2+ Cara Membuat Stiker Whatsapp dengan Benar (Update)

caracekonline.net | Cara membuat stiker whatsapp sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, tidak semua pengguna whatsapp mengerti tentang hal ini.

Stiker yang biasa digunakan dalam percakapan atau chat whatsapp, memang menjadi salah satu fitur baru yang sebenarnya sudah cukup lama dihadirkan pihah whatsapp.

Hal ini sendiri bertujuan untuk memberikan sensasi baru yang mana belum ada di whatsapp. Karena sebenarnya, fitur stiker pada percakapan chat awalnya hanya bisa ditemukan pada beberapa aplikasi lain seperti LINE, Telegram, dan juga Facebook Messenger.

Namun karena beberapa tahun lalu whatsapp sudah resmi diakusisi oleh Facebook, maka muncul lah fitur baru yang bernama whatsapp sticker yang bisa diunduh dan digunakan oleh para penggunanya.

Sebenarnya, penggunaan Sticker whatsapp sendiri memang diperuntukkan bagi mereka yang ingin menambahkan kesan menarik pada chat whatsapp.

Nah, untuk mendapatkan atau bisa memiliki stiker whatsapp, kamu bisa mendapatkannya secara gratis lewat fitur download stiker yang sudah disediakan oleh pihak whatsapp itu sendiri.

Namun kembali lagi, karena memang pengguna whatsapp mungkin merasa kurang puas dengan sticker pack yang sudah ada, alhasil mereka memilih untuk mencari cara untuk membuat stiker whatsapp mereka sendiri.

Setidaknya, ada beberapa jenis stiker yang bisa dibuat oleh pengguna whatsapp. Mulai dari stiker dengan foto sendiri atau orang lain, stiker emoji atau emoticon dengan gambar berformat png, dan juga teks yang dibuat melalui aplikasi.

Cara Membuat Stiker Whatsapp

Cara Membuat Stiker Whatsapp
Membuat stiker Whatsapp


Tapi sayangnya, tidak semua pengguna mengerti tentang cara membuat stiker whatsapp mereka sendiri. Namun jangan khwatir, karena di artikel ini mimin akan mengulas beberapa cara yang bisa digunakan utnuk membuat stiker whatsapp versi kamu sendiri.

Cara Membuat Stiker Whatsapp lewat Aplikasi

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa kok membuat stiker whatsapp versi kamu sendiri melalui bantuan aplikasi khusus untuk membuat stiker whatsapp.

Aplikasi ini bernama sticker.ly, mungkin ada banyak sekali jenis aplikasi yang serupa. Namun, mimin lebih menyarankan aplikasi sticker.ly karena memang aplikasi ini lebih mudah untuk digunakan. Dan caranya adalah

  • Siapkan gambar yang hendak dibuat menjadi sticker whatsapp. Kamu bisa menggunakan gambar dengan latar belakang transparant, ataupun menggunakan foto teman ataupun fotomu sendiri
  • Pastikan ukuran gambar tidak melebihi rasio 1:1 atau kotak, namun jika fotomu adalah vertikal atau horizonal, kamu bisa menggunakan fitur crop pada aplikasi sticker.ly
  • Jika sudah, lanjut untuk mendownload aplikasi sticker.ly yang bisa kamu dapatkan secara gratis di google play store ataupun app store
  • Setelah prosess installasi selesai, buka aplikasi sticker.ly dan login menggunakan salah satu akun sosial media kamu. Baik itu dengan facebook, ataupun akun google
  • Kemudian, pada tampilan awal sticker.ly, kamu bisa langsung mengklik pada tombol (+) dan pilih pada Reguler sticker
  • Nantinya kamu bisa mengklik pada tab Library untuk memilih foto yang hendak dijadikan sticker whatsapp
  • Setelah memilih foto, kamu bisa menggunakan fitur atau tools crop untuk memontong gambar agar menjadi 1:1
  • Lalu, klik pada tombol done / next untuk kemudian kamu bisa menyimpan sticker yang kamu buat kedalam stiker pack baru
  • Berikan nama sticker pack dan juga author atau pemilik sticker (nama kalian)
  • Terakhir, klik pada tombol Add to Whatsapp dan secara otomatis sticker yang kamu buat akan muncul pada koleksi stiker yang kamu punya.
Cara ini terbilang mudah, karena kamu bisa melakukannya melalui smartphonemu saja. Dan gak cuma itu aja, untuk pengguna yang kamu kirimkan sticker buatanmu, mereka bisa menyimpannya dalam kategori favorit sticker, untuk kemudian dibagikan ulang ke pengguna lain.

