5+ Cara Membuat Sticker LINE yang Paling Benar

caracekonline.net | Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk membuat sticker line? Apakah ada cara membuat sticker line sendiri? Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sticker line?

Di tengah berkembangnya teknologi saat ini, tentunya para pengguna smartphone sudah bisa dengan mudah berkomunikasi dengan pengguna lain lewat aplikasi chat yang memudahkan mereka. Seperti Whatsapp, Telegram, Facebook Messenger, dan juga LINE.

Nah, salah satu aplikasi atau platform chat yang cukup banyak digunakan kalangan remaja adalah LINE. Mengapa demikian? Karena berbeda dengan Whatsapp, LINE sendiri menggunakan 2 cara untuk bisa berkomunikasi dengan pengguna lain.

Yang pertama adalah kamu bisa menambahkan pengguna lain lewat nomor ponsel, ataupun menggunakan ID Line. Maka dari itu, gak herak jika saat ini kebanyakan adalah remaja yang menggunakan line. Karena selain berkomunikasi lewat chat, para pengguna line juga bisa melihat timeline yang mana biasanya berisi postingan dari beberapa akun official atau line@, dan juga pengguna yang menjadi teman mereka.

Untuk fitur dari LINE sendiri, sebenarnya gak jauh beda dengan whatsapp ataupun Telegram. Karena pengguna bisa berkomunikasi via teks, panggilan suara, panggilan video, berkirim sticker, membuat grup, dan lain sebagainya.

Namun untuk beberapa fitur, jelas LINE lebih unggul. Karena didalam aplikasi yang dikembangkan developer dari korea ini, memungkinkan kamu untuk membaca berita lewat aplikasi LINE Today, membaca komik lewat LINE Comic, dan juga menggunakan fitur find nearby dan juga LINE Jobs untuk mencari pekerjaan.

Cara Membuat Sticker LINE

Cara Membuat Sticker LINE
Membuat Sticker LINE

Tapi disini mimin gak akan membicarakan tentang kelebihan atau keunggulan dari aplikasi LINE itu sendiri. Melainkan, disini mimin akan membahas tentang cara membuat sticker di LINE. Karena sebagaimana kita tau, LINE memang menyediakan beragam sticker dari para sticker creator yang mana sticker yang dibuat ini bisa dibeli dengan menggunakan LINE Coin dari pengguna.

Untuk itulah, banyak banget pengguna yang memilih untuk membuat sticker LINE sendiri, karena selain bisa mendapatkan sticker buatan sendiri, kemungkinan besar kamu bisa menjadi creator yang menjual sticker kamu dan mendapatkan keuntungan dari LINE Coin yang didapatkan.

Lantas bagaimana cara membuatnya? Buat kamu yang penasaran, langsung saja yuk simak beberapa cara berikut ini. Seperti

Langkah 1: Download Aplikasi LINE Creator

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat sticker line sendiri adalah dengan mendownload aplikasi LINE Creator atau LINE Sticker Maker. Yap, walaupun ada 2 opsi yang bisa kamu gunakan, namun mimin lebih menyarankan kamu untu kmenggunakan LINE Creator.

Nah, untuk mendownload aplikasinya sendiri kamu bisa menemukannya di google play store ataupun app store. Dan yang paling penting, aplikasi ini gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja yang hendak membuat sticker line.

Langkah 2: Buat Sticker Pack Baru

Setelah aplikasi LINE Creator tadi terinstall di perangkat kamu, maka selanjutnya adalah kamu bisa membuat sticker pack baru untuk membuat sticker di LINE. Caranya

  • Buka aplikasi LINE Creator dan login dengan menggunakan akun LINE jika dibutuhkan
  • Setelah itu, klik pada tombol START dan klik pada + New Sticker Set
  • Jika sudah, berikan nama dari sticker set yang nantinya akan menjadi nama sticker kamu
  • Apabila sudah, langsung saja klik pada tombol done yang ada di pojok kanan atas
Sampai sini, sticker pack kamu sudah berhasil dibuat. Namun, kamu masih belum memiliki sticker didalamnya bukan? Untuk itu, langkah selanjutnya adalah

Langkah 3: Tambahkan Gambar yang Hendak dijadikan Sticker

Masih di bagian sticker set yang baru saja kamu buat tadi. Di bagian bawah kamu akan menemukan icon (+). Klik pada icon tambah tadi, dan kamu akan menemukan tiga opsi. Seperti

  • Icon pensil : untuk membuat sticker dalam bentuk teks saja
  • Icon foto : untuk memilih foto yang hendak digunakan sebagai sticker
  • Icon camera : untuk mengambil gambar secara langsung untuk dijadikan sticker

Karena kita akan menggunakan foto sendiri, maka kamu bisa memilih icon foto atau gallery untuk memilih foto yang akan dijadikan sticker LINE.

Langkah 4: Edit Foto yang Akan dijadikan Sticker LINE

Setelah memilih foto yang akan dijadikan sticker, maka kamu bisa mengeditnya agar menjadi transparan. Disini, kamu bisa menggunakan tools yang memang disediakan didalam aplikasi. Kamu bisa menyeleksi bagian mana yang akan muncul sebagai sticker, dan secara otomatis background dari foto tersebut akan hilang.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan element lain didalam foto yang dijadikan sticker, seperti teks, garis, brush, dan lain sebagainya. Silahkan kreasikan sesuai keinginanmu, dan jika sudah klik pada icon checklist yang ada dibagian bawah pada saat pengeditan foto.

Jika dirasa pengeditan sudah cukup dan sesuai, maka langkah selanjutnya adalah kamu bisa mengklik pada tombol Done berwarna hijau, untuk kemudian foto yang kamu buat tadi akan masuk kedalam sticker set yang baru saja kamu buat.

Langkah 5: Daftarkan Diri ke LINE Creator

Sampai tahap keempat tadi, kamu sudah berhasil untuk membuat sticker line versi kamu sendiri. Namun, berbeda dengan cara membuat sticker di whatsapp, untuk bisa mendapatkan atau menampilkan sticker line yang baru saja kamu buat kamu harus terlebih dahulu mendaftarkan diri sebagai LINE Creator.

Hal ini sendiri bukan tanpa tujuan. Karena nantinya sticker yang kamu buat ini bisa dijual untuk mendapatkan keuntungan sebesar 50% dari orang orang yang membeli sticker kamu lewat LINE Coin. Dan untuk caranya

  • Kunjungi situs Line Creator Market melalui link https://creator.line.me/id/
  • Setelah itu lakukan pendaftaran dan isi semua data yang dibutuhkan
  • Pastikan juga kamu mengisi data pembayaran yang berupa paypal yang sudah di verifikasi atau terhubung dengan VCC dan masih aktif
  • Jika sudah, klik pada tombol Add Submission untuk mengunggah atau menambahkan sticker LINE yang kamu buat tadi
  • Tunggu sampai prosessnya selesai, dan untuk melihat sticker line yang sudah kamu upload, kamu bisa mengeceknya pada laman manage sticker
  • Dan jika dirasa sudah benar, maka langkah terakhir adalah kamu bisa mengklik pada tombol Request untuk kemudian pihak LINE meninjau apakah stickermu layak untuk di publish dan dijual atau tidak.
Untuk prosess request yang dilakukan sendiri biasanya akan memakan waktu sekitar 1 - 3 hari waktu kerja. Apabila sticker kamu di setujui, maka kamu bisa menemukan sticker yang kamu buat lewat tombol pencarian di laman sticker LINE.

Dan untuk pembayaran atau royalti sebesar 50% tadi, tentunya akan dibayarkan ke akun paypal kamu, setelah mencapai ambang batas pembayaran yang berlaku dari LINE. Jadi, kamu gak usah khawatir karena cara ini gratis, dan juga menguntungkan para creator sticker LINE.

Nah, itulah tadi beberapa cara membuat sticker line yang bisa kamu coba. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk membuat dan menjual sticker pertama kamu di LINE? Selamat mencoba.

Read Also:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!