4+ Cara Membuka Aplikasi yang Terkunci Paling Benar

caracekonline.net | Bagaimana cara membuka aplikasi yang terkunci? Apakah kita bisa kembali mengaksess aplikasi yang terkunci dengan password berupa pattern, pin, atau password lain? 

Bicara tentang keamanan, mungkin sebagian dari kita sudah sangat familiar dengan hal ini. Keterkaitan keamanan dan juga privasi pada smartphone, ataupun kehidupan kita masing-masing. Apalagi, saat ini sedang banyak dibicarakan jika banyak sekali adanya berita tentang pencurian data, ataupun sekedar bagaimana kita melindungi segala jenis chat ataupun apapun itu yang ada didalam aplikasi yang kita gunakan.

Maka dari itu, gak heran jika sekarang ini banyak sekali para pengguna smartphone yang mulai menjaga privasi di tiap aplikasi mereka dengan menggunakna passcode baik berupa pin, password, ataupun pattern. 

Namun, hal ini biasanya hanya berlaku untuk perlindungan diawal saja. Yang mana, jika pengguna ingin masuk kedalam menu home untuk bisa mengakses beragam aplikasi, mereka harus memasukkan beragam jenis password tadi.

Namun, bagaimana jika ternyata ada beberapa chat ataupun email yang sebenarnya berisikan informasi penting? Tentunya, hal ini akan mudah untuk diaksess oleh siapapun yang menemukan ponsel kalian, ketika mungkin mereka berhasil masuk dengan menggunakan password atau kode keamanan ponsel pada umumnya.

Itulah mengapa, saat ini para pengembang aplikasi mulai mengembangkan sistem keamanan lebih untuk para pengguna ponsel. Salah satunya adalah dengan menggunakan apps lock atau yang lebih kerap dikenal dengan aplkasi untuk mengunci aplikasi.

Tentunya, tujuan dari adanya aplikasi ini adalah untuk mengamankan aplikasi ketika hendak dibuka. Sehingga, tidak semua orang atau pengguna bisa masuk kedalam aplikasi tersebut untuk melihat isi chat ataupun email yang ada. Karena, hal ini tentunya berkaitan erat dengan privasi yang sudah mimin jelaskan diawal tadi.

Adapun sistem kerja dari aplikasi apps lock ini gak jauh beda dengan bagaimana sistem keamanan kunci pada ponsel yang selama ini kita gunakan. Tentunya, kamu bisa memilih salah satu dari 3 jenis keamanan yang tersedia, mulai dari pattern, passcode (pin), dan juga password. Yang mana nantinya, jika kamu ingin membuka aplikasi tersebut, kamu harus terlebih dahulu memasukkan password yang sudah kamu buat sebelumnya.

Namun kadang kala, ada saja hal yang kadang kala terjadi pada pengguna apps lock, dimana ada pengguna yang lupa akan password yang sebelumnya mereka setting untuk mengunci aplikasi mereka. Dan tentunya, jika hal ini terjadi sudah jelas pengguna tidak dapat mengaksess aplikasi yang mereka guanakan selama masih dalam perlindungan apps lock. 

Cara Membuka Aplikasi yang Terkunci

Cara Membuka Aplikasi yang Terkunci
membuka aplikasi yang terkunci

Oleh karena itulah, untuk mengatasi masalah dimana pengguna lupa password atau tidak dapat mengaksess password pada aplikasi yang terkunci, para pengguna bisa menggunakan beberapa cara membuka aplikasi yang terkunci, agar bisa digunakan kembali seperti biasa, dengan membypass apps lock yang mereka gunakan. Caranya

Paksa Berhenti Aplikasi Apps Lock

Pertama-tama, yang harus kamu lakukan adalah memberhentikan prosess atau melakukan force close atau paksa tutup pada aplikasi apps lock yang kamu gunakan. Tentunya, untuk cara yang ini terbilang mudah, karena kamu bisa melakukannya dengan

  1. Masuk ke settings / pengaturan ponsel kalian masing-masing
  2. Setelah itu, klik pada opsi apps atau managemen aplikasi
  3. Lalu cari aplikasi apps lock yang kamu gunakan
  4. Klik pada aplikasi tersebut lalu pilih menu force close / paksa tutup
Tunggu beberapa saat, dan setelah itu cobalah buka aplikasi yang kamu masukkan kedalam apps lock tadi. Dengan begitu, kamu bisa kembali mengaksess aplikasi yang sebelumnya terkunci.

Namun, biasanya jika kamu menggunakan cara ini, kadang kala kamu akan diminta untuk memasukkan password ketika hendak masuk kedalam aplikasi yang masih terkunci. Dan jika hal ini terjadi, kamu bisa ke langkah selanjutnya, yaitu

Menonaktifkan Aplikasi Apps Lock

Untuk cara kedua ini, kamu bisa menonaktifkan layanan dari apps lock yang kamu gunakan. Dan untuk caranya juga terbilang sangat mudah kok. Yakni

  1. Buka aplikasi apps lock yang kamu gunakan untuk mengunci aplikasi, dan pastikan kamu tidak mengunci aplikasi apps lock itu sendiri
  2. Jika sudah, biasanya pada tampilan apps lock akan ada pilihan on / off services
  3. Nah, pada langkah selanjutnya kamu bisa menonaktifkan layanan atau services tadi, dan kemudian membuka aplikasi yang kamu kunci sebelumnya.

Sama seperti cara pertama, hanya saja disini kita menonaktifkan service daripada aplikasi apps lock nya itu sendiri. Sebenarnya, kamu bisa mengaksess nya melalui layanan accessibility pada ponsel, ataupun special permission. Namun tentunya, tiap ponsel memiliki menu accessibility ataupun special permission yang berbeda. Jadi, pastikan kamu mengetahuinya terlebih dahulu ya.

Menghilangkan Aplikasi didalam Apps Lock

Kemudian untuk cara yang ketiga, kamu bisa menghilangkan aplikasi yang ada didalam apps lock, agar bisa melakukan bypass pada aplikasi apps lock itu sendiri sehingga bisa diaksess ketika kamu lupa password pada apps lock. Caranya

  1. Masuk atau buka terlebih dahulu aplikasi apps lock yang kamu install di ponsel kalian masing-masing
  2. Jika sudah, periksalah atau lihat aplikasi yang mana sekiranya ingin kamu hilangkan passwordnya
  3. Setelah itu, klik pada titik tiga yang biasanya tertera didekat icon aplikasi tadi, lalu kamu bisa mengklik pada opsi remove apps dan secara otomasi, kamu sudah berhasil untuk menghilangkan password tersebut.
Tapi kembali lagi mimin ingatkan. Biasanya dari pihak apps lock sendiri akan meminta kamu untuk memasukkan password yang kamu masukkan sebelumnya, hal ini sendiri bertujuan agar tidak ada tangan tangan jahil yang hendak menghilangkan password atau aplikasi yang sudah kamu proteksi sebelumnya. 

Tapi jangan khawatir. Jika cara pertama sampai ketiga tadi tidak berfungsi dengan baik, kamu masih bisa menggunakan cara terakhir yang menurut mimin paling ampuh. Yaitu

Uninstall Aplikasi Apps Lock

Cara terkahir ini merupakan jalan pintas yang menurut mimin paling efektif untuk kamu yang mungkin saja lupa dengan keseluruhan password dari apps lock ataupun kedalam aplikasi yang terkunci melalui apps lock. Disini kamu hanya perlu melakukan uninstall atau penghapusan aplikasi apps lock yang mana secara otomatis akan menghilangkan kunci dari apps yang kamu gunakan. Caranya

  1. Masuk terlebih dahulu ke bagian settings / pengaturan ponsel, dan setelah itu klik pada menu apps atau aplikasi
  2. Tunggu beberapa saat dan cari aplikasi apps lock yang kamu gunakan
  3. Klik pada aplikasi tersebut, lalu pilih pada opsi uninstall atau hapus installasi
  4. Tunggu beberapa saat sampai prosess installasi selesai, dan selamat. Kamu sudah bisa membuka aplikasi yang sebelumnya terkunci.
Sedikit catatan untuk kamu yang hendak menggunakan cara terakhir ini, karena biasanya ada aksess spesial yang masih terhubung dengan apps lock, maka ketika prosess installasi terjadi, kamu akan diminta untuk menonaktifkan layanan tersebut terlebih dahulu.

Tapi gak usah khawatir sob, karena biasanya system dari android atau ponsel kalian akan secara otomatis mengarahkan kamu ke laman aksessibilitas ataupun spesial permission untuk menonaktifkannya. 

Jika sudah menemukan atau masuk kedalam laman perizinan spesial, kamu bisa menonaktifkan layanan tersebut, untuk melanjukan prosess uninstall. Gampang banget kan?

Dan itulah tadi beberapa cara membuka aplikasi yang terkunci. Gimana sob? Setelah melihat cara cara yang mimin bagikan tadi, rasanya kamu bisa lebih tenang ketika mungkin lupa dengan password pada aplikasi yang kamu kunci. Semoga bermanfaat.

Bacaan Lainnya:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!