Selain itu kamu juga bisa kok menambahkan stiker baru yang kamu buat kedala mstikerpack yang sudah ada, apabila ingin menambahkan koleksimu. Dan ketika seelsai , kamu bisa menklik lagi tombol add to whatsapp, untuk memperbarui koleksi stiker kamu.

Cara Membuat Stiker Whatsapp lewat Whatsapp Web

Cara pertama yang menurut mimin paling mudah adalah dengan menggunakan whatsapp web. Siapa yang gak tau whatsapp web? Selain memudahkan kamu dalam mengaksess whatsapp lewat komputer ataupun laptop melalui browser, kamu juga bisa kok membuat sticker whatsappmu sendiri. Caranya

  • Login terlebih dahulu ke laman web.whatsapp.com melalui browser yang ada di komputer atau laptop kalian
  • Kemudian buka aplikasi whatsapp di smartphonemu dan klik pada titik tiga yang ada di pojok kanan, lalu pilih Linked device / hubungkan device
  • Scan QR Code yang tertera pada layar komputer, dan tunggu sampai login berhasil
  • Jika sudah, pilih percakapan atau chat room yang hedak kamu kirimkan sticker whatsapp
  • Klik pada icon attach atau paper clip dan pilih pada icon sticker
  • Pilih gambar yang ada di komputer atau laptop kalian, dan setelah itu klik pada tombol send / kirim
Secara otomatis, gambar yang kamu kirim tadi akan berubah menjadi sticker yang bisa digunakan atau di simpan oleh pengguna yang kamu kirimkan sticker melalui whatsapp web tadi. Selain itu, sebelum mengirim sticker juga kamu bisa melakukan pengeditan dengan menambahkan teks, ataupun elemen gambar lain seperti garis, dll.

Tips Ketika Membuat Stiker Whatsapp

Walaupun mimin sudah membagikan 2 cara yang mudah untuk membuat stiker whatsapp, namun ada beberapa hal dan juga tips yang harus kalian perhatikan ketika hendak membuat stiker whatsapp. Seperti

  • Gunakan gambar yang wajar dan tidak melanggar hukum ataupun bersifat pornografi dan juga sara
  • Hindari menggunakan foto orang lain atau public figur yang kemudian di edit untuk menjelek jelekkan atau berbau penghinaan
  • Gunakan beberapa aplikasi editing untuk menghilangkan background, ataupun situs penghilang background jika dibutuhkan
  • Ketika membuat stiker dengan sticker.ly, kamu bisa menambahkan ig mu kedalam author name ataupun nama sticker pack sebagai media promosi
  • Buatlah sticker yang mencirikan jika stiker itu adalah buatan kamu. Kamu bisa menambahkan watermark, ataupun ciri khas sticker agar terlihat lebih baik lagi tentunya
  • Gunakan whatsapp official ketika membuat stiker menggunakan aplikasi sticker.ly. Karena untuk beberapa kasus, sticker.ly tidak mendukung aplikasi whatsapp mod seperti GB Whatsapp, ataupun FM Whatsapp

Dengan memperhatikan beberapa tips yang sudah mimin bagikan ketika hendak membuat stiker whatsapp, secara otomatis juga ketika kamu membagikan stiker buatanmu di whatsapp, kamu bisa menjadi seorang content creator untuk stiker whatsapp, yang mana bisa menjadi media promosi ketika membagikan stiker.

Walaupun begitu, mungkin ada banyak juga kok pengguna yang memang membuat stiker whatsapp mereka untuk kebutuhan pribadi, ataupun untuk membagikannya kepada orang orang tertentu didalam chat whatsapp mereka.

Akhir kata, itulah tadi beberapa cara membuat stiker whatsapp yang bisa kamu coba sendiri baik melalui whatsapp web dari komputer ataupun laptop, dan juga dari smartphone kalian masing masing. Gimana, tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.

Bacaan yang lain:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!