Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2+ Cara Membuat Stiker di Whatsapp yang Benar (VALID)

Bagaimana cara membuat stiker di Whatsapp sendiri? Apakah kita bisa menggunakan foto sendiri sebagai stiker di whatsapp? Apakah kita bisa membuat stiker di whatsapp lewat hp?

Perkembangan teknologi yang saat ini cukup pesat, membuat banyak sektor sudah menggunakan sistem digital, yang mana bertujuan untuk memudahkan pengguna.

Namun tidak hanya pada sektor tertentu ataupun sektor general saja. Akibat dari perkembangan yang menguntungkan pengguna ini, ada banyak layanan aplikasi yang juga merasakan keuntungan dari perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Salah satunya adalah Whatsapp. Aplikasi yang mana memang awalnya berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam berkomunikasi lewat chat text ataupun panggilan suara, kini aplikasi yang satu ini sudah memiliki beragam update atau pembaruan yang bisa digunakan.

Mulai dari adanya pengiriman pesan lewat suara atau voice note, melakukan panggilan dalam bentuk video, atau juga berkirim pesan berupa stiker di Whatsapp.

Yap, fitur stiker di whatsapp ini memang terbilang baru. Karena memang aplikasi chat yang memiliki fitur stiker didalam chat baru ada pada Telegram, LINE, dan juga Facebook messenger saja.

Namun berkat perkembangan teknologi dan juga improvisasi yang dilakukan developer, kini para pengguna whatsapp sudah bisa berkirim stiker di conversation chat atau ruang chat mereka.

Dengan adanya fitur stiker whatsapp ini, tentunya tiap chat atau conversation yang dilakukan akan menjadi lebih menarik dan menjadi hiburan tersendiri untuk para penggunanya.

Untuk stiker whatsapp sendiri, sebenarnya kamu bisa mendapatkannya secara gratis lewat official account dari Whatsapp, yang mana memang menyediakan beragam stiker yang menarik dan cocok untuk digunakan.

Tapi tak terbatas sampai situ aja kok. Para pengguna whatsapp bisa melakukan kreasi dengan membuat stiker whatsapp sesuai keinginan mereka sendiri. Dan tentu saja, para pengguna whatsapp lain juga bisa menyimpan stiker whatsapp yang mungkin kamu buat dan kamu kirimkan ke pengguna lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa membagikan stiker yang kamu buat sendiri, ataupun menambahkan stiker yang dikirim oleh pengguna lain untuk masuk dalam kategori stiker favorite di Whatsapp.

Cara Membuat Stiker di Whatsapp

Cara Membuat Stiker di Whatsapp

Untuk itu, jika kamu penasaran dan ingin mengetahui tentang cara membuat stiker di whatsapp, kamu bisa menyimak beberapa cara yang akan mimin bagikan berikut ini. Karena, kamu bisa membuatnya dengan mudah melalui hp kalian masing-masing.

Cara Membuat Stiker di Whatsapp dengan Gambar

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah membuat stiker whatsapp dari gambar yang kamu miliki. Disini, sekiranya ada 2 opsi yang bisa kamu gunakan. Seperti

  • Stiker dengan Gambar yang memiliki latar belakang transparan, atau
  • Stiker  dengan Gambar yang memiliki latar belakang (tidak transparan)
Baik menggunakan opsi pertama ataupun kedua, hal tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kreatifitas kamu dalam membuat stiker di Whatsapp. Jadi, pilih salah satu ya.

Langkah 1: Download Aplikasi Sticker.ly di perangkat Smartphone

Untuk membuat stiker whatsapp di whatsapp, kamu butuh bantuan aplikasi yang bernama sticker.ly. Sebenarnya, mungkin kamu akan menemukan aplikasi yang serupa  dengan sticker.ly, namun menurut mimin, aplikasi ini yang paling mudah untuk digunakan.

Kamu bisa menemukan aplikasi ini di beragam toko penyedia aplikasi seperti Google Play Store ataupun App Store dan kamu bisa mendownloadnya secara gratis

Langkah 2: Lakukan Pendaftaran / Login

Untuk dapat menyimpan atau membagikan stiker yang kamu buat, kamu harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran melalui akun facebook ataupun akun google di sticker.ly. Tenang aja, hal ini aman kok, dan kamu gak perlu khawatir akan kebocoran data dan lain hal.

Langkah 3: Buat Stiker Pertamamu

Setelah kamu mendownload dan juga melakukan pendaftaran di sticker.ly, maka selanjutnya kamu bisa langsung membuat stiker pertama kamu untuk di bagikan ke whatsapp. Caranya

  1. Buka aplikasi sticker.ly dan pilih pada icon (+) yang ada di bagian bawah
  2. Nantinya akan muncul 2 opsi, yakni Reguler Sticker, dan Animated Sticker
  3. Karena kita akan membuat stiker yang tidak bergerak, maka kamu bisa memilih pada opsi Reguler Sticker
  4. Kemudian, kamu akan diarahkan ke beberapa tab, langsung saja pilih pada tab Library untuk memasukkan foto atau gambar yang ingin kamu gunakan sebagai stiker di whatsapp
  5. Lalu, atur ukuran dengan menggunakan crop baik secara manual, ataupun dengan menggunakan tools crop yang sudah disediakan
  6. Jika sudah, maka selanjunya kamu bisa mengklik pada tombol Next untuk masuk kedalam pengaturan stiker 

Langkah 4: Berikan Detail Stiker yang Kamu Buat

Setelah melalui tahap ketiga tadi, maka selanjutnya kamu akan dimintau nutk menambahkan tags pada stiker jika mungkin dibutuhkan. Kamu boleh mengisinya sesuai dengan deskripsi stiker yang kamu buat, ataupun tidak. Hal ini opsional kok. Jadi, kamu gak perlu bingung soal hal ini.

Langkah 5: Publish Stiker Kamu

Setelah memberikan tags, maka selanjutnya kamu bisa mengklik pada tombol Next untuk kemudian memberikan nama stiker pack atau author / pembuat stiker . Disini, kamu boleh menggunakan nama pribadi kamu, ataupun nama lain yang kamu inginkan.

Jika sudah, klik pada tombol Done untuk kemudian kamu bisa menambahkan stiker yang kamu buat kedalam pack stiker baru. Klik saja pada opsi +New Pack untuk kemudian stiker akan masuk kedalam package stiker baru.

Dan jika sudah, maka kamu bisa mengklik pada tombol Add to Whatsapp dan ikuti instruksi yang diberikan. Dan setelah itu, kamu bisa langsung membuka whatsapp dan memilih chat room atau percakapan yang ada, untuk kemudian meng-klik pada opsi stiker , untuk mengirimkan stiker yang sudah kamu buat tadi.

Cara Membuat Stiker di Whatsapp hanya Teks

Kemudian untuk cara yang selanjutnya, jika mungkin kamu tidak memiliki gambar mana yang hendak akan dijadikan stiker , kamu juga bisa kok membuat stiker di whatsapp dalam bentuk teks dengan cukup mudah. 

Caranya juga masih sama kok, disini kamu hanya membutuhkan aplikasi sticker.ly dengan tahapan yang mirip dengan cara sebelumnya. Yaitu

  • Buka aplikasi sticker.ly yang sudah kamu unduh sebelumnya, dan pastikan kamu sudah login baik dengan menggunakan akun facebook ataupun akun google
  • Lalu, klik pada tombol (+) untuk membuat stiker baru, dan pilih pada opsi Reguler Sticker
  • Jika sudah, maka kamu akan langsung diarahkan ke laman pembuatan stiker yang mana kamu bisa menggunakan template yang sudah disediakan pihak sticker.ly, ataupun kamu bisa memilih pada opsi Blank untuk membuat lembar kosong dan transparan
  • Klik pada pilihan Text untuk kemudian kamu bisa menuliskan kata kata yang kamu inginkan
  • Kamu juga bisa memilih font dan warna serta style dari font yang kamu gunakan. Sesuaikan dengan keinginanmu agar terlihat lebih menarik tentunya.
Dan jika sudah selesai, maka langkah terakhir adalah kamu bisa mengklik pada pilihan Done / Next untuk kemudian memberikan detail atau keterangan dari stiker , author, dan langkah terakhir adalah Add to Whatsapp agar stiker yang kamu buat dalam bentuk teks tadi, bisa otomatis ditambahkan ke whatsapp yang kamu gunakan.

Oh iya, sedikit informasi untuk teman-teman yang mungkin menggunakan GB Whatsapp ataupun Whatsapp Mod, cara ini tidak dapat digunakan apabila kamu tidak menggunakan Whatsapp original atau official dari play store.

Namun untuk kamu yang mungkin tidak memiliki whatsapp official, kamu bisa melakukan cara ini pada pengguna yang masih menggunakan whatsapp official, untuk membuat stiker di whatsapp sendiri. Dan jika sudah, barulah stiker tersebut bisa dikirim ke whatsapp kamu dalam conversation room, dan kamu bisa menambahkannya dalam favorite stiker .

Dan itulah tadi beberapa cara membuat stiker di whatsapp yang kamu coba. Gimana? Setelah membaca ulasan dari mimin tadi, apakah kamu sudah siap untuk membuat stiker whatsapp pertama kamu? Semoga bermanfaat.

Bacaan yang lain:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!