4+ Cara Membuat Sticker Whatsapp yang Paling Benar

caracekonline.net | Apa saja langkah untuk membuat sticker whatsapp? Apa saja cara membuat sticker whatsapp? Apakah ada cara membuat sticker whatsapp sendiri?

Beberapa pertanyaan diatas, kadang kala ditanyakan oleh para pengguna whatsapp yang mana kadang kala didalam percakapan chat mereka sering kali menggunakan atau meng-attach stiker whatsapp, agar percakapan tak membosankan, dan terlihat lebih menarik.

Karena sebagaimana kita tau, aplikasi chat yang satu ini memang semakin hari semakin banyak menambahkan fitur terbaru yang bisa dinikmati oleh para penggunanya.

Awalnya, whatsapp sendiri kerap digunakan untuk menjalin komunikasi sebatas via chat, dan juga telpon saja. Namun semakin berkembangnya teknologi, kini kita sudah bisa melakukan banyak hal dengan aplikasi whatsapp. Mulai dari berkirim pesan suara, berkirim video, foto, sampai menggunakan sticker whatsapp dalam percakapan.

Hal ini sendiri tentunya menjadi hal yang cukup menyenangkan untuk pengguna. Karena biasanya, fitur chat dengan sticker ini hanya bisa ditemukan di aplikasi chat lain, seperti LINE, Telegram, dan juga Facebook Messenger. Namun ternyata, pihak developer dari whatsapp tak mau ketinggalan ya sepertinya.

Untuk fitur dari sticker whatsapp sendiri, sebenarnya bisa kamu dapatkan secara gratis dari para kreator sticker official whatsapp, yang mana bisa kamu unduh dan gunakan didalam sebuah percakapan antara kamu dan juga pengguna whatsapp lain. Sampai akhirnya, saat ini ada banyak banget para kreator lain yang ikut membuat sticker untuk whatsapp, yang mana bisa digunakan dan juga di download untuk para pengguna secara gratis.

Itulah mengapa, gak heran jika saat ini ada banyak banget pengguna whatsapp yang bertanya soal apakah mereka bisa membuat sticker whatsapp sendiri? Dan jawabannya adalah bisa. Karena sebenarnya para kreator sticker whatsapp juga menggunakan bantuan aplikasi tambahan, yang mana mampu mengubah gambar yang mungkin dimiliki pengguna whatsapp untuk kemudian di konversi dalam bentuk sticker yang bisa di attach atau di gunakan dalam sebuah percakapan whatsapp.

Cara Membuat Sticker Whatsapp

Cara Membuat Sticker Whatsapp
membuat sticker Whatsapp

Dan tentunya, untuk kamu yang penasaran tentang cara membuat sticker whatsapp, rasanya kamu sedang membaca artikel yang tepat nih. Karena disini, mimin akan menjelaskan sedikit tentang tahapan membuat sticker whatsapp yang cukup mudah dengan beebrapa langkah. Seperti

Langkah 1: Siapkan Gambar atau Materi Sticker

Sebagai permulaan, kamu harus terlebih dahulu memiliki gambar ataupun emoji yang hendak dibuat sticker. Disini, tidak ada persyaratan khusus dalam pemilihan gambar. Kamu bisa menggunakan gambar yang mungkin memiliki latar belakang atau background, ataupun gambar dengan format .png yang mana nantinya akan digunakan sebagai sticker.

Walaupun tidak ada batasan khusus, namun disini mimin menganjurkan kamu untuk memilih gambar dengan rasio ukuran 1:1 atau kotak agar lebih presisi.

Langkah 2: Download Aplikasi Sticker.Ly di App Store / Google Play Store

Jika kamu sudah menyiapkan gambar atau materi yang nantinya hendak dijadikan sticker whatsapp, maka langkah selanjutnya adalah kamu bisa mendownload aplikasi yang mana bisa kamu gunakan untuk membuat sticker whatsapp dengan mudah. Nama aplikasinya adalah Sticker.ly, dan bisa kamu unduh secara gratis di app store untuk pengguna iOS ataupun Play Store untuk pengguna Android.

Setelah aplikasinya di unduh, maka selanjutnya kamu bisa langsung membuka aplikasi sticker.ly tadi, dan kemudian melakukan pendaftaran ataupun tanpa melakukan pendaftaran. Tentunya, hal ini terbilang opsional. Jadi, atur saja bagaimana nyamannya kamu.

Langkah 3: Buat Sticker Whatsapp

Setelah materi gambar dan juga aplikasi sticker.ly sudah tersedia di perangkat kamu, maka kamu bisa langsung membuat sticker whatsapp pertama kamu. Setidaknya, ada 2 jenis sticker yang bisa kamu gunakan. Yang pertama adalah dengan menggunakan gambar yang sudah kamu siapkan tadi, ataupun menggunakan teks dari sticker.ly itu sendiri.

  1. Buka Aplikasi Sticker.ly lalu pilih pada icon (+) untuk membuat sticker baru
  2. Kemudian kamu bisa memilih opsi Regular Sticker, karena sticker yang dibuat adalah diam. Namun jika kamu ingin membuat sticker whatsapp yang bergerak, kamu bisa memilih animated
  3. Nantinya kamu akan dihadapkan dengan 3 tab yang bisa kamu gunakan, seperti
    Library : Untuk memilih gambar yang sudah kamu siapkan dengan rasio 1:1
    GIF : Untuk memilih file gif dari tenorgif sebagai sticker (sudah disiapkan)
    Text : Untuk memilih sticker dalam bentuk teks dengan template yang sudah disediakan, ataupun kosong
  4. Jika gambar yang kamu miliki tidak dalam rasio 1:1, maka kamu bisa memilih library > lalu crop untuk memotong gambar agar sesuai dengan ukuran proporsional dari sticker whatsapp
  5. Apabila sudah sesuai, maka klik pada tombol save yang ada di pojok kanan atas
  6. Terakhir, tambahkan tags jika dibutuhkan, atau juga bisa langsung mengklik pada tombol done di bagian pojok kanan atas

Nah, sampai sini kamu sudah berhasil untuk membuat sticker whatsapp pertama kamu. Untuk langkah terakhir adalah kamu bisa mempublish sticker whatsapp tersebut untuk digunakan didalam percakapan whatsapp kamu.

Langkah 4: Tambahkan Sticker ke Aplikasi Whatsapp

Setelah sampai pada langkah terakhir di nomor 3 tadi, maka kamu bisa mengklik pada opsi +New Pack untuk membuat pack sticker baru. Kamu bisa memberikan nama sticker pack yang kamu buat, dan kemudian mengklik pada tombol create yang ada di pojok kanan atas.

Tunggu sampai prosessnya selesai, dan kemudian kamu bisa menambahkan sticker yang sudah kamu buat tadi dengan mengklik pada tombol Add to Whatsapp dan tunggu sampai prosessnya selesai.

Dan jika sudah, kamu bisa langsung masuk kedalam aplikasi Whatsapp, untuk kemudian mencoba mencari sticker yang sudah kamu buat tadi. Dan kamu bisa langsung mengirimkan sticker tersebut ke teman kamu, dan juga mereka bisa menyimpan sticker yang kamu kirim tadi, untuk digunakan kembali atau dibagikan ulang. Gampang banget kan?

Apakah Kita Bisa Menambahkan Sticker Whatsapp buatan Kita ke Sticker Pack yang Sudah Ada?

Bisa kok, kamu bisa menambahkan sticker whatsapp yang baru ke sticker pack yang sudah ada dengan mengikuti cara pertama tadi. Dan ketika sudah sampai di tahap ketiga diatas, maka kamu tinggal mengklik pada sticker pack yang ingin kamu tambahkan. Dan secara otomatis, sticker tersebut akan terupdate di whatsapp yang kamu gunakan.

Apakah Sticker yang Kita Buat bisa Disebar luaskan di Play Store?

Untuk sementara ini belum. Tapi, sticker yang kamu buat lewat sticker.ly ini bisa kamu bagikan ke teman-teman kamu, dan mereka tambahkan sendiri didalam favorite sticker, ataupun dibagikan ulang untuk disimpan orang lain.

Apakah Cara Ini Berbayar?

Tidak. Cara ini 100% Gratis, hanya saja untuk kebijakan baru dari sticker.ly, kamu harus melakukan login kedalam sticker.ly menggunakan akun google ataupun akun facebook. Kamu bisa menggunakan salah satunya.

Dan itulah tadi beberapa cara membuat sticker whatsapp yang bisa kamu coba. Gimana? Dari langkah langkah diatas, apakah kamu sudah siap untuk membuat sticker whatsappmu sendiri? Semoga bermanfaat.

Read Also:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!