Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4+ Cara Membuat M Banking BCA dengan Benar

Bagaimana cara membuat m banking bca? Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat m banking bca dengan mudah? Apakah kita bisa melakukannya sendiri atau secara online? 

Bicara soal layanan m banking, mungkin saat ini kita sudah gak lagi asing mendengar kata yang satu ini. Layanan m banking atau mobile banking sendiri memang sudah cukup dikenal lama di kalangan masyarakat indonesia.

Pasalnya, dengan adanya layanan mobile banking ini, para nasabah atau pemilik bank bisa dengan mudah melakukan aktivitas transaksi keuangan mereka tanpa mengeluarkan uang cash.

Biasanya, cara ini sendiri kerap di gunakan untuk melakukan pembayaran di beberapa merchant atau tempat yang mendukung pembayaran secara virtual, ataupun untuk sekedar melakukan transfer ke sesama bank ataupun antar bank.

Dan salah satu layanan bank yang saat ini memiliki fitur m banking yang banyak digunakan oleh pengguna atau nasabahnya adalah BCA. BCA atau Bank Central Asia ini, merupakan salah satu bank swasta yang memberikan banyak fitu dan juga benefit yang sangat berguna untuk para nasabahnya.

Mulai dari menawarkan kemudahan untuk membuat atau membuka rekening bank, pembuatan kartu kredit, pengurusan data ketika kartu debit hilang, sampai ke layanan m banking yang sangat mudah untuk digunakan dan juga prosess aktivasinya.

Karena memang, layanan m banking dari bca ini sangat lengkap. Sehingga, kamu bisa melakukan beragam jenis transaksi melalui layanan mobile banking yang mana juga akan langsung terhubung dengan internet banking yang bisa kamu aksess melalui perangkat komputer atau laptop kalian.

Dan untuk mendapatkan layanan m banking dari bca ini, tentunya sudah jelas. Disini kamu harus terlebih dahulu memiliki rekening bca yang aktif dan bisa digunakan atau sudah di daftarkan di kantor cabang terdekat. 

Barulah setelah itu, kamu bisa langsung membuat m banking bca untuk kemudian di gunakan untuk melakukan transaksi keuangan melalu smartphone atau mobile kapan saja dan dimana saja.

Cara Membuat M Banking BCA

Cara Membuat M Banking BCA
Membuat M Banking BCA

Tapi sayangnya, walaupun memang terbilang mudah tapi tidak semua pengguna atau nasabah baru dari bank BCA mengerti tentang cara membuat m banking bca. Padahal, caranya masih terbilang mudah kok. Yaitu

Siapkan Perangkat

Pertama tama, kamu harus terlebih dahulu mempersiapkan perangkat yang nantinya akan di gunakan untuk mengaksess m banking dari bca. Sebenarnya, untuk spesifikasi dari perangkatnya sendiri tidak dijelaskan secara spesifik oleh pihak bca. Yang jelas, untuk perangkat yang bisa kamu gunakan adalah perangkat dengan operating system Android, ataupun iOS.

Tetapi untuk jaga jaga, kamu bisa memastikan minimal smartphone yang kamu gunakan memiliki kapasitas ram paling minim 2 GB, dengan operating system Android 8 keatas, dan untuk iOS, kamu bisa menggunakan versi terbaru dari OS iOS itu sendiri.

Download Aplikasi M Banking BCA

Setelah semuanya beres, kamu bisa langsung membuat masing-masing layanan toko aplikasi dari perangkat yang kamu miliki. Jika kamu menggunakan Android, sudah jelas kamu bisa menggunakan play store. Dan untuk kamu para pengguna iOS, kamu bisa menggunakan layanan App Store.

Tenang aja, untuk para pengguna android yang sudah melakukan oprek atau me root perangkatnya, kamu tetap bisa menggunakan layanan mobile banking BCA, karena memang sistem keamanan dari mobile banking bca sendiri sudah cukup ketat. 

Setidaknya, walaupun kamu sudah melakukan root, kamu tetap bisa menginstall dan menjalankan aplikasi m banking bca.

Daftarkan Data Diri

Kemudian jika sudah mendownload aplikasi m banking bca, kamu bisa langsung mendaftarkan data diri yang kamu miliki. 

Disini, ada 2 hal yang perlu kamu perhatikan. Yang pertama adalah untuk pengguna yang sudah memiliki rekening BCA, dan yang belum memiliki rekening BCA.

Untuk Pemilik Rekening BCA

Untuk membuat atau agar bisa menggunakan m banking bca untuk yang sudah memiliki rekening bca, caranya gampang banget kok.

  1. Siapkan Kartu ATM BCA yang sudah kamu miliki
  2. Setelah itu, download aplikasi Mobile banking BCA / m banking BCA di App Store ataupun Play Store
  3. Lalu setelah itu buka aplikasi m banking BCA dan klik pada pilihan sudah memiliki rekening
  4. Kemudian, isi semua data diri yang dibutuhkan (nomor kartu, nomor hp, email, dll), untuk melengkapi prosess pendaftaran m banking bca yang baru saja kamu buat lewat aplikasi m bca tadi

Jika sudah, maka kamu tinggal mengikuti instruksi atau arahan yang tertera dari aplikasi m bca tadi

Untuk Yang Baru Membuka Rekening BCA

Kemudian untuk kamu yang mungkin baru saja ingin membuat rekening BCA, kamu bisa melakukannya secara online atau mandiri. Tapi gak sampai situ aja kok, kamu juga bisa sekaligus mengakitfkan atau membuat akun m banking bca kamu secara online. Dengan cara

  1. Download terlebih dahulu aplikasi m banking atau m bca dari google play store ataupun App Store
  2. Setelah itu, klik pada menu buat rekening baru.
  3. Nantinya kamu akan diminta untuk mengisi semua data yang dibutuhkan. Mulai dari data diri, pekerjaan, alamat tempat tinggal, email, nomor hp, dan lain sebagainya
  4. Jika sudah, maka tahap terakhir adalah kamu tinggal melakukan video call dengan pihak customer service dari BCA, untuk melakukan validasi data untuk kemudian kamu bisa langsung menggunakan layanan m banking bca setelah aktif

Yang membedakan antara cara sebelumnya adalah, kamu bisa melakukan aktivasi secara langsung melalui ponsel kamu dengan mengikuti instruksi yang diberikan lewat email. Dengan syarat, kamu memiliki pulsa aktif minimal 5.000 rupiah untuk melakukan verifikasi nomor hp kamu.

Hanya saja, untuk menggunakan cara ini, kamu harus mengunjungi kantor cabang bca terdekat untuk mendapatkan kartu fisik yang kemudian bisa di gunakan pada mesin ATM untuk melakukan tarik tunai ataupun setor tunai.

Aktivasi M Banking BCA

Untuk yang terakhir, kamu bisa langsung melakukan aktivasi m banking bca agar kemudian bisa di gunakan seperti biasa di ponsel kamu. Cara ini sebenarnya dikhususkan untuk kamu yang mungkin saja sudah memiliki rekening bca. Karena seperti yang sudah mimin jelaskan tadi. 

Disini kamu harus melakukan aktivasi baik melalui kantor cabang, ataupun mesin ATM dengan mengikuti instruksi yang diberikan.

Tetapi apabila kamu ingin mengaktifkan atau mengaktivasi m banking bca sekaligus membuka rekening bca di kantor cabang atau secara offline, kamu bisa dipandu oleh pihak teller untuk melakukan aktivasi dengan syarat memiliki pulsa minimal 5.000 rupiah untuk mendapatkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor hp kamu.

Nah, itulah tadi beberapa cara membuat m banking bca yang bisa kamu coba. Baik untuk yang sudah memiliki rekening bca ataupun baru saja akan membuat rekening bca, cara ini sama sama mudah untuk dilakukan. Karena kamu bisa datang ke kantor cabang, ataupun melakukan aktivasi secara mandiri lewat smartphone kalian masing-masing.

Silahkan sesuaikan cara yang menurutmu paling mudah. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Bacaan yang lain: