuat Twitter lewat HP / Smartphone

Cara pertama yang menurut mimin paling mudah adalah dengan menggunakan smartphone atau hp kalian masing-masing. Dengan menggunakan cara ini, tentunya kamu harus terlebih dahulu memiliki aplikasi twitter, ataupun mengaksessnya melalui browser yang ada di smartphone. Caranya:

  1. Download terlebih dahulu aplikasi twitter yang ada di google play store ataupun app store kalian masing-masing.
  2. Setelah itu, buka aplikasi twitter.
  3. Nantinya kamu akan diarahkan untuk login ataupun membuat akun baru.
  4. Untuk membuat akun baru, kamu bisa mengklik pada opsi Sign up atau Buat Akun.
  5. Setelah itu kamu akan diminta untuk mengisi beberapa data penting untuk nantinya bisa login, seperti:
    - Username (dimulai dengan @)
    - Nama Twitter
    - Password
    - Email
    - Nomor Telpon (opsional)
  6. Setelah berhasil mengisi semua data yang dibutuhkan, maka kamu bisa mengklik pada tombol Daftar, untuk kemudian kamu akan diarahkan ke laman timeline twitter.
Sampai sini, kamu sudah berhasil untuk membuat akun twitter. Sisanya, kamu tinggal melengkapi profile kamu dengan mengganti foto profile, menambahkan foto sampul, ataupun memverifikasi akun kamu melalui nomor telpon ataupun email yang kamu daftarkan.

Cara Membuat Twitter lewat PC / Laptop

Kemudian untuk cara yang kedua, jika kamu tidak ingin menggunakan aplikasi twitter di smartphone, kamu bisa kok melakukan pendaftaran akun twitter baru melalui komputer atau laptop kalian. Caranya juga gak jauh beda kok.

  1. Buka browser yang ada di komputer atau laptop kalian, boleh menggunakan google chrome, ataupun firefox
  2. Setelah itu, kunjungi situs twitter di twitter.com
  3. Nantinya kamu akan diarahkan ke laman awal tampilan twitter
  4. Jika sudah, langsung saja klik pada tombol sign up, dan isi semua data
  5. Kamu akan diminta untuk mengisikan beberapa data penting seperti
    - Nama Twiter
    - Password
    - Email / nomoh handphone
    - Tanggal lahir
  6. Dan jika sudah terisi, maka kamu bisa langsung mengklik pada tombol sign up untuk kemudian langsung diarahkan ke laman selanjutnya
  7. Jangan lupa untuk melakukan verifikasi dengan mengklik link apabila kamu menggunakan email, atau memasukkan kode OTP apabila kamu menggunakan nomor hp
Setelah itu, kamu akan langsung diarahkan ke laman timeline twitter dan kamu sudah berhasil untuk membuat akun twitter pertama kamu. Kamu bisa melengkapi profile dengan menambahkan avatar profile, ataupun menambahkan foto sampul dan mengedit bio kamu agar terlihat lebih menarik.

Cara Membuat Twitter lewat Akun Google

Dan cara yang terakhir, adalah kamu bisa menggunakan akun google. Cara ini terbilang amat sangat mudah, karena kamu bisa melakukannya secara langsung baik dari komputer ataupun smartphone. Namun, mimin menyarankan dari komputer agar lebih mudah untuk melakukannya. Caranya:

  1. Buka terlebih dahulu situs twitter.com dari perangkat komputer atau laptop kalian melalui browser yang tersedia
  2. Setelah itu, langsung saja klik pada tombol Sign up with google account / daftar dengan akun google
  3. Kemudian, masukkan akun google yang kamu miliki, dan tentunya masih aktif ya
  4. Jika sudah, tunggu beberapa saat dan biarkan twitter mengisi data data kamu sesuai akun google yang kamu masukkan tadi
  5. Apabila ada yang tidak sesuai, kamu bisa mengeditnya dengan mengganti nama dan juga username agar sesuai dengan keinginaanmu.
  6. Terakhir, kamu bisa langsung masuk ke timeline twitter tanpa harus melakukan verifikasi, dan mulai mengedit profile kamu dengan menambahkan avatar, ataupun cover profile dan juga bio agar terlihat lebih menarik lagi tentunya.
Nah, baik dengan menggunakan akun google, utnuk kamu yang mungkin memiliki akun apple atau ID Apple, kamu juga bisa kok melakukan pendaftaran akun twitter tadi, dengan menggunakan akun apple yang kamu miliki. Jadi, kamu tidak perlu khawatir untuk mendaftar apabila tidak mengetahui akun google kalian.

Setelah berhasil membuat akun twitter pertama kamu dengan menggunakan salah satu cara diatas, selanjutnya jika kamu ingin login ke perangkat komputer atau device lain, kamu tinggal memasukkan username dan juga password yang sudah kamu buat sebelumnya.

Tetapi, apabila kamu lupa dengan password twitter kamu, kamu bisa melakukan reset password dengan memasukkan identitas akun kamu seperti nomor hp, ataupun email untuk melakukan verifikasi ketika hendak melakukan reset password. Gimana, gampang banget kan?

Dan itulah tadi beberapa cara membuat twitter yang bisa kamu coba. Silahkan gunakan salah satu cara diatas, dan selamat mencoba.

Bacaan yang lain:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!