2+ Cara Membuka Blokir Instagram yang Paling Benar

caracekonline.net | Bagaimana cara membuka blokir instagram? Apakah kita bisa melakukan unblock pada pengguna instagram lewat hp atau juga komputer dan laptop? Bagaimana caranya?

Buat kamu yang saat ini sudah menggunakan smartphone, mungkin ketika mimin mengucap kalimat 'Instagram', tentunya kalian sudah gak lagi asing dengan jejaring sosial media yang satu ini. Yaps, Instagram memang dikenal sebagai salah satu layanan jejaring sosial yang saat ini cukup banyak digunakan oleh pengguna smartphone, terlebih mereka yang masuk dalam kalangan Gen Z, atau bahkan kaum kaum generasi millenial saat ini.

Awal dibentuknya Instgram sendiri memang dikhususkan untuk sekedar mengupload tiap moment yang berupa foto ataupun video. Namun karena perkembangan teknologi yang semakin maju, kini instagram sudah menjadi tempat dimana kamu bisa menemukan banyak teman, membagikan tiap cerita, dan juga melakukan beragam aktivitas di instagram.

Sebab hal ini sendiri di dorong oleh fitur baru yang dikeluarkan instagram. Mulai dari kamu bisa membagikan cerita seperti yang mimin jelaskan diatas karena kamu bisa membagikan momen yang mana akan otomatis terhapus setelah 24 jam, lewat Instagram Stories, yang mana kamu bisa membagikan momen tersebut baik lewat foto ataupun video. Jadi, bisa dibilang post yang kamu bagikan ini sifatnya temporer, dan hanya akan muncul selama waktu 24 jam saja. Dan setelah itu, stories kamu akan hilang.

Tapi gak cuma itu aja kok, semakin kesini juga instagram sudah banyak beralih fungsi yang mana memang menguntungkan pengguna. Seperti contohnya Akun Instagram bisnis yang mana memudahkan para pemilik brand ataupun jualan online untuk membuat akun khusus yang digunakan untuk memberikan respon kepada calon pembeli, ataupun sekedar menjadi identitas bahwa produk yang mereka miliki mempunyai identitas akun instagram yang valid.

Atau jika mungkin para pemilik brand tidak memiliki kanal e-commerce, mereka juga bisa kok menggunakan feed post instagram dari akun bisnis mereka untuk menjual produk yang mana nantinya memudahkan pembeli dan juga distributor dalam melakukan transaksi.

Walaupun demikian, nyatanya tidak sedikit juga kok oknum atau pengguna instagram yang menyalahgunakan jejaring sosial media satu ini untuk hal yang buruk. Mulai dari membuat akun fake untuk menyebarkan ujaran kebencian, yang mana tujuannya untuk menyerang satu individu atau personal, yang kerap dikenal dengan buzzer.

Nah, akun akun seperti ini biasanya akan diarahkan untuk memberikan komentar buruk pada postingan seseorang yang mana bertujuan untuk menjatuhkan nama baik seseorang. Dan jika hal ini terjadi, maka saran mimin adalah kamu harus memblokir akun akun yang sekiranya tidak valid atau tidak memiliki profile yang jelas dan dikenal dengan akun fake.

Namun, kadang ada juga kok pengguna yang mungkin bukan akun fake, tetapi sengaja menggunakan nama atau username yang tidak dikenal. Biasanya, hal ini sendiri dikarenakan oleh beberapa faktor. Alhasil, bisa saja ketika kamu memblokir pengguna tersebut, ternyata orang itu adalah teman dekat atau sahabat kamu.

Cara Membuka Blokir Instagram

Cara Membuka Blokir Instagram
membuka blokir Instagram

Dan jika hal ini terjadi, kamu gak usah panik. Karena, kamu bisa mengikuti beberapa cara membuka blokir instagram, jika mungkin kamu tidak sengaja memblokir pengguna yang sebenarnya adalah pengguna real atau mungkin saja teman kamu.

Cara Membuka Blokir Instagram di HP

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah jelas dari ponsel atau smartphone kalian masing-masing. Baik dari pengguna Android, ataupun iOS. Dan untuk caranya

Langkah1: Buka Instagram

Buka terlebih dahulu aplikasi instagram kalian. Disini, mimin menyarankan kamu sudah menggunakan instagram versi terbaru, yang mana sudah di update dari play store, atau jika kamu menggunakan aplikasi Instagram Mod, kamu bisa mencari tau update terbaru dari instagram mod yang kamu gunakan saat ini.

Langkah2: Login ke Akun Instagram

Jika sudah, maka selanjutnya kamu bisa login ke akun instagram yang kamu miliki. Untuk loginnya sendiri, kamu bisa menggunakan beberapa metode yang berlaku. Mulai dari menggunakan username dan juga password, atau kamu bisa login cepat dengan menggunakan akun facebook jika sudah terhubung sebelumnya.

Langkah3: Masuk ke Profile

Setelah prosess login selesai, kamu akan otomatis diarahkan ke beranda atau laman utama instagram. Namun, untuk membuka blokir pengguna di Instagram, kamu bisa masuk ke laman profile dengan men-tap pada pojok kanan bawah layar instagram.

Setelah masuk ke laman profile, kamu bisa mengklik pada garis tiga yang ada di pojok kanan atas profile instagram kalian lalu pilih options / settings. Setelah itu, kamu bisa memilih pada opsi privacy / privasi untuk masuk ke laman berikutnya.

Di laman privacy / privasi. Kamu akan menemukan banyak sekali menu. Kamu bisa langsung saja memilih menu blocked accounts / akun yang di blokir untuk melihat siapa saja yang kamu blokir di instagram kalian.

Langkah4: Unblock Pengguna

Terakhir, setelah kamu menemukan atau melihat siapa saja yang masuk dalam list blokir akun kamu, Kamu bisa mengklik pada button unblock / batalkan blokir yang mana ada di samping username atau nama pengguna yang kamu blokir tadi.

Dan akhirnya, kamu sudah berhasil untuk membuka blokir pengguna instagram. Sisanya, kamu bisa langsung melakukan follow ulang atau re-follow, untuk kemudian mendapatkan follback atau di ikuti kembali oleh pengguna yang kamu blokir sebelumnya. 

Cara Membuka Blokir Instagram di Komputer / Laptop

Kemudian untuk cara yang kedua, kamu juga bisa kok melakukan unblock atau membatalkan blokir pengguna melalui komputer atau laptop kalian dengan login ke instagram web. Caranya

Langkah1: Buka Browser 

Kamu bisa membuka dan login ke instagram dengan menggunakan situs website nya. Untuk itu, kamu harus membuka browser yang ada di komputer atau laptop kalian. Kamu bisa menggunakan beberapa jenis browser yang direkomendasikan. Mulai dari Google Chrome, ataupun Mozilla Firefox.

Langkah2: Login ke Akun Instagram

Jika sudah, langsung saja kamu bisa mengunjungi situs instagram