4+ Cara Membuat Tulisan Unik di Whatsapp yang Paling Benar

caracekonline.net | Ngomongin tentang cara membuat tulisan unik di whatsapp, tentunya hal ini terdengar cukup baru untuk sebagian pengguna whatsapp.

Tulisan unik atau karakter unik pada whatsapp, memang tidak disediakan oleh pihak whatsapp secara official. Namun, karena banyaknya pengguna yang mulai penasaran, akhirnya mereka mencari cara untuk bisa membuat tulisan unik dengan menggunakan ragam teks atau bentuk font yang berbeda.

Karena sebagaimana kita tau, aplikasi whatsapp sendiri memang hanya digunakan untuk sekedar berkomunikasi lebih lanjut, dari awalnya via teks, dengan menggunakan nomor telpon yang salin terhubung didalam daftar kontak.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu membuang pulsa reguler mereka untuk mengirim sms, ataupun melakukan panggilan telpon. Sebab, dengan whatsapp semua itu bisa dilakukan hanya dengan menggunakan kuota internet yang aktif saja.

Seperti pada artikel sebelumnya yang sudah mimin bahas mengenai cara membuat tulisan berwarna di whatsapp, untuk dapat membuat tulisan unik di whatsapp sendiri memiliki tujuan sebagai hiburan semata, agar pesan teks yang dikirimkan tidak begitu monoton dan terlihat lebih untuk lagi tentunya.

Cara Membuat Tulisan Unik di Whatsapp

Cara Membuat Tulisan Unik di Whatsapp
membuat tulisan unik di Whatsapp

Maka dari itu, gak heran jika saat ini pengguna yang mungkin belum mengetahui cara membuat tulisan unik di whatsapp, mencoba untuk mencari informasi mengenai cara membuatnya. Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat tulisan unik di Whatsapp. Seperti

Cara Membuat Tulisan Unik di Whatsapp secara Manual

Cara pertama yang menurut mimin paling mudah adalah dengan menggunakan cara manual. Nah, cara manual disini terbilang standar, karena berupa tulisan unik dengan pre-format teks yang sudah umum diketahui. Seperti Bold atau tulisan tebal, italic atau tulisan miring, dan Strikethrough text atau tulisan bergaris. Dan untuk membuatnya juga mudah kok

  • Buka terlebih dahulu aplikasi whatsapp kamu
  • Kemudian, pilih chat yang hendak dikirimkan tulisan unik tadi
  • Lalu, gunakan format berikut untuk membuat tulisan unik, seperti:
    *untuk tulisan bold*
    _untuk tulisan miring_
    -untuk tulisan dicoret-
  • Dan jika sudah, kamu bisa mengirimkan pesan tersebut, dan secara otomatis teks atau tulisan di chat kamu akan berubah sesuai command atau perintah yang digunakan.
Cara ini tidak hanya berlaku untuk mengirimkan pesan chat didalam whatsapp saja. Melainkan kamu juga bisa menggunakannya pada status whatsapp, dan juga mengkombinasikan 2 kode seperti tanda bintang dan underscore secara bersamaan, untuk membuat format tulisan yang lebih unik seperti bold italic.

Cara Membuat Tulisan Unik di Whatsapp dengan Charmap

Kemudian untuk kamu para pengguna whatsapp di komputer baik dengan whatsapp desktop ataupun whatsap web, kamu bisa membuat tulisa untuk di whatsapp dengan menggunakan fitur charmap, yang tersedia pada tiap komputer ataupun laptop. Caranya

  • Buka aplikasi Whatsapp desktop atau login ke whatsapp web dari browser kamu
  • Setelah itu, buka command run dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan
  • Kemudian ketikkan perintah charmap lalu tekan enter
  • Nantinya, kamu akan melihat banyak sekali pilihan karakter unik yang tersedia
  • Kamu bisa memilih salah satu jenis karakter, dan kemudian menyusunnya menjadi sebuah kalimat dengan cara melakukan double klik pada karakter, lalu tekan copy
Setelah itu barulah kamu bisa mempaste teks yang sudah kamu susun di kolom charmap tadi, dan kemudian mem-paste atatu menempelkannya di pesan whatsapp kamu. Gampang banget kan?

Cara Membuat Tulisan Unik di Whatsapp dengan Emoji

Kemudian yang ketiga, cara ini kembali lagi untuk para pengguna smartphone. Disini, kamu bisa membuat tulisan unik dengan menggunakan keyboard emoji yang biasanya ada di tiap jenis smartphone. Namun, untuk aplikasi keyboard yang mimin sarankan, kamu bisa menggunakan Google Keyboard, karena lebih mudah untuk digunakan.

Namun sayangnya, kekurangan dari menggunakan cara ini adalah terbatasnya pilihan warna dan juga font pada emoji. Tetapi, kamu tetap bisa menggunakan semua jenis abjad yang tersedia dalam emoji untuk membuat sebuah tulisan unik. Caranya

  • Download terlebih dahulu aplikasi Google Keyboard dari Google Play Store
  • Setelah itu, atur aplikasi Google Keyboard menjadi keyboard utama kamu
  • Jika sudah, pergi ke aplikasi whatsapp dan pilih chat yang akan kamu kirimkan teks atau tulisan unik tadi
  • Klik pada kolom untuk mengetik pesan, dan klik pada logo emoji atau emoticon
  • Kemudian, scroll ke bagian bawah sampai kamu menemukan tulisan berupa abjad dalam bentuk emoji
  • Susun tiap abjad tadi, dan kemudian kirimkan pesan kamu
Sama seperti cara pertama tadi, selain untuk dikirimkan ke pengguna whatsapp melalui pesan chat, kamu juga bisa kok menggunakan cara ini untuk dibagikan ke status whatsapp yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu bisa membuat tulisan yang unik untuk status whatsapp yang kamu buat.

Cara Membuat Tulisan Unik di Whatsapp dengan Text Art

Dan yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi Text Art yang mana sebelumnya juga masuk dalam poin yang sudah mimin bahas di artikel sebelumnya.

Aplikasi Text Art ini memang kerap digunakan para pengguna whatsapp yang memang ingin membuat tulisan unik dalam bentuk karakter yang berbeda, ataupun dengan warna yang tidak ada pada pilihan di Whatsapp. Caranya

  • Download Aplikasi Text Art melalui Google Play Store (untuk sementara hanya tersedia untuk pengguna android saja)
  • Setelah itu, buka aplikasi Text Art dan masukkan text yang akan kamu ubah gaya tulisannya di kolom yang disediakan
  • Jika sudah, klik pada tombol Submit untuk kemudian text art akan menampilkan jenis font, warna, beserta gaya karakter yang bisa kamu pilih
  • Setelah memilih jenis font dan juga gaya karakter dari teks yang kamu masukkan tadi, klik pada tombol gear atau icon Settings yang ada di sebelah pojok kanan atas aplikasi
  • Terakhir, klik pada Bagikan ke whatsapp dan pilih pada chat pengguna yang ingin kamu kirimkan, atau kamu bisa menyalinnya kedalam clipboard
Dari semua cara yang mimin bagikan diatas tadi, tentunya kamu bisa membagikan tulisan unik yang sudah kamu buat dari salah satu aplikasi tadi ke personal chat, ataupun status whatsapp. Dengan begitu, tentunya pengguna yang melihat status atau chat kamu, akan merasa penasaran dan hendak mencobanya juga.

Min, cara ini bisa berlaku untuk pengguna iOS gak?

Untuk kamu yang menggunakan apple atau iOS, mungkin dari semua cara yang mimin bagikan, tidak semuanya berlaku untuk pengguna iOS. Namun, gak ada salahnya kan untuk mencoba salah satunya?

Min, cara ini bisa digunakan untuk pengguna Whatsapp Mod gak?

Bisa kok, selama kamu menggunakan sistem salin atau copy to clipboard, kemungkinan akan berhasil untuk di paste ke pengguna whatsapp lain, atau juga kedalam status whatsapp.

Min, kok udah ikutin cara diatas, tapi teks nya malah muncul kotak kotak?

Nah, kalau hal ini terjadi, bisa jadi pilihan font yang kamu gunakan tidak ada didalam system smartphone kamu. Tapi gak masalah kok, karena kemungkinan besar hal ini terjadi apabila kamu menggunakan metode charmap, dan memilih font yang mungkin tidak ada di perangkatmu.

Min, kalau sudah membuat tulisan unik di whatsapp dalam bentuk teks atau status whatsapp, pengguna lain bisa melihat yang sama gak?

Tentunya iya. Jika kamu menggunakan cara diatas dan masih dalam penggunaan font atau karakter yang tersedia di perangkat, maka pengguna lainpun akan melihat tulisan yang sama juga tentunya.

Min, cara ini bisa digunakan untuk nama Whatsapp sendiri?

Bisa kok, sama aja sistemnya seperti mengirim chat ke pengguna ataupun status whatsapp.

Akhir kata, itulah tadi beberapa cara membuat tulisan unik di whatsapp. Gimana, dari keempat cara yang sudah mimin bagikan diatas tadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satunya? Semoga bermanfaat.

Bacaan yang lain:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!