Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3+ Cara Membuka Arsip Instagram yang Benar (VALID)

Bagaimana cara membuka arsip Instagram? Apa saja yang harus dilakukan untuk bisa melihat kembali arsip instagram yang sudah dibuat sebelumnya?

Bicara soal instagram, mungkin hampir seluruh pengguna smartphone pada saat ini sudah gak lagi asing dengan salah satu platform social media yang awalnya digunakan untuk membagikan foto dan video saja. Berkembangnya teknologi dan informasi pada saat ini, membuat kita para pengguna sosial media sudah dengan mudah membagikan hal hal menarik dan informatif, ataupun sekedar untuk membuat relasi atau berteman dengan pengguna social media lainnya.

Seperti halnya instagram. Awalnya, sosial media satu ini hanya dipergunakan untuk mereka yang ingin membagikan postingan berupa foto ataupun video untuk kebutuhan pribadi mereka. Namun karena semakin banyak para pengguna instagram, saat ini mereka bisa berinteraksi lebih dengan melakukan saling follow, ataupun membagikan stories dalam bentuk foto ataupun video mereka di instagram.

Gak cuma itu aja kok, gak sedikit juga dari para pengguna instagram sudah mengalihfungsikan akun instagram mereka menjadi tempat menjual produk ataupun jasa yang mereka pasarkan. Maka dari itu, gak heran jika saat ini kita akan banyak menemukan akun instagram bisnis yang memang digunakan untuk sarana menjual produk secara online.

Tapi walaupun demikian, nyatanya saat ini Instagram lebih di dominasi oleh kalangan remaja atau kaum gen z yang mana digunakan untuk membagikan tiap cerita melalui stories instagram, melakukan live streaming atau siaran langsung, dan juga mereka bisa mengarsipkan tiap stories instagram yang mereka bagikan sehinga bisa dilihat kembali jika diinginkan.

Karena memang, instagram stories sendiri memang memiliki ketentuan dimana akan terhapus atau hilang secara otomatis setelah 24 jam atau 1 hari. Hal ini sendiri sebenarnya memang sudah ketentuan dari instagram, yang mana membatasi waktu dari stories yang mereka buat.

Namun kembali pada poin sebelumnya tadi, instagram stories yang nantinya akan hilang secara otomatis ini bisa kamu simpan atau kamu tampilkan dalam bentuk arsip atau highlight yang mana bisa kamu lihat lagi, walaupun sudah terhapus di instagram stories setelah 24 jam.

Dan tentunya, stories yang kamu masukan dalam arsip ini akan tersimpan secara otomatis jika kamu sudah melakukan setting untuk pengarsipan stories setelah stories tersebut hilang. Tapi sayangnya, tidak semua pengguna instagram mengetahui hal ini. Karena memang, kadang ada saja pengguna instagram yang lupa mengatur arsip secara otomatis pada stories yang mereka buat. Jadi, alhasil ketika stories yang dibuat sudah terhapus otomatis, mereka tidak dapat melihatnya kembali.

Cara Membuka Arsip Instagram

Cara Membuka Arsip Instagram
membuka arsip Instagram

Untuk itu, jika mungkin kamu ingin mengetahui cara membuka arsip instagram yang kamu miliki, pada artikel ini mimin sudah merangkum beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melihat ataupun membuka arsip instagram milik kamu sendiri. Caranya

Atur Pengarsipan Stories Instagram secara Otomatis

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah jelas melakukan pengaturan atau setting untuk instagram baik dalam bentuk stories, ataupun post, agar secara otomatis masuk kedalam arsip ketika dihapus. Caranya

  1. Buka aplikasi instagram yang ada di perangkat smartphone kalian masing-masing
  2. Setelah itu, kamu bisa melakukan setting atau pengaturan pada akun, melalui profile > Settings > Account > Archived / arsip
  3. Hidupkan pada opsi arsipkan post dan stories agar secara otomatis tiap stories yang kamu buat dalam bentuk foto ataupun video akan masuk kedalam laman arsip instagram kalian.

Jika sudah berhasil sampai di tahap ini, maka kamu tidak perlu melakukan pengaturan apapun. Hanya saja, untuk beberapa stories yang mungkin belum diarsipkan sebelumnya tidak dapat kamu temukan pada laman arsip instagram.

Buat Stories atau Feed Posts

Setelah berhasil melakukan pengaturan pada feed post dan juga stories untuk aktif dalam pengarsipan otomatis, maka selanjutnya kamu bisa membuat stories ataupun feed post atau postingan instagram biasa dalam bentuk foto ataupun video.

Nah, jika kamu mungkin lupa untuk melakukan pengarsipan otomatis di cara pertama tadi, kamu bisa kok melakukan pengarsipan otomatis pada stories kamu dengan cara berikut ini.

  1. Buka aplikasi instagram di smartphone kalian masing-masing
  2. Setelah itu klik pada tombol (+) atau cerita anda yang ada di bagian atas
  3. Nah, ketika kamu mengklik pada opsi tersebut, kamu akan secara otomatis masuk ke kamera instagram untuk mengambil foto ataupun video
  4. Perhatikan pada bagian pojok kiri atas, biasanya ada icon gear / settings
  5. Klik pada icon tersebut, dan kamu akan diarahkan ke pengaturan stories
  6. Pada pengaturan stories, kamu bisa mengaktifkan opsi arsipkan stories secara otomatis
  7. Dan setelah berhasil mengklik pada opsi tersebut, ketika storiesmu sudah sampai di 24 jam, maka secara otomatis juga stories kamu akan di arsipkan oleh instagram.
Cara ini gak cuma berlaku ketika kamu hendak membuat stories saja, melainkan juga untuk kamu yang membuat feed post. Hanya saja, untuk feed post atau postingan instagram sendiri, kamu bisa melakukannya dengan cara mengklik titik tiga pada bagian atas posting lalu pilih pada arsipkan postingan ini.

Dan secara otomatis, baik stories dan post instagram kamu akan masuk kedalam laman arsip dan bisa kamu buka kapan saja, ataupun untuk sekedar melihatnya kembali.

Masuk ke Profile untuk Melihat Arsip Post / Stories Instagram

Kemudian setelah berhasil melakukan cara pertama dan kedua tadi, maka kamu bisa lanjut untuk melihat arsip dari stories dan post yang kamu buat. Untuk melihat ataupun membuka arsip dari instagram yang sudah kamu buat dari beberapa hari lalu, kamu bisa melakukannya dengan cara yang cukup mudah. Yakni

  1. Masuk ke aplikasi instagram pada smartphone kalian masing-masing
  2. Setelah itu klik pada bagian profile yang biasanya ada di pojok kanan bawah layar instagram
  3. Lalu, klik pada hamburger menu atau menu garis tiga yang ada di pojok kanan atas bagian profile
  4. Setelah itu, kamu bisa memilih pada your activity, atau aktivitas anda
  5. Nantinya, kamu akan diarahkan ke laman baru
  6. Pada laman baru tadi, kamu bisa langsung mengklik pada pilihan postingan yang diarsipkan
  7. Nah, pada laman inilah kamu bisa memilih arsip mana yang ingin kamu lihat. Kamu bisa melihat stories archive / stories yang di arsipkan, dan juga post archive / post yang di arsipkan
Jika sudah menemukan stories atau post yang ingin kamu bagikan ulang, kamu bisa mengklik pada salah satu stories atau post tersebut, lalu pilih reveal on profile / tampilkan ke profile. Namun, cara tadi untuk post instagram biasa. Jika dalam bentuk stories, kamu bisa pilih pada share / add to your stories, dan akan menjadi sebuah post baru yang berupa memories.

Dan itulah tadi beberapa cara membuka arsip instagram yang bisa kamu lakukan baik untuk melihat kembali stories yang pernah kamu buat, ataupun postingan instagram dalam bentuk foto ataupun video yang sudah pernah kamu post. Gimana? Tertarik untuk mencobanya?

Bacaan Lainnya:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!