6+ Cara Membuat Podcast di Spotify yang Paling Benar

caracekonline.net | Cara membuat podcast di Spotify sebenarnya sangatlah mudah. Disini, kamu bisa membuat audio podcast yang mana nantinya akan otomatis di upload atau masuk kedalam spotify dan bisa didengarkan oleh para pengguna spotify yang mengikuti channel podcast yang kamu buat.

Bicara tentang podcast, mungkin hal ini sudah gak lagi asing di telinga masyarakat saat ini. Karena memang, podcast sendiri adalah sebuah cara dimana kamu membuat konten dalam bentuk audio yang mana nantinya bisa didengarkan oleh orang banyak.

Podcast sendiri masuk dalam jajaran tren baru di dunia digital saat ini. Karena, sudah banyak para penggguna yang membut podcast untuk sekedar membicarakan apa saja yang sedang terjadi saat ini.

Tren podcast sendiri sebenarnya memiliki beragam jenis. Untuk saat ini, kebanyakan pada podcaster membuat konten podcast dalam bentuk video yang mana nantinya video tersebut dapat di monetisasi dan menambah penghasilan para podcaster ataupun content creator.

Walaupun demikian,nyatanya masih banyak orang orang yang memilih untuk membuat podcast di spotify, karena memang lebih mudah dan tidak mengeluarkan banyak sekali modal.

Kamu hanya memerlukan perangkat smartphone yang mana bisa ditambahkan dengan mic external, ataupun menggunakan mic internal yang sudah ada dari ponsel kalian.

Untuk membuat podcast nya sendiri, kamu bisa berbicara secara individu dengan menceritakan pengalaman hidup kamu, atau kamu juga bisa berkolaborasi dengan temanmu untuk membicarakan hal hal yang sedang ramai terjadi di internet, dunia, ataupun sekedar membagikan pengalaman hidup.

Perbedaan yang terlihat signifikan dari podcast dalam bentuk video dan podcast yang di upload di spotify adalah dari segi income atau penghasilannya.

Karena jika menggunakan content podcast dalam bentuk video, mereka bisa mendapatkan income dari adsense. Sedangkan jika menggunakan spotify, para podcaster bisa mendapatkan income dari iklan yang berasal dari endorsement dalam bentuk audio, ataupun dalam hal lain yang bersifat pribadi.

Cara Membuat Podcast di Spotify

Cara Membuat Podcast di Spotify
Membuat Podcast di Spotify

Itulah mengapa, saat ini ada banyak sekali para pengguna yang mencari tau tentang bagaimana cara membuat podcast di spotify untuk mengupload atau mengunggah podcast pertama mereka di spotify.

Nah, untuk kamu yang mungkin belum tau soal ini. Disini kamu bisa mengikuti beberapa cara membuat podcast di spotify yang mungkin bisa kamu coba untuk mengupload podcast pertama kamu di spotify. Dengan cara

Langkah1: Siapkan Perangkat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan perangkat mobile atau smartphone. Disini, sebenarnya tidak ada spesifikasi yang dikhususkan untuk soal spesifikasi ponsel atau smartphone.

Kamu bisa menggunakan smartphone Android, ataupun smartphone dengan OS iOS yang mana nantinya dapat digunakan untuk membuat podcast pertama kamu.

Usahakan smartphone yang kamu gunakan memiliki RAM minimal 2 GB, dengan OS terbaru dari smartphone yang kamu gunakan.

Langkah2: Download Aplikasi Anchor dan Spotify

Kemudian jika sudah mempersiapkan perangkat, selanjuntya kamu bisa langsung mendownload 2 aplikasi penting yang harus kamu persiapkan. Yakni anchor dan juga spotify.

Aplikasi anchor sendiri merupakan aplikasi yang mana nantinya akan menghubungkan akun Anchor kamu dengan spotify, sehingga kamu merekam dan juga mengupload podcast kamu, anchor akan secara otomatis menghubungkan podcast kamu ke dalam spotify sehingga bisa di dengarkan pengguna lain.

Untuk melakukan pendaftarannya sendiri, kamu bisa menggunakan akun Google ataupun email dan juga password. Namun untuk memudahkan, kamu bisa menggunakan akun Google secara langsung agar lebih mudah dalam login kedalamnya.

Langkah3: Lengkapi Profile Channel Podcast

Setelah prosess login dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah kamu bisa melengkapi informasi profile akun Anchor dan juga channel podcast spotify kamu. Mulai dari memberi nama channel podcast, foto profile channel, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menambahkan deskripsi singkat tentang channel podcast yang kamu buat, dan menambahkan informasi dari channel podcast yang kamu buat.

Langkah4: Hubungkan Akun Anchor ke Spotify

Kemudian kamu harus menghubungkan akun anchor kamu ke dalam akun spotify. Tenang aja, caranya gampang banget kok. Kamu bisa memilih kanal dimana kamu akan mempublikasikan podcast yang kamu buat. Karena memang, anchor sendiri menyediakan banyak platform dimana kamu bisa mempublish podcast kamu.

Seperti Apple Podcast, Amazon Podcast,  dan juga Spotify Podcast. Namun karena kita menggunakan spotify, jadi kita bisa menghubungkan akun Anchor kamu ke spotify dengan login menggunakan akun spotify kamu.

Langkah5: Buat Podcast Pertamamu

Jika semua hal sudah dilakukan, maka selanjutnya kamu bisa langsung membuat podcast pertama kamu lewat aplikasi anchor. Disini, kamu bisa menggunakan 2 metode yang cukup mudah. Pertama, kamu bisa merekam podcast kamu secara langsung dari aplikasi anchor, ataupun mengupload rekaman podcast yang sudah kamu buat dari sound recorder yang mungkin sudah kamu edit terlebih dahulu.

Yang lebih menarik adalah, jika kamu merekam podcast kamu lewat aplikasi anchor secara langsung, kamu bisa menambahkan sound effect, dan juga bisa mem-pause rekaman podcast, untuk kemudian menambahkan transisi, iklan, ataupun jeda antara percakapan kamu dan teman podcast kamu.

Tapi jika kamu menggunakan cara kedua yang mana terlebih dahulu merekam podcast kamu lewat sound recorder, kamu bisa melakukan editing terlebih dahulu, untuk memotong bagian bagian yang mungkin tidak kamu butuhkan, atau mungkin menambahkan backsound, dan juga sound effect secara manual lewat aplikasi edit audio.

Usahakan ketika kamu merekam audio ataupun podcast kamu berada di ruangan yang tertutup, dan tidak berisik agar suara yang dihasilkan akan lebih bagus dan enak untuk didengar.

Langkah6: Publikasi Podcast Pertamamu

Jika rekaman podcast kamu sudah siap, maka selanjutnya kamu tinggal mempublikasikan podcast pertama kamu lewat anchor. Disini, kamu bisa melengkapi keterangan dari podcast yang kamu buat.

Kamu bisa memberikan judul podcast, menambahkan episode podcast, season podcast, dan juga foto profile episode podcast kamu. Dan kemudian memberikan keterangan dari episode podcast kamu.

Untuk prosess upload nya sendiri tergantung dari ukuran file ataupun lamanya podcast yang kamu upload. Jika mungkin file nya agak besar, akan memakan waktu sekitar 1 - 3 menit.

Dan jika prosess penguploadan sudah selesai, maka dalam waktu 1 - 2 jam, kamu bisa memeriksa spotify dan mencari nama channel podcast yang kamu buat, untuk melihat episode yang baru saja kamu upload tadi.

Kamu bisa langsung membagikan podcast yang baru saja kamu upload dengan membagikan link dari episode podcast kamu, untuk kemudian dapat di dengar oleh pengguna lain lewat aplikasi spotify. Dan kamu juga bisa mendapatkan banyak followers jika kamu rutin mengupload podcast yang kamu buat lewat anchor dan kemudian membagikan link ke pengguna lain agar tertarik untuk mendengarkan podcast kamu.

Dan itulah tadi beberapa cara membuat podcast di spotify dengan mudah. Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa membuat podcast pertama kamu, dan membagikannya di Spotify. Gimana? Tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.

Read Also:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!