Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4+ Cara Membuka Blokir di Facebook yang Benar

Bagaimana cara membuka blokir di facebook? Apakah kita bisa melakukan peninjauan atas akun siapa saja yang kita blokir dan kemudian di unblock lagi di facebook?

Bicara tentang sosial media facebook, mungkin sebagian besar dari kita sudah gak lagi asing mendengar hal yang satu ini. Yaps, sosial media yang cukup besar dan terbilang pertama di eranya ini memang memiliki banyak sekali pengguna. Berdiri sejak beberapa tahun lalu, jejaring sosial media facebook suksess membuat para penggunanya memiliki teman baru, dan terhubung dengan pengguna facebook lain melalui jejaring dunia maya.

Sebagaimana kita tau, jejaring sosial media facebook sendiri memang awalnya di develop atau dibuat untuk mencari pertemanan dari jarak jauh. Dimana, dengan menggunakan facebook para penggunanya bisa melakukan interaksi dengan saling add, berkirim chat, mengupdate status lewat tulisan, mengunggah foto ataupun video.

Namun, hal itu memang menjadi sebuah fitur dasar dari para pengguna facebook. Semakin berkembangnya tahun dan juga ilmu pengetahuan, akhirnya para pengguna sudah bisa menggunakan facebook untuk beragam hal. Mulai dari membuat grup facebook, membuat fanspage facebook, bermain game didalam game center facebook, dan juga menjelajah marketplace untuk melakukan kegiatan jual beli produk yang tersedia.

Maka dari itu gak heran jika sampai saat ini masih banyak sekali pengguna yang tak menghapus akun facebook mereka, sekalipun sudah ada jejaring sosial media lain seperti instagram, twitter, dan lain sebagainya. Tapi, hal ini bukan tanpa alasan. Karena memang semenjak diakusisinya facebook oleh instagram, whatsapp, dan juga snapchat, facebook menjadi salah satu inti dari sosial media.

Dimana, para pengguna bisa dengan bebas login ke jejaring sosial media lain dengan menggunakan akun facebook mereka, sehingga lebih mudah untuk melakukan prosess pendaftaran dengan menggunakan akun facebook yang sudah terisi datanya dengan benar.

Sayangnya, tak semua pengguna facebook terbilang ramah. Karena memang saat ini untuk prosess pendafataran ataupun pembuatan akun facebook sendiri sudah terbilang mudah. Alhasil, ada banyak sekali akun akun smurf  / akun fake yang mana digunakan untuk menyebarkan ujaran kebencian melalui sosial media.

Untuk itu, gak sedikit juga pengguna facebook yang memilih memblokir akun akun tersebut, demi menjaga sosial media mereka tetap bersih dari akun akun yang terbilang smurf ataupun sudah tidak aktif dan memang harus diblokir.

Cara Membuka Blokir di Facebook

Cara Membuka Blokir di Facebook
membuka blokir di Facebook

Tapi gak masalah kok, jika mungkin di awal tahun kamu menggunakan facebook kamu juga pernah memblkoir mantan atau teman lama yang agak mengganggu, kamu bisa kembali membuka blokir tersebut dengan mengikuti cara membuka blokir facebook yang akan mimin bagikan berikut ini.

Login ke Facebook

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan login ke akun facebook kamu, yang mana di akun tersebut memang ada pengguna facebook yang kamu blokir sebelumnya. Untuk loginnya sendiri, kamu bisa melalui aplikasi facebook di smartphone, ataupun melalui website yang juga bisa kamu aksess melalui smartphone, ataupun kompute dan juga laptop.

Masuk ke Bagian Profile / Settings

Setelah login, kamu bisa langsung masuk ke bagian profile atau langsung masuk ke bagian setings. Untuk pengguna smartphone, biasanya kamu bisa mengklik pada garis 3 yang ada di pojon kanan atas dan untuk pengguna facebook di komputer ataupun laptop, kamu bisa mengklik pada segitigia kebawah dan klik pada pilihan settings / pengaturan.

Setelah itu, untuk pengguna smartphone, kamu bisa mengklik pada pilihan pengaturan privasi lalu pilih pengaturan. Dan untuk pengguna facebook di komputer atau laptop, kamu bisa mengklik pada icon segitiga tadi, lalu pilih pengaturan privasi > pengaturan 

Masuk ke Bagian Pemblokiran

Setelah masuk ke pengaturan privasi, biasanya kamu akan melihat banyak sekali menu yang bisa kamu aksess untuk masuk kedalam pengaturan privasi akun faceobok kamu. Tetap, karena kita ingin melihat siapa saja yang kita blokir dan ingin kita buka blokirnya, kamu bisa mengklik pada opsi Pemblokiran.

Tenang saja, menu pemblokiran ini biasanya sudah bisa kamu temukan baik di smartphone ataupun di kompute dan juga laptop, dan bisa kamu temukan di bagian privasi yang sudah mimin jelaskan tadi.

Kemudian jika sudah, kamu bisa melihat didalam opsi daftar pengguna terblokir yang mana bisa kamu cek kembali siapa saja yang sudah kamu blokir sebelumnya. Untuk membatalkan blokir atau membuka blokir, kamu bisa mengklik pada opsi batalkan blokir yang biasanya ada di samping nama pengguna facebook yang masuk dalam daftar blokir kamu.

Jika sudah, maka kamu tinggal menunggu beberapa detik atau kamu bisa kembali ke bagian home, untuk kemudian berhasil melakukan unblock pada akun facebook yang kamu blokir sebelumnya.

Lakukan Add Ulang

Barulah di langkah terkahir ini, kamu bisa langsung melakukan peng-add-an ulang atau menambahkan ulang teman yang sebelumnya kamu blokir. Hal ini berlaku jika yang kamu blokir adalah pengguna atau user personal seperti kita. Tapi untuk jenis akun yang berupa fanspage, kamu bisa kembali mengklik pada tombol like untuk sekedar mendapatkan update atapun postingan terbaru dari fanspage yang sebelumnya kamu blokir.

Ada beberapa hal yang perlu kalian catat, ketika mungkin selesai membuka blokir, ternyata akun mereka tidak ditemukan. Yaitu

  1. Cari terlebih dahulu akun yang kamu blokir dengan menggunakan akun facebook lain, atau kamu bisa tidak perlu login, namun hanya mencari namanya di google yang mengarahkan ke laman Facebook.
  2. Pastikan akun yang akan kamu unblock masih aktif, jika pada cara pertama dengan menggunakan akun facebook lain user yang dimaksud tidak ditemukan, bisa jadi pengguna sudah melakukan penghapusan akun facebook permanen.
  3. Jika kamu ingin melakukan unblock tanpa berteman kembali, kamu bisa mengatur privasi untuk tiap posting kamu dengan mengaturnya di khusus untuk teman agar pengguna yang tidak berteman denganmu tidak dapat melihat postingan yang kamu buat.
  4. Ketika pengguna sudah di blokir, mereka tidak akan bisa melihat postingan kamu, kecuali menggunakan akun facebook yang mungkin saja berteman denganmu, atau melihat postingan yang kamu publish.
  5. Pengguna yang terblokir, tidak dapat mengirimkan kamu pesan melalui chat ataupun aplikasi facebook messenger.
  6. Pengguna yang baru saja kamu unblock, akan tetap tidak bisa kamu temukan jika mereka juga memblokir kamu. Jadi pastikan, hanya kamu saja yang memblokir akun facebook mereka.
Selain beberapa poin diatas tadi, untuk pemblokiran facebook sendiri terbilang tidak ada kadaluarsanya. Sehingga, sekalipun kamu memblokir pengguna selama bertahun tahun lamanya, para pengguna yang terblokir tadi tidak akan hilang dari daftar blokir kamu.

Dan itulah tadi beberapa cara membuka blokir di facebook yang bisa kamu coba. Gimana? Apakah sekarang kamu sudah mengetahuinya? Selamat mencoba ya.