Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2+ Cara Membuat Toko di Shopee yang Benar (VALID)

Bagaimana cara membuat toko di shopee? Apa saja yang dibutuhkan?

Ngomongin tentang layanan toko online, mungkin hal ini sudah bukan lagi hal baru untuk kalangan masyarakat saat ini.

Toko online atau e-commerce pada saat ini, memang sudah banyak kita temukan dimana mana. Bahkan, kita bisa mengkasessnya secara mudah melalui perangkat smartphone ataupun komputer dan laptop.

Hadirnya toko online sendiri memang memberikan kemudahan untuk para penggunanya. Mereka bisa berbelanja ataupun membeli produk yang mungkin tidak ditemukan di beberapa offline store atau toko fisik disekitar mereka.

Selain itu, berkembangnya teknologi dan juga informasi, membuat toko online juga sudah bisa digunakan untuk melakukan pembayaran ataupun pembelian produk digital.

Gak cuma itu aja, layanan toko online juga menggunakan sistem antar paket, yang mana memungkinkan kamu untuk tidak keluar rumah, dan tinggal menunggu paket data setelah melakukan pembayaran.

Gak heran, jika saat ini ada banyak banget masyarakat yang lebih memilih berbelanja secara online dengan sistem delivery. Selain itu, toko online juga kadang kala menawarkan ragam diskon serta promo.

Baik dari seller atau penjual yang memang memberikan promo tersebut, atau juga dari pihak e-commerce itu sendiri.

Selain untuk memudahkan para pengguna dalam berbelanja secara online, tentu hadirnya toko online juga membantu para seller atau penjual, untuk mendapatkan keuntungan dari produk yang mereka pasarkan.

Dengan adanya toko online ini, para penjual atau seller bisa dengan mudah menjajakkan produk yang mereka jual, hanya dengan melalui smartphone ataupun komputer dan laptop mereka.

Karena memang, gak jarang kok orang orang yang pada akhirnya memilih untuk berjualan online, dengan memasarkan produk yang mereka miliki, sehingga bisa bekerja dari rumah saja.

Dan salah satu layanan toko online yang cukup diminati saat ini adalah shopee. Selain mudah dalam menemukan produk yang diinginkan, harga produk atau barang yang ada di shopee terbilang cukup murah.

Belum lagi dengan adanya diskon dan juga event tiap bulan yang mana sangat dinantikan oleh para pengguna setia shopee, serta memberikan keuntungan lebih bagi para seller.

Cara Membuat Toko di Shopee

Cara Membuat Toko di Shopee
membuat toko di Shopee

Maka dari itu gak heran jika saat ini ada banyak sekali orang orang yang mencari cara membuat toko di shopee. Tentunya bukan tanpa alasan, melainkan mereka juga ingin menjual produk mereka, untuk mendapatkan keuntungan lebih dari shopee.

Lantas, bagaimana cara membuatnya? Nah, disini ada 2 metode yang bisa kamu gunakan untuk mulai membuka toko pertama kamu di shopee. Yaitu

Cara Membuat Toko di Shopee lewat HP

Langkah pertama yang menurut mimin paling mudah adalah dengan melalui hp atau smartphone kalian masing-masing. Setidaknya, ada beberapa tahap yang bisa kamu lakukan. Seperti

Langkah1: Download Aplikasi Shopee

Karena untuk berjualan di shopee kamu tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan, kamu cukup mendownload aplikasi shopee yang biasanya kamu temukan di google play store ataupun app store.

Langkah2: Buat Akun Shopee untuk Berjualan

Setelah berhasil mendownload aplikasi shopee, maka selanjutnya adalah kamu bisa membuat akun shopee khusus untuk berjualan. Mengapa demikian?

Kembali lagi merujuk pada poin pertama tadi. Karena untuk berjualan di shopee kamu tidak membutuhkan aplikasi tambahan, jadi username yang kamu daftarkan akan menjadi nama toko di shopee kamu.

Sehingga, ketika kamu hendak melakukan pendaftaran, usahakan kamu menggunakan

  • Nama / Username sesuai nama toko
  • Email aktif
  • Nomor Telpon terdaftar (whatsapp bisnis)
  • Foto Profile (menggunakan logo toko)
  • Foto Sampul (menggunakan sampul gambar toko)
  • Nomor Rekening Aktif

Setelah semuanya beres, maka kamu bisa langsung melengkapi profile kamu. Mulai dari alamat, dan lain sebagainya.

Oh iya, untuk alamat juga pastikan kamu hanya menggunakan satu alamat yang mana menjadi lokasi untuk kurir melakukan pick up paket ketika ada orderan.

Langkah3: Siapkan Produk dan Foto Produk

Setelah langkah pendaftaran berhasil dilakukan, maka yang harus dilakukan selanjutnya adalah menyiapkan produk yang hendak di pasarkan.

Disini, mimin menyarankan kamu untuk menyiapkan foto produk, deskripsi produk, dan juga quantity produk. Kamu bisa mengecek terlebih dahulu, agar tidak terjadi kesalahan.

Siapkan foto produk terbaikmu, dengan menggunakan aplikasi editing ataupun kamu juga bsia kok menggunakan jasa foto produk dengan harga yang terjangkau.

Langkah4: Masuk ke Bagian Mulai Jual

Apabila foto produk dan juga produk sudah disiapkan, maka selanjutnya kamu bisa langsung masuk ke tahapan mulai menjual produk.

  • Pada aplikasi shopee, klik di bagian profile atau saya
  • Setelah itu, klik pada pilihan Mulai Jual
  • Jika sudah kamu bisa langsung menambahkan nama produk, foto produk, jumlah produk, harga, dan juga jasa pengiriman yang akan digunakan

Pastikan kamu sudah mengisi semua detail produk dengan jelas. Hal ini sangat penting mengingat para calon pembeli memang membutuhkan informasi yang detail tentang produk yang kamu pasarkan.

Kamu bisa menambahkan banyak informasi pada kolom deskripsi, menambahkan varian produk, diskon, dll.

Jika sudah dirasa cukup dan benar, maka langkah selanjutnya adalah kamu tinggal mempublish atau menampilkan produk yang kamu jual tadi.

Untuk mendapatkan lebih banyak audiens atau konsumen, kamu bisa menggunakan jasa shopee ads, yang mana mengharuskan kamu untuk mengeluarkan modal untuk bisa mengiklankan produk.

Tetapi, kamu juga bisa kok menggunakan teknik marketing sederhana dengan membagikan link dari produkmu ke teman-teman mu lewat sosial media.

Cara Buka Toko di Shopee lewat PC / Laptop

Kemudian untuk cara yang kedua, sebenarnya sangat mudah. Masih sama juga kok untuk caranya seperti menggunakan hp pada poin yang sebelumnya mimin bahas.

Hanya saja, untuk sistem loginnya saja yang berbeda.

Langkah1: Login ke Shopee Seller Center

Setelah melakukan pendaftaran seperti cara yang sebelumnya melalui hp, maka untuk login ke komputer atau laptop, kamu bisa mengaksess laman https://seller.shopee.co.id

Kamu bisa langsung login dengan menggunakan akun shopee yang sudah kamu buat tadi baik menggunaka nomor hp, ataupun email.

Langkah2: Lengkapi Profile Penjual

Setelah berhasil masuk, jika kamu belum sepenuhnya melengkapi profile penjual, kamu bisa melihat pada bilah bar disebelah kiri layar.

Kamu bisa melengkapi profile dengan tiap bagian. Mulai dari jasa pengiriman, akun bank, melihat pesanan masuk, promosi, statistik data, dan lain sebagainya.

Intinya, dengan melalui shopee seller center ini, kamu bisa menemukan fitur yang lebih lengkap untuk mengembangkan toko kamu di shopee.

Langkah3: Mulai Berjualan

Barulah setelah semua profile dilengkapi dengan baik dan benar, kamu bisa langsung menjual produk pertama kamu di shopee lewat shopee seller center.

Caranya juga gampang banget

  • Pada bilah bar sebelah kiri, klik pada menu Tambah Produk
  • Setelah itu, isi Nama Produk, dan pilih Kategori Produk
  • Jika sudah, klik pada tombol Continue
  • Kamu akan diarahkan ke laman Infomasi Produk. Disini, kamu bisa menambahkan lebih dari 1 produk, deskripsi, harga, dan lain sebagainya. Pastikan kamu sudah mengisinya sesuai dengan deskripsi produkmu ya
  • Atur juga untuk pengiriman yang hendak digunakan, agar memudahkan pengguna ketika hendak membeli produkmu.
Jika semua data produk berhasil diisi, maka langkah terakhir adalah kamu bisa mengklik pada tombol Simpan & Tampilkan, agar produk yang kamu jual bisa muncul di pencarian shopee. Gampang banget kan?

Akhir kata, itulah tadi beberapa cara membuat toko di shopee. Baik dengan menggunakan hp ataupun komputer, keduanya sama sama mudah kok. Disesuaikan saja untuk penggunaannya. Semoga bermanfaat.

Bacaan yang lain: