4+ Cara Membuat Video TikTok yang Paling Benar

caracekonline.net | Bagaimana cara membuat video Tiktok? Apa saja yang harus dibutuhkan untuk membuat video tiktok yang menarik dan juga aesthetic? Apa saja yang harus diperhatikan agar mendapatkan jumlah views dan juga like yang banyak dari video tiktok yang kita buat?

Di era serba digital saat ini, tentunya kita semua sudah tak lagi asing dengan smartphone. Dimana dengan smartphone, kita bisa dengan leluasa dan bebas mendapatkan informasi dan juga hal hal menarik, lewat bantuan internet dan juga aplikasi yang biasanya terpasang di smartphone.

Selain itu, banyak juga hal hal menarik serta hiburan yang bisa kita temukan dari smartphone yang saat ini kerap digenggam oleh pengguna. Mulai dari membaca berita yang cukup menarik dari sosial media, ataupun menikmati beragam video dengan kategori yang berbeda di platform khusus untuk menonton video.

Salah satu platform yang dimaksud diatas adalah TikTok. Menjadi salah satu aplikasi dan juga platform untuk menikmati ragam video menarik, TIkTok sukses menjamur dan menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan pengguna smartphone.

Tentunya, hal ini sendiri di dorong oleh para pengguna tiktok atau yang kerap disebut dengan content creator tiktok, yang membagikan video menarik dari akun mereka. Selain itu, saat ini juga tiktok menjadi kiblat dari trend yang terjadi, dan kebanyakan didominasi oleh kalangan remaja saat ini.

Maka dari itu, gak heran jika sekarang kita bisa melihat banyak sekali para pengguna smartphone yang menginstall aplikasi tiktok, dan kemudian membuat akun tiktok untuk sekedar membagikan video, ataupun menikmati video dari para konten kreator tiktok yang ada.

Sebab, didalam tiktok sendiri kita bisa menemukan beragam kategori yang sesuai dengan minat dan ketertarikan pengguna. Jadi, tiktok akan menyesuaikan video video yang muncul sehingga membuat para pengguna betah berlama lama menyaksikan video yang ada.

Walaupun demikian, nyatanya tak sedikit dari para pengguna tiktok yang awalnya sekedar menjadi penoton video yang ada di tiktok, kini berubah haluan menjadi content creator tiktok. Karena memang, untuk menjadi seorang content creator sendiri, tidaklah sulit.

Setidaknya, kamu bisa membagikan video-video yang kamu buat, dengan beragam kategori. Mulai dari dance cover, tutorial, cinematic, aesthetic video, video lucu, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Video TikTok

Cara Membuat Video TikTok
membuat video Tiktok

Sayangnya, tidak semua pengguna atau content creator mengerti tentang bagaimana cara membuat video tiktok yang menarik dan juga mudah untuk fyp dan mendapatkan banyak likes serta jumlah share. Karena memang, untuk hal ini sendiri di pengaruhi oleh beberapa faktor.

Tapi gak masalah kok, karena disini kamu bisa menyimak beberapa poin penting dalam membuat video tiktok, agar mendapatkan kualitas yang baik dan juga hasil yang maksimal. Dengan cara

1. Siapkan Perangkat yang Mendukung untuk Mengambil Video

Hal pertama dan yang paling penting dalam membuat video tiktok adalah equipment atau perangkat. Setidaknya, disini kamu membutuhkan beberapa alat pendukung, yang biasanya digunakan para konten kreator dalam membuat video tiktok. Seperti:

Kamera

Kalau kamu tidak memiliki kamera digital atau DSLR, kamu bisa menggunakan kamera lain yang kamu miliki. Seperti contohnya, kamera ponsel.

Nah, sedikit tips dari mimin ketika membuat video apabila menggunakan kamera ponsel, pastikan kamu merekam video tiktok kamu dengan menggunakan aplikasi kamera bawaan ponsel, atau juga kamera dengan kualitas yang baik.

Jangan rekam video secara langsung dari tiktok, karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas video yang kamu buat. Kecuali, jika kamu menggunakan perangkat iPhone. Tetapi, kalau kamu adalah pengguan Android, kamu gak perlu berkecil hati. Karena kamu bisa menggunakan jenis kamera Google Cam, yang mana memang hasil dari videonya sangat tajam dan bagus.

Lighting

Kemudian yang kedua, pastikan juga kamu menggunakan lighting untuk mempercantik hasil video yang kamu buat. Tidak perlu bingung, kamu bisa membuat softbox atau lampu lightingmu sendiri dengan menggunakan lampu LED dan juga Diffuser yang bisa kamu beli di onlie shop.

Atau, kamu juga bisa kok merekam video dengan kondisi cuaca yang mendukung. Biasanya, waktu paling bagus adalah ketika langit cukup terang dan tidak gelap atau mendung. Karena, kamu bisa memanfaatkan cahaya matahari sebagai lighting.

Tripod

Kemudian untuk equipment yang ketiga, kamu harus setidaknya memiliki tripod. Tidak perlu yang begitu mahal kok, kamu bisa menggunakan tripod standar dengan panjang 30 - 100cm, untuk mendapatkan hasil video yang stabil dan juga bagus.

Selain itu, kamu bisa mengatur angle atau posisi pengambilan video dengan menempatkan tripod pada posisi pengambilan gambar terbaik, agar menghasilkan video yang aesthetic.

2. Pilih Lagu yang Cocok dengan Video

Setelah mempersiapkan alat alat yang ada, kamu bisa mencari trend yang sedang terjadi di tiktok. Biasanya, hal ini bisa kamu temukan di fyp kamu, ataupun dari laman explore atau pencarian. 

Sebab, untuk tiktok sendiri memang mendukung fitur add song dari tiktok itu sendiri, atau juga kamu bisa menggunakan sound kamu pribadi, untuk di upload.

Dengan menggunakan sound yang cocok dan juga sedang trending, maka kemungkinan videomu masuk dalam laman fyp akan semakin besar, dan mendapatkan banyak likes dari penonton.

3. Edit Video yang Sudah di Rekam

Kemudian untuk langkah yang ketiga, kamu bisa melakukan pengeditan video dengan berbagai cara. 

Misalnya, kamu ingin menambahkan teks, maka kamu bisa memilih video yang sudah kamu rekam tadi, lalu klik pada tombol (+) untuk mengupload videomu, lalu tambahkan teks dari tiktok.

Atau, jika kamu adalah seorang yang sangat perfeksionis dan ingin menambahkan efek diluar aplikasi tiktok, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi berikut ini. Seperti

  • VN - Untuk Pengguna Android dan iOS
  • CapCut - Untuk Pengguna Android dan iOS
  • Adobe Premiere Pro - Untuk Pengguna Komputer / Laptop

Silahkan disesuaikan saja dengan perangkat yang kamu gunakan. Jika kamu senang dengan mobilitas yang tinggi, kamu bisa menggunakan VN ataupun CapCut dan aplikasi sejenis. Tetapi, jika kamu memperhatikan detail, kamu bisa menggunakan Adobe Premiere Pro atau aplikasi sejenis.

4. Publish Video dengan Hashtag dan Caption yang Menarik

Dan yang paling terakhir adalah, ketika kamu sudah berhasil untuk membuat video pertama kamu, maka selanjutnya adalah kamu tinggal mempublish video yang kamu rekam dan edit tadi. Caranya, kamu tinggal membuka aplikasi TikTok, lalu klik pada tombol [+] dan setelah itu pilih video yang sudah kamu buat tadi.

Apabila memungkinkan, kamu bisa menggunakan efek dari apliaksi tiktok, ataupun menambahkan sound yang sedang viral, lalu mengatur volume original sound ke paling bawah atau 0, dengan tujuan videomu masuk dalam kategori sound yang lagi viral.

Dan yang terakhir yang paling penting adalah pengguan caption dan juga hashtag. Untuk caption sendiri, kamui bisa menggunakan caption yang cukup unik, dan mungkin menarik perhatian. Dan untuk penggunaan hashtag, kamu bisa menambahkan hastah populer, yang direkomendasikan tiktok, atau banyak digunakan pengguna.

Akhir kata, itulah tadi beberapa cara membuat video tiktok yang bisa kamu coba. Silahkan gunakan salah satu cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Bacaan Lainnya:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!