Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4+ Cara Membuat Status Whatsapp dengan Benar

Bagaimana cara membuat status whatsapp? Apa sajakah yang bisa di upload pada status whatsapp? Bagaimana membuat status whatsapp yang aesthetic? Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat status whatsapp yang bagus?

Untuk sebagian pengguna smartphone, aplikasi whatsapp sudah bukan lagi hal yang bisa dianggap remeh. Sebab sebagaimana kita tau, aplikasi chat yang satu ini memang menjadi salah satu aplikasi vital yang wajib ada di setiap jenis smartphone yang kita miliki.

Berkembangnya teknologi dan juga informasi di era digital saat ini, membuat segala hal menjadi mudah. Mulai dari sekedar mendapatkan informasi baru, sampai dengan hal nya komunikasi yang dilakukan. Jika dulu kita harus menggunakan pulsa utama untuk dapat mengirim pesan dalam bentuk sms ataupun melakukan panggilan suara dengan telpon menggunakan pulsa utama, saat ini semua kegiatan tersebut sudah bisa dengan mudah dilakukan dengan adanya kuota internet dan aplikasi whatsapp.

Melihat kilas balik dari aplikasi ini, awalnya whatsapp memang merupakan aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan komunikasi antar pengguna whatsapp, dengan melalui nomor telpon. Dimana, para pengguna bisa berkirim pesan dalam bentuk teks, ataupun pesan suara. Namun dengan berkembangnya teknologi, saat ini kita sudah bisa menggunakan whatsapp lebih dari berkirim pesan ataupun telpon saja.

Kamu bisa berkirim dokumen, gambar, melakukan panggilan video, dan juga mengupload status yang mana dalam bentuk foto ataupun video yang akan hilang dalam waktu 24 jam. Hal ini sendiri tentunya hampir mirip dengan instagram. Dimana, pada status yang kamu buat di whatsapp ini, kamu bisa menambahkan lokasi, waktu, dan juga memberikan caption pada status yang kamu unggah.

Namun perbedaannya disini adalah, karena whatsapp sangat menghargai privasi para penggunanya, jadi status yang di buat oleh pengguna whatsapp hanya akan bisa dilihat oleh pengguna yang memiliki nomor atau saling menyimpan nomor satu sama lain kedalam daftar kontak mereka.

Jadi, pengguna yang tidak menyimpan nomormu, tidak dapat melihat status yang kamu buat, dan begitupun sebaliknya. Sedangkan jika di Instagram, apabila ada pengguna yang mempublik akun mereka, secara otomatis pengguna lain yang mungkin tak sengaja men-search akun publik tersebut, masih bisa melihat stories yang kamu buat. Namun jika akunnya di private, maka hal ini tidak akan bisa dilakukan.

Cara Membuat Status Whatsapp

Membuat status Whatsapp

Walaupun demikian, faktanya adalah tidak semua pengguna whatsapp mengerti tentang cara membuat status whatsapp. Apalagi, untuk mereka yang mungkin sudah masuk dalam kategori orang tua atau baru saja menggunakan fitur Whatsapp yang satu ini. Padahal, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk membagikan status whatsapp. Seperti

Cara Membuat Status Whatsapp secara Langsung

Cara pertama yang menurut mimin paling mudah adalah dengan membuat status whatsapp secara langsung. Nah, hal ini kerap digunakan para pengguna yang mungkin saja ingin membagikan status dalam kondisi real time, ataupun pada saat yang sama dengan kejadian yang terjadi. Ntah itu sedang makan makan bersama keluarga, jalan jalan bersama pasangan, atau hal lain.

  • Buka terlebih dahulu whatsapp yang ada di smartphone android atau iOS kalian
  • Setelah itu, pada tampilan awal whatsapp, geser ke bagian kanan atau tab status
  • Klik pada profile kamu yang ada di bagian atas, untuk membuka kamera lewat whatsapp kamu
  • Untuk membuat status dalam bentuk foto, kamu hanya perlu men-tap satu kali pada tombol kamera yang berwarna merah, sedangkan untuk membuat status dalam bentuk video, kamu bisa men-tap agak lama (tahan) pada tombol kamera yang berwarna merah, untuk merekam video
  • Jika sudah, barulah kamu bisa langsung mengklik pada tombol kirim untuk membagikan status whatsapp yang kamu buat.

Sedikit catatan, jika kamu membagikan status dalam bentuk video, maka kamu harus memperhatikan durasi video yang kamu buat. Kamu bisa merekam video tersebut dalam durasi maksimal 30 detik saja.

Cara Membuat Status Whatsapp lewat Foto / Video yang sudah ada

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu bisa membuat status whatsapp dalam bentuk foto ataupun video yang mungkin sebelumnya sudah kamu take atau ambil melalui aplikasi kamera ponsel kamu. Atau juga, kamu bisa membagikan video dan foto dari instagram, facebook, twitter, ataupun google dengan menyimpan gambar dan video tersebut. Caranya

  • Buka aplikasi Whatsapp yang ada di smartphone kamu
  • Kemudian klik pada tab status atau geser layar ke bagian status
  • Lalu klik pada icon profile kamu yang ada dibagian atas status update
  • Setelah itu akan muncul tampilan kamera untuk mengambil foto atau video dari whatsapp secara langsung
  • Geser ke atas pada layar, untuk membuka galeri dan memilih foto atau video yang sudah kamu miliki sebelumnya
  • Pilih foto / video yang ingin kamu bagikan tadi, dan jika sudah kamu bisa langsung mengklik pada tombol kirim untuk status kamu dapat dilihat oleh pengguna whatsapp lain.

Baik dengan menggunakan cara pertama ataupun kedua, kamu bisa menambahkan caption atau keterangan pada kolom yang tersedia. Hal ini termasuk opsional, jadi kamu bisa menambahkannya ataupun tidak menambahkannya sama sekali.

Cara Membuat Status Whatsapp dalam bentuk Teks

Kemudian untuk cara yang ketiga, disini kamu bisa juga kok membagikan status whatsapp dalam bentuk teks, yang mana bisa kamu gunakan untuk mungkin membagikan informasi penting, atau hanya sekedar iseng. Caranya juga gampang

  • Buka dulu aplikasi Whatsapp yang ada di Smartphone kalian
  • Setelah itu geser ke bagian tab status yang ada di tampilan whatsapp
  • Lalu klik pada tombol (+) yang ada di bagian pojok kanan bawah
  • Lalu pilih icon (T) untuk membuat status dalam bentuk teks
  • Setelah itu silahkan tuliskan pesan yang hendak kamu jadikan status whatsapp
  • Kamu juga bisa mengganti jenis font dengan mengklik pada icon (T) dan mengganti background teks sesuai keinginanmu

Barulah jika sudah, kamu bisa langsung membagikan status dalam bentuk teks tadi untuk kemudian bisa dilihat oleh pengguna whatsapp lain yang ada didalam kontak kamu.

Cara Membuat Status Whatsapp dari Aplikasi lain

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa membuat status whatsapp dengan menggunakan bantuan aplikasi lain yang bisa kamu dapatkan baik di app store untuk pengguna iOS, ataupun Google Play Store untuk pengguna Android.

Adapun beberapa rekomendasi yang bisa kamu gunakan disini adalah

  • Picsart
  • Picsay Pro
  • Canva
  • Phonto
  • VN
  • CapCut
  • dll

Dari beberapa aplikasi diatas, tentunya memiliki kegunaannya masing-masing. Mulai dari untuk membuat status whatsapp dalam bentuk gambar yang berisikan quotes, ataupun dalam bentuk video dengan menggunakan capcut ataupun vn. Sisanya, kamu tinggal menggunakan cara kedua yang sudah mimin bagikan tadi, yakni dengan mengupload status dari foto atau video yang sudah ada.

Dan itulah tadi beberapa cara membuat status whatsapp yang sangat mudah dan bisa kamu coba. Gimana? Gampang banget kan. Semoga bermanfaat.