3+ Cara Membuat Rekening BRI yang Paling Benar

caracekonline.net | Cara membuat rekening BRI sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, mungkin tidak semua orang mengerti dan faham tentang tata cara dan apa apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat rekening bri pertama kali. Terlebih, untuk mereka yang sebelumnya tidak memiliki rekening bank sama sekali.

Bicara tentang dunia perbankan, mungkin sebagian dari kita sudah gak lagi asing mengenai hal yang satu ini. Sebagaimana kita tau, saat ini semua jenis transaksi keuangan sudah dengan sangat mudah bisa kita aksess. Mulai dari sekedar melakukan penarikan tunai, setor tunai, ataupun juga melakukan transaksi keuangan lain seperti transfer, pembayaran virtual, dan juga pembelian pulsa, kuota internet, pulsa, dan lain sebagainya.

Hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari perkembangan teknologi dan juga informasi yang semakin pesat dan semakin maju. Maka gak heran, semua sektor saat ini sudah mempermudah aktivitas masyarakat pada saat ini.

Dari sinilah banyak sekali layanan bank yang mulai mengikuti perkembangan zaman. Salah satunya adalah bank BRI atau yang kerap dikenal dengan Bank Rakyat Indonesia ini, merupakan salah satu layanan bank yang ada di Indonesia yang berdiri cukup lama, dan memenuhi kebutuhan para nasabahnya.

Mulai dari sekedar menyediakan layanan kartu debit atau ATM saja, saat ini bank bri sudah memperbarui layanan dan juga fitur yang bisa dinikmati oleh nasabahnya. Mulai dari hadirnya fitur kartu kredit, m banking bri, sms banking bri, dan juga internet banking bri.

Tentunya, hal inilah yang pada akhirnya memudahkan para nasabah dalam melakukan transaksi keuangan kapan saja dan dimana saja. Terlebih lagi saat ini masyarakat sudah lebih menggunakan smartphone yang menunjang mobilitas mereka, maka layanan mobile banking bri menjadi pilihan utama.

Selain itu, kamu juga bisa kok melakukan segala jenis transaksi keuangan seperti yang sudah mimin jabarkan tadi. Mulai dari melakukan transfer atau kirim uang, melakukan pembayaran dari merchat toko online seperti shopee, tokopedia, bukalapak, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa melakukan top up e-wallet, ataupun sekedar membeli pulsa dan juga paket data internet untuk ponsel kamu.

Cara Membuat Rekening BRI

Cara Membuat Rekening BRI
membuat rekening BRI

Nah, jika mungkin kamu berencana untuk membuat atau membuka rekening bri pertama kamu, kamu bisa banget nih menyimak beberapa cara membuat rekening bri yang bisa kamu coba, terlebih untuk kamu yang mungkin belum pernah membuat rekening bank bri.

Cara Membuat Rekening BRI lewat Online

Cara pertama yang menurut mimin mudah adalah dengan melakukan pendaftaran atau pembukaan rekening secara online. Sebab, disini kamu tidak perlu repot mengunjungi kantor cabang untuk pendaftaran, dan bisa melakukan pendataan atau pendaftaran terlebih dahulu, kapan saja dan dimana saja. Dengan cara

  • Kunjungi situs https://bukarekening.bri.co.id/digital-saving melalui browser yang ada di smartphone ataupun komputer dan laptop kalian masing masing
  • Setelah itu, klik atau pilih pada menu Buka Rekening BRI Online
  • Tunggu beberapa saat, dan nantinya kamu akan dihadapkan dengan 4 pilihan jenis tabungan. Tenang, kamu bisa melihat detail dan juga benefit serta ketentuan yang tertera untuk tiap kartu atau tabungan. Pilih saja yang sesuai dengan keinginanmu.
  • Setelah memilih jenis kartu yang dimau, kamu akan diminta untuk memilih lokasi kantor cabang BRI terdekat, untuk mengambil kartu debit dalam bentuk fisik.
  • Jika sudah, lengkapi semua data yang dibutuhkan. Biasanya, kamu akan diminta untuk mengunggah atau mengupload foto e-KTP, Selfie dengan KTP, serta NPWP (jika memiliki)
  • Apabila sudah, maka selanjutnya kamu bisa melakukan panggilan video dengan staff bank BRI. Nah, disini kamu akan melakukan verifikasi data yang sesuai untuk pembuatan tabungan atau rekening bri kamu
  • Setelah prosess verifikasi data berhasil dilakukan, maka kamu bisa melakukan setoran awal yang mana bisa kamu lakukan dengan metode transfer dari bank lain. Mintalah bantuan dari temanmu, atau mungkin dari keluarga yang memiliki rekening bri ataupun selain bri.

Nah, sampai sini kamu sudah berhasil untuk membuat rekening bri pertama kamu. Kamu bisa langsung melakukan transaksi keuangan melalui aplikasi BRImo atau BRI mobile, tanpa menggunakan kartu ATM. Dan untuk mendapatkan kartu fisik, kamu harus mendatangi kantor cabang BRI dengan menunjukkan KTP yang kamu daftarkan. Prosessnya juga gak lama kok. 

Cara Membuat Rekening BRI lewat Smartphone

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa melakukan pembukaan rekening bri dengan melalui smartphone kamu, tanpa harus mendatangi kantor cabang. Tetapi sama seperti cara sebelumnya, jika kamu ingin mendapatkan kartu debit dalam bentuk fisik untuk melakukan tarik tunai di ATM, kamu harus mendatangi kantor cabang bri terdekat.

  • Siapkan smartphone android ataupun iOS dan download aplikasi BRImo yang ada di play store ataupun app store
  • Jika sudah langsung saja buka aplikasi BRImo dan pilih pada buka rekening BRI
  • Tunggu beberapa saat sampai akhirnya kamu diminta untuk melengkapi semua data data yang dibutuhkan, seperti foto ktp, foto selfie dengan ktp, ataupun foto NPWP (jika ada)
  • Jangan lupa untuk membuat ID atau username dan password untuk login kedalam BRImo dan juga pin untuk aplikasi BRImo kalian
  • Tunggu panggilan video dari pihak BRI, untuk melakukan verifikasi data yang kamu masukkan apakah sesuai atau tidak
  • Jika sudah berhasil, maka langkah terakhir adalah kamu bisa melakukan setoran awal dengan metode transfer dari rekening lain ke rekening BRI kamu.

Dan sampai sini, kamu sudah berhasil untuk membuat rekening BRI pertama kamu. Kamu bisa langsung melakukan transfer, ataupun pembayaran lewat aplikasi BRImo. Gampang banget kan?

Cara Membuat Rekening BRI lewat Kantor Cabang

Dan yang terakhir adalah kamu bisa mengunjungi kantor cabang bri terdekat, untuk membuat rekening bri. Cara ini terbilang umum, karena memang biasanya banyak pengguna yang memilih untuk datang ke kantor cabang bri untuk membuat rekening bri mereka. Caranya

  • Kunjungi kantor cabang bri dengan membawa dokumen ataupun data data yang dibutuhkan, seperti KTP, uang setoran awal, dan NPWP (jika ada)
  • Sesampainya di kantor cabang bri, kamu bisa langsung mengatakan kepada petugas jika kamu ingin melakukan pembukaan rekening bri.
  • Nantinya kamu akan diarahkan kepada staff yang bertugas dan diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening
  • Isi semua data yang dibutuhkan, dan setelah itu serahkan uang setoran tunai sebagai setoran awal yang nantinya bisa kamu tarik tunai melalui atm BRI terdekat.
  • JIka sudah, nantinya kamu bisa juga kok melakukan pendaftaran ataupun aktivasi layanan mobile banking lewat BRImo, SMS Banking, ataupun Internet banking secara langsung melalui staff yang bertugas.

Dan setelah semua langkah tadi berhasil dilakukan, maka selanjutnya kamu akan menerima buku tabungan dan juga kartu debit (ATM) dalam bentuk fisik yang bisa kamu gunakan untuk melaukan tarik tunai ataupun setor tunai.

Dan itulah tadi beberapa cara membuat rekening bri yang bisa kamu coba, gimana nih sob? Kamu prefer menggunakan cara online, lewat smartphone, atau datang ke kantor cabang? Semoga bermanfaat.

Bacaan yang lain:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!