3+ Cara Membuat Lokasi di Google Maps yang Paling Benar

caracekonline.net | Bagaimana cara membuat lokasi di google maps? Apakah kita bisa menambahkan lokasi di google maps sendiri? Apa saja yang harus dilakukan agar bisa menambahkan lokasi di google maps?

Bicara soal google maps, mungkin kita sudah gak lagi asing mendengar aplikasi yang satu ini. Aplikasi yang kerap digunakan sebagai navigasi atau petunjuk jalan ini memang menjadi salah satu apps penting bagi pengguna android ataupun iOS.

Cara Membuat Lokasi di Google Maps

Bagimana tidak. dengan adanya google maps, kita bisa dengan mudah mengetahui tempat ataupun lokasi yang hendak di kunjungi melalui smartphone kita.

Selain itu, kita juga bisa mengatur jenis kendaraan yang kita guankan, ntah itu motor, mobil, atau juga kita bisa mendapatkan rekomendasi untuk kamu yang menggunakan kendaraan umum seperti kereta, busway, dan lain sebagainya.

Cara kerja google maps sendiri menggunakan sinyal satelit GPS atau Global Positioning System yang biasanya ada pada ponsel android ataupun iOS yang kemudian bisa digunakan untuk menunjukkan posisi atau lokasi kita berada.

Selain itu google maps juga kerap digunakan para driver ojek online atau driver ojol untuk menemukan lokasi penumpang ataupun ketika hendak mengatar pesanan berupa makanan ataupun paket untuk memudahkan mereka dalam hal pengantaran.

Sayangnya, tidak semua alamat atau lokasi bisa terdeteksi di Google Maps. Hal ini sendiri dikarenakan kurangnya sumber daya dari pihak google untuk menjangkau lokasi lokasi yang sulit ditandai atau di foto untuk masuk kedalam google maps.

Karena itulah, di pembaruan yang terjadi dari google maps, kini pengguna google maps sudah bisa ikut berkontribusi untuk menambahkan lokasi yang mereka temui atau mungkin belum terdaftar di google maps.

Cara Membuat Lokasi di Google Maps


Untuk cara membuat lokasi di google maps sendiri, sebenarnya sangat mudah. Disini, kamu bisa menggunakan beberapa cara mudah untuk menambahkan lokasi di google maps jika belum terdaftar. Dengan cara

Cara Membuat Lokasi di Google Maps lewat Kontribusi

Cara pertama yang paling mudah menurut mimin adalah dengan menggunakan fitur kontribusi. Cara ini terbilang simple juga, karena kamu bisa mengaksessnya dimana saja. Baik itu di perangkat android, ataupun iOS / iPhone. Caranya

  • Buka aplikasi Google Maps di smartphone kalian dan pastikan GPS nya aktif dalam mode akurasi yang tinggi atau akurat
  • Setelah itu, masuk ke aplikasi Google Maps dan jangan lupa untuk login menggunakan akun google kalian agar terverifikasi dengan baik
  • Kunjungi tempat yang menurutmu belum terdaftar atau belum ada di google maps
  • Klik pada posisi atau lokasi tersebut dan tap agak lama 
  • Setelah itu, kamu akan melihat opsi Contribute atau kontribusi
  • Klik pada tambahkan lokasi dalam menu contribute tadi, dan berikan nama sesuai tempat yang kamu ingin namai
  • Isi semua data yang dibutuhkan, dan selamat. Kamu sudah berhasil menambahkan lokasi baru di google maps
Nah, biasanya jika kamu menggunakan cara ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 1 - 7 hari kerja agar kemudian lokasi kamu bisa masuk dan terdaftar di google maps. Namun, kadang kala agak lebih dari 1 - 7 hari kerja sebelum akhirnya lokasi yang kamu tambahkan muncul untuk semua pengguna.

Cara Membuat Lokasi di Google Maps lewat Pin Place

Kemudian untuk cara yang kedua, disini kamu bisa menambahkan lokasi atau tempat baru di google maps untuk dirimu sendiri. Walaupun demikian, cara ini akan mempermudah kamu jika mungkin kamu mengunjungi suatu tempat yang mana sangat rutin atau hampir setiap hari agar mempermudah kamu dalam menemukan rute. Caranya

  • Buka aplikasi google maps di smartphone kamu dan pastikan kamu sudah login dengan menggunakan email yang terdaftar
  • Jika sudah, buka aplikasi google maps dan tandai tempat yang ingin kamu pin
  • Tap agak lama di lokasi yang kamu inginkan sampai muncul icon pin atau sematkan lokasi
  • Setelah itu, silahkan berikan label atau nama tempat, bisa dengan label Rumah, Kantor, Sekolah, atau Tempat lain sesuai keinginan kamu
  • Jika sudah, tutup google maps, dan secara otomatis lokasi tersebut akan ditandai dan hanya kamu saja yang dapat melihat tanda pin atau tanda lokasi tersebut di google maps.
Selain untuk mempermudah kamu dalam menemukan rute ke arah lokasi yang kamu pin, cara ini juga berpengaruh ketika kamu memesan aplikasi ojek online. Karena, kamu bisa langsung memilik lokasi rumah yang sudah kamu pin sebelumnya tadi.

Cara Membuat Lokasi di Google Maps lewat Google My Bussiness

Kemudian untuk cara yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan aplikasi google my bussiness yang mana kerap digunakan untuk para pemilik bisnis, ataupun perusahaan, agar tempat yang mereka miliki bisa terdaftar atau tertera di google maps ketika pengguna lain mencari nama perusahaan atau bisnis yang sudah di daftarkan. Caranya juga gampang kok.

  • Download terlebih dahulu aplikasi Google My Bussiness di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS / iPhone
  • Setelah itu, silahkan kamu login kedalam aplikasi Google My Bussiness dengan menggunakan email yang masih aktif
  • Jika sudah, klik pada tambahkan tempat atau tambahkan lokasi
  • Nantinya, kamu akan diminta untuk mengisi semua data yang dibutuhkan, mulai dari nama tempat, nama pemilik, nomor handphone, email, logo, dan juga lokasi kamu
  • Isi semua data yang dibutuhkan, dan klik pada bagian lokasi atau alamat
  • Untuk mempermudah, kamu bisa menggunakan tampilan google maps untuk menentukan lokasi yang sesuai dengan tempat kamu berada sekarang
  • Jika sudah, klik pada tombol done atau selesai agar lokasi tersimpan dengan baik
  • Tambahkan juga foto dari tempat bisnis atau usaha kamu, agar mempermudah google menampilkan lokasi kamu di google maps
  • Kamu juga bisa mengatur waktu buka, jam buka dan tutup, hari buka dan tutup, nomor telpon kantor, email, dan situs web
  • Terakhir, kamu tinggal menunggu verifikasi dari google sebelum akhirnya lokasi kamu muncul di google maps

Biasanya, hal ini akan memakan waktu sekitar 2 - 4 hari saja, dan untuk verifikasi lebih lanjut, kamu akan dikirimkan surat untuk verifikasi yang berupa formalitas, agar alamat kamu terdaftar di google maps.

Cara ini juga bisa kamu lakukan di perangkat komputer ataupun laptop. Kamu cukup melakukan pendaftaran atau menambahkan lokasi melalui google my bussiness yang bisa kamu aksess melalui laman web atau dengan browser yang kamu gunakan.

Dan nantinya, setelah prosess verifikasi berhasil dilakukan, maka pengguna lain bisa langsung melihat lokasi atau tempat yang sudah kamu daftarkan di google maps tadi. Gimana, gampang banget kan?

Itulah tadi beberapa cara membuat lokasi di google maps yang bisa kamu coba untuk menambahkan lokasi yang mungkin saja belum terdaftar di google maps. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.

Read Also:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!