Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4+ Cara Membuat Rekening BNI yang Benar

Apa saja tata cara membuat rekening bni? Apa yang harus dipersiapkan sebelum membuat atau hendak membuat rekening bni? Apakah ada biaya admin dalam pembuatan rekening bni? Berapa minimum setoran awal untuk pembukaan rekening bni?

Untuk kamu yang mungkin saat ini senang menggunakan layanan bank, mungkin sudah gak lagi asing dengan Bank BNI atau Bank Negara Indonesia ini. Sebagaimana kita tau, bank BNI sendiri memang sudah cukup lama hadir di Indonesia untuk memenuhi layanan keuangan masyarakat Indonesia.

Bank yang berdiri dari tahun 64 ini, memang mememiliki banyak sekali jumlah nasabah, yang mana bank BNI juga memberikan banyak keuntungan serta fitur dan layanan yang semakin tahun semakin di upgrade untuk memudahkan pengguna.

Mulai dari adanya layanan kartu debit atau ATM yang biasa digunakan untuk melakukan penarikan tunai di ATM BNI terdekat, adanya layanan mobile banking bni, internet banking bni, dan juga sms banking bni, yang mana semakin memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi keuangan. Seperti transfer, melakukan pembayaran dalam bentuk virtual account, pembelian pulsa, ataupun hal lain yang berkaitan dengan bank.

Itulah mengapa, gak heran jika saat ini ada banyak sekali nasabah bank BNI yang tetap setia menggunakan layanan bank BNI. Karena selain beberapa layanan diatas tadi, kamu juga bisa menikmati layanan lain seperti adanya kartu kredit yang memudahkan kamu dalam urusan berbelanja tanpa harus mengeluarkan uang cash, atau juga kamu bisa menggunakan tabungan deposito yang mana memungkinkan kamu memiliki tabungan untuk masa tua dengan rentang waktu dan jumlah tabungan yang sudah di tentukan.

Cara Membuat Rekening BNI

Cara Membuat Rekening BNI
Membuka rekening BNI

Selain itu, untuk cara membuat rekening bni sendiri tidak begitu sulit kok. Hanya saja, mungkin ada sebagian calon nasabah yang belum mengetahui tentang tata cara dan juga persyaratan apa saja yang dibutuhkan ketika hendak membuka rekening bni untuk pertama kalinya.

Syarat Membuat Rekening BNI

  • Berstatus sebagai WNI dengan berusia minimal 17 tahun dan memiliki Kartu Tanda Kependudukan atau KTP. Jika belum berusia 17 tahun, calon nasabah hendaknya didampingi oleh orang tua.
  • Memiliki NPWP (jika ada)
  • Membawa uang tunai untuk setoran awal sebesar 500.000

Sebenarnya ada beberapa persyaratan lain yang mungkin dibutuhkan ketika hendak membuat rekening bni pertama kali. Namun, ketiga syarat diatas tadi merupakan syarat vital dan harus dibawa oleh calon nasabah. 

JIka kamu sudah melengkapi ketiga dokumen atau persyaratan tadi, maka selanjutnya kamu bisa membuka rekening bni dengan cara seperti berikut

Kunjungi Kantor cabang BNI Terdekat

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi kantor cabang BNI terdekat yang ada disekitar kamu. Tentunya, kamu bisa mencari informasi mengenai lokasi kantor cabang bni yang ada di sekitarmu melalui aplikasi Google Maps, untuk kemudian mendatanginya pada saat hari dan jam kerja yang efektif (senin - jumat).

Tak perlu khawatir jika mungkin KTP kamu atau kamu sedang berada di kota yang tidak sesuai dengan domisili. Karena biasanya, pihak BNI akan membantu kamu dengan hal tersebut, dan kamu bisa mengunjungi kantor cabang BNI yang ada dimana saja.

Temui Petugas atau Staff BNI yang bertugas

Setelah sampai, pastikan kamu langsung menemui petugas atau staff yang bertugas dalam pembukaan rekening BNI. Biasanya, kamu akan dibantu oleh pihak security, dan kemudian diminta untuk mengambil nomor antrian sesuai loket yang tersedia, dan tunggu sampai nomor antiranmu dipanggil.

Jika sudah, maka kamu bisa langsung menyerahkan dokumen yang sudah disebutkan tadi, untuk kemudian kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran atau pembukaan rekening.

Tenang saja, untuk pengisian formulir ini, kamu akan dibantu atau diarahkan oleh staff yang bertugas disana, untuk kemudian kamu dapat melakukan pembukaan rekening. Untuk perihal NPWP, jika kamu belum memilikinya, kamu bisa menyerahkan resi atau bukti jika kamu sudah melakukan pendaftaran NPWP secara online, namun jika belum biasanya pihak staff akan meminta kamu untuk mengisinya ketika sudah memiliki NPWP atau resi NPWP.

Untuk setoran awal, sebenarnya kamu bisa melakukannya dengan sistem transfer. Namun untuk mempermudah, kamu bisa langsung menyerahkan uang tunai tadi untuk kemudian masuk kedalam rekening bni kamu sebagai setoran awal yang nantinya bisa kamu tarik melalui atm bni yang ada di sekitar kantor cabang.

Pilih Rekening BNI yang akan digunakan

Setelah menyerahkan dokumen atau data yang dibutuhkan, biasanya pihak staff akan menanyakan kamu untuk memilih jenis rekening bni yang hendak digunakan. Hal ini sendiri biasanya tergantung dari kebutuhan kamu. Karena masing-masing dari jenis produk kartu debit bni ini memiliki biaya admin bulanan yang berbeda untuk tiap produknya. Seperti

  • Rekening BNI Taplus - Merupakan jenis buku tabungan atau rekening yang banyak digunakan (umum)
  • Rekening Taplus Anak - Merupakan jenis rekening yang digunakan untuk anak anak yang ingin belajar menabung
  • Rekening Simpanan Pelajar - Merupakan jenis rekening yang digunakan untuk pelajar dengan usia 12 - 17 tahun
  • Rekening Taplus Muda - Merupakan jenis rekening yang digunakan untuk pelajar dengan rentang usia 15 - 25 tahun
  • Rekening Taplus Haji - Merupakan jenis rekening yang digunakan untuk menabung dengan tujuan pergi haji ke tanah suci
  • Rekening Taplus Bisnis - Merupakan jenis rekening yang umumnya digunakan untuk mereka yang merupakan pemilik bisnis
  • Rekening BNI Dollar - Merupakan jenis rekening yang mana digunakan untuk nasabah yang ingin menabung uang dalam bentuk rupiah untuk kemudian di konversi dalam bentuk kurs dollar (amerika dan singapura) 

Setelah memilih jenis rekening yang hendak digunakan, maka selanjutnya kamu akan diminta untuk kembali mengisi formulir pembukaan rekening, untuk tahap terakhir sebelum mendapatkan kartu debit dan juga buku tabungan

Buku Tabungan dan Kartu ATM Siap digunakan

Setelah melalui prosess yang ditulis diatas tadi, maka step final dari hal ini adalah kamu akan langsung menerima kartu debit / ATM dan juga buku tabungan yang sesuai dengan jenis rekening yang kamu pilih tadi. Dan setelah itu kamu bisa langsung melakukan penarikan tunai dengan menggunakan kartu ATM yang kamu miliki, ataupun langsung melakukan transaksi keuangan lain seperti transfer ke antar bank, ataupun ke sesama bank BNI.

Oh iya, gak cuma itu aja kok, kamu juga bisa melakukan aktivasi dan pendaftaran untuk layanan m banking, internet banking, sms banking, yang bisa kamu lakukan ketika berada di bagian teller ataupun staff yang nantinya akan dipandu untuk prosess pendaftaran dan aktivasinya. Gampang banget kan?

Dan itulah tadi beberapa cara membuat rekening bni yang bisa kamu coba. Setelah membaca tata cara pembuatan rekening bni diatas, semoga kamu gak lagi bingung ketika hendak membuat rekening bni untuk tabungan kamu, ataupun sekedar melakukan transaksi keuangan pribadi. Semoga bermanfaat.

Read Also: