Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4+ Cara Membuat Sorotan di Instagram dengan Benar

Bagaimana cara membuat sorotan di Instagram? Apa yang harus dilakukan untuk dapat membuat sorotan di instagram muncul pada profile? Bagaimana langkah langkahnya?

Di tengah era digital saat ini, layanan sosial media sudah menjadi hal yang sangat penting dan tak lepas dari para pengguna. Terlebih, saat ini banyak sekali para pengguna yang menggunakan smartphone untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Karena sebagaimana kita tau juga, saat ini sosial media sudah menjadi sarana untuk berkomunikasi dan juga bercengkrama dengan pengguna satu sama lain.

Dan salah satu layanan sosial media yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat adalah Instagram. Sebagaimana kita tau, awalnya instagram sendiri memang merupakan platform sosial media yang digunakan untuk membagikan foto dan video saja. Namun, seiring dengan perkembangan yang dilakukan, saat ini kita bisa melakukan banyak hal di instagram.

Mulai dari membagikan foto dan video, kini pengguna bisa membuat stories dalam bentuk foto ataupun video yang secara otomatis akan terhapus dalam 24 jam, melakukan siaran langsung, ataupun menjual produk menggunakan akun instagram bisnis yang memudahkan pengguna dalam memasarkan produk.

Hal inilah yang pada akhirnya membuat pengguna tak beralih ke aplikasi sosial media lain, dan tetap menggunakan instagram. Ditambah, saat ini banyak sekali kalangan remaja yang senang dengan dunia fotografi dan membagikan hasil karya mereka lewat instagram.

Dan salah satu fitur unggulan instagram yang bisa dinikmati para penggunanya adalah highlight atau sorotan. Buat yang belum tau, fitur highlight atau sorotan ini merupakan salah satu fitur dimana kamu bisa menyimpan atau bahkan menampilkan stories yang sudah terhapus dalam 24 jam, agar tetap muncul pada laman profile instagram kamu.

Tentunya, hal ini bisa membantu para pengguna yang mungkin ingin tetap melihat ataupun menampilkan stories yang cukup berkesan, untuk dapat dilihat lagi. Karena memang setelah 24 jam, stories yang dibuat akan hilang secara otomatis, dan tidak dapat dilihat lagi. Namun dengan adanya fitur highlight atau sorotan ini, pengguna bisa kembali melihat stories yang pernah mereka buat.

Cara Membuat Sorotan di Instagram

Cara Membuat Sorotan di Instagram
Membuat Sorotan Instagram

Namun kadang kala, ada saja pengguna yang gagal dalam membuat sorotan instagram. Sehingga, ketika mereka ingin menampilkan stories yang sebelumnya sudah terhapus, alhasil tidak muncul pada bagian profile.

Untuk itu, apabila kamu mengalami masalah seperti tadi, kamu bisa menyimak beberapa cara membuat sorotan di instagram yang bisa kamu gunakan. Seperti

Langkah1: Atur Penyimpanan atau Arsip pada Stories secara Otomatis

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengatur penyimpanan stories yang kamu buat, kedalam arsip. Hal ini sendiri berguna agar tiap stories yang kamu buat dalam bentuk foto ataupun video bisa tersimpan setelah terhapus setelah 24 jam. Dan untuk itu, kamu bisa mengaturnya melalui cara berikut ini.

  1. Buka aplikasi Instagram yang ada di smartphone kalian
  2. Setelah itu klik pada Section untuk membuat stories baru, atau geser ke kanan untuk langsung ke kamera membuat Stories.
  3. Klik pada tombol atau icon gear yang ada di sebelah kiri atas layar / Settings
  4. Lalu pilih opsi Stories.
  5. Geser ke bagian bawah, dan hidupkan opsi Save Stories to Archive / Simpan Stories ke Arsip

Setelah itu, barulah kamu bisa menekan tombol back atau kembali, dan kamu sudah berhasil mengatur stories kamu untuk tersimpan otomatis kedalam arsip setelah 24 jam.

Langkah2: Buat Stories Instagram

Setelah mengubah pengaturan stories instagram kamu untuk tersimpan otomatis kedalam arsip, maka selanjutnya kamu bisa membuat stories instagram kamu. Disini, kamu bisa memposting foto ataupun video, sesuai keinginanmu.

Jika sudah, publikasikan stories yang kamu buat dan jangan dihapus. Biarkan stories tersebut hilang dalam 24 secara otomatis agar bisa masuk kedalam arsip.

Sebab, jika kamu menghapus stories kamu kurang dari 24 jam, maka kemungkinan besar stories yang kamu buat tidak akan masuk ke arsip.

Langkah3: Tambahkan Stories Instagram dalam Sorotan / Highlight

Setelah stories yang kamu buat tadi terhapus atau hilang dalam 24 jam, maka langkah selanjutnya adalah kamu bisa langsung membuat sorotan / highlight di instagram profile kamu. DIsini, caranya gampang banget kok.

  1. Login kedalam instagram kamu melalui smartphone android ataupun iOS
  2. Setelah itu, klik pada tombol profile agar masuk kedalam laman profile
  3. Pada bagian tombol edit profile, kamu bisa mengklik pada icon + dengan bertuliskan New atau Tambah sorotan baru
  4. Klik pada tombol tersebut, dan kemudian pilih stories mana yang ingin kamu masukkan kedalam sorotan
  5. Kamu bisa memilih lebih dari 1 sorotan, dengan tanggal yang berbeda dan bisa dalam bentuk foto atau video dalam 1 sorotan
  6. Jika sudah memilih sorotan yang kamu inginkan, maka selanjutnya kamu bisa memberi nama pada sorotan tersebut, dan kemudian menyimpannya.

Nantinya, secara otomatis sorotan yang kamu buat tadi akan muncul di bagian profile instagram kamu dan dapat dilihat oleh para followers atau pengikutmu. Namun, sekalipun ada followers baru yang melihat sorotan kamu, hal tersebut tidak akan mempengaruhi jumlah viewers atau jumlah pengguna yang melihat stories yang kamu buat.

Sebab, jumlah viewers atau yang melihat storiesmu di sorotan adalah mereka yang melihat pada tanggal tersebut saja. Jadi, kamu gak usah khawatir.

Kamu juga bisa membuat lebih dari 1 sorotan di bagian profile dengan cara yang sama, dengan menambahkan stories mana saja yang ingin kamu gunakan, dan hal ini berguna untuk kamu yang mungkin memiliki portofolio untuk ditampilkan pada laman instagram. Jadi, pengguna tinggal melihat sorotan yang kamu buat, sesuai dengan judul porto atau karya yang kamu buat.

Langkah4: Atur Cover Sorotan

Langkah terakhir yang cukup penting untuk kamu lakukan adalah, kamu bisa mengatur cover sorotan atau highlight instagram yang kamu buat .Sebenarnya, cover sorotan juga sudah teratur secara otomatis sesuai dengan stories yang kamu pilih pertama kamu. Namun, untuk kamu yang mungkin ingin membuat cover sorotan kamu terlihat lebih bagus, kamu bisa mengikuti cara ini.

Kamu bisa membuat cover sorotan melalui aplikasi edit foto seperti photoshop dengan ukuran rasio 1:1 atau kotak, atau juga kamu bisa kok menggunakan aplikasi canva yang memang sudah menyediakan template untuk cover sorotan.

Jika sudah memiliki cover sorotan, kamu bisa masuk ke laman profile instagram, dan kemudian tap agak lama pada sorotan yang ingin kamu ubah covernya. Nantinya akan muncul pilihan Edit Highlight atau Ubah Sorotan, dan pilih pada cover highlight atau cover sorotan.

Lanjut untuk memilih cover sorotan yang sudah kamu buat tadi dan atur posisi yang diinginkan, serta ukurannya. Dan jika sudah, barulah kamu bisa mengklik pada tombol Done / Simpan, untuk kemudian melihat perubahan pada cover sorotan yang kamu buat.

Cara Membuat Sorotan di Instagram Paling Mudah (VALID)

Untuk lebih jelasnya, berikut ini langkahnya bisa kamu praktekkan:
  • Buka dulu aplikasi Instagram dan Login/Masuk ke akun IG kamu.
  • Tap pada Profile.
  • Jika kamu ingin buat sorotan Instagram baru, kamu bisa buat Story dulu.
  • Jika kamu ingin buat sorotan Instagram yg sudah ada, kamu tinggal pencet tombol + Baru dibagian bawah foto profil Instagram kamu.
  • Pilih mana saja Story yang ingin dijadikan Sorotan Instagram.
  • Jika sudah tap tombol Selanjutnya.
  • Selesai. Tap agak lama dibagian Sorotan yang sudah jadi, klik Edit Sorotan untuk menamai Sorotan IG kamu.

Nah, itulah tadi sekilas tentang cara membuat sorotan di instagram. Gimana, gampang banget kan? Semoga bermanfaat.

Read Also: