3+ Cara Membuat Lokasi di Instagram yang Paling Benar

caracekonline.net | Cara membuat lokasi di instagram sebenarnya sangatlah mudah. Hanya saja, kadang ada pengguna yang belum mengetahui cara ini. Biasanya, cara ini digunakan untuk mereka bisa membagikan lokasi atau tempat dimana mereka berada, untuk referensi kepada pengguna instagram lain jika ingin berkunjung ke lokasi yang sama.

Bicara soal instagram, salah satu jejaring sosial media yang satu ini memang sangat populer. Terlebih, dikalangan para remaja yang menggunakan smartphone.

Karena memang awalnya, instagram sendiri di gunakan untuk membagikan foto dan juga video. Namun, semakin berkembangnya zaman dan juga teknologi, kini instagram sudah bisa digunakan untuk beragam hal. Mulai dari membagikan stories dalam bentuk foto dan video yang akan otomatis terhapus dalam 24 jam, melakukan siarang langsung atau live, dan juga baru ini instagram menambahkan fitur baru yakni reels atau video dengan durasi lebih dari 1 menit.

Dengan adanya penambahan fitur ini, tentunya tak menghilangkan esensi ataupun tujuan utama instgram diciptakan. Para pengguna tetap bisa membagikan foto, ataupun video mereka kedalam timeline instagram, dan juga membagikannya kedalam bentuk stories untuk menarik minat para pengguna instagram lain.

Selain itu, instagram juga bisa diaksess di berbagai jenis perangkat. Mulai dari smartphone dengan jenis android, iOS, atau bahkan kamu juga sudah bisa kok memposting foto ataupun video kamu melalui instagram web yang bisa kamu aksess dari komputer ataupun laptop.

Itulah mengapa, tak heran jika saat ini banyak sekali para pengguna yang rata-rata adalah remaja, yang membagikan foto dan video mereka ketika berada di suatu tempat. Ntah itu cafe, jalan umum, atau bahkan tempat rekreasi yang sedang mereka kunjungi.

Tapi gak cuma itu aja kok. Karena dengan mereka membagikan lokasi mereka di instagram, hal ini juga bisa membuat akun mereka masuk dalam laman explore atau pencarian instagram sesuai dengan lokasi mereka. Hal ini bisa berguna untuk menambahkan followers ataupun mendapatkan like untuk foto ataupun video yang mereka post dengan keterangan lokasi. Namun, dengan catatan akun mereka tidak boleh di private atau dalam kondisi public.

Cara Membuat Lokasi di Instagram

Cara Membuat Lokasi di Instagram
Membuat Lokasi di Instagram

Sayangnya, gak semua pengguna instagram mengetahui cara menambahkan lokasi di instagram. Hal ini sendiri biasanya dialami oleh pengguna instagram baru yang mungkin baru memiliki akun di Instagram. Padahal, caranya gampang banget kok. Disini, kamu bisa menggunakan beberapa cara yang akan mimin bagikan. Seperti

Cara Membuat Lokasi di Instagram Post

Cara pertama yang tentunya sangat penting adalah menambahkan lokasi di post instagram kalian. Disini, kamu bisa menambahkan lokasi pada foto ataupun video yang kamu posting di instagram feeds kalian. Caranya juga gampang banget kok. Yaitu

  • Buka terlebih dahulu akun instagram kalian baik di perangkat smartphone android ataupun iOS
  • Setelah itu, klik pada tombol atau icon (+) yang ada di bagian atas instagram
  • Lalu, pilih postingan yang akan kamu post baik berupa foto ataupun video
  • Jika sudah kamu bisa mengisikan caption atau juga menambahkan tagar atau hastag
  • Untuk menambahkan lokasi di instagram post, kamu bisa mengklik pada pilihan menu Tambahkan Lokasi yang biasanya ada di bawah kolom caption
  • Klik pada pilihan tersebut, lalu ketikkan lokasi yang ingin kamu tambahkan
Pastikan ketika hendak menambahkan lokasi ini, kamu sudah mengaktifkan GPS atau global positioning system dengan tingkat akurasi yang tinggi. Sebab jika kamu tidak mengaktifkan fitur GPS pada smartphone, maka cara ini tidak akan bisa dilakukan.

Dan apabila sudah, kamu bisa mengklik pada tombol Done untuk kemudian lokasi tersebut akan otomatis ditambahkan ketika postingkan kamu berhasil di publikasikan di instagram.

Cara Membuat Lokasi di Instagram Stories

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa menambahkan keterangan lokasi di instagram stories atau stories instagram yang biasanya berupa foto atau video yang otomatis hilang setelah 24 jam.

Caranya juga gampang banget kok. 

  • Buka terlebih dahulu aplikasi instagram di smartphone kalian dan login seperti biasa menggunakan akun yang sudah kamu miliki
  • Lalu, swipe ke bagian kanan atau klik pada bagian profile yang ada di stories instagram kamu
  • Kamu bisa menggunakan kamera instagram untuk mengambil foto atau video secara langsung, ataupun mengunggah foto dan video yang sudah ada di galeri kalian
  • Ketika sudah memilih foto atau video yang diinginkan, maka kamu bisa melakukan swipe up dan mencari pilihan Location / Lokasi
  • Sama seperti cara sebelumnya, kamu bisa langsung mencari lokasi yang ingin kamu tambahkan di stories instagram kamu
Jika sudah, kamu bisa langsung membagikan stories instagram yang sudah kamu buat tadi, dan secara otomatis lokasi tersebut bisa di klik oleh pengguna yang melihat stories kamu, dan mereka bisa mengetahui dimana lokasi atau tempat kamu berada melalui google maps.

Atau jika kamu ingin membuat lokasi sesuai keinginan, kamu juga bisa langsung mengetikkan lokasinya. Misalnya kamu ingin membuat lokasi dengan keterangan 'dimana mana hatiku senang'. Kamu tinggal mengetikkan hal tersebut, lalu pilih opsi Tambahkan lokasi dimana mana hatiku senang dan secara otomatis, lokasi tersebut akan masuk kedalam postingan instagram kamu, namun tidak dapat ditemukan di google maps (hanya untuk senang senang saja)

Cara Membuat Lokasi di Instagram Reels

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa menambahkan lokasi pada postingan instagram reels yang kamu post kedalam feeds instagram kamu. Caranya juga gak jauh beda dengan yang sebelumnya kok.

  • Buka instagam dan login kedalamnya menggunakan akun instagram yang kamu miliki
  • Setelah itu, klik pada icon video reels yang ada di bagian bawah layar instagram kamu
  • Jika sudah, silahkan langsung pilih video mana yang ingin kamu upload
  • Dan sama seperti menambahkan lokasi pada instagram post, kamu bisa memilih opsi tambah lokasi, dan kemudian mencari lokasi yang ingin kamu tambahkan
  • Apabila sudah, kamu bisa langsung memposting video reels instagram kamu agar kemudian lokasinya dapat di klik oleh pengguna yang melihat instagram reels kamu
Sama seperti membuat post tadi, kamu juga bisa menambahkan caption terlebih dahulu agar video reels yang kamu upload lebih menarik, dan kamu juga bisa men-tag atau menandai temanmu di reels instagram yang kamu upload tadi. Gimana, gampang banget kan?

Dan itulah tadi beberapa cara menambahkan lokasi di instagram yang bisa kamu coba. Semantara ini, cara yang mimin bagikan baru di coba melalui smartphone android dan iOS saja. Kemungkinan, jika kamu sedang login atau menggunakan instagram dan komputer ataupun laptop, kamu harus terlebih dahulu memberikan izin lokasi di browser yang kamu gunakan. Agar bisa mendeteksi lokasi dimana kamu berada.

Gimana, tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.

Read Also:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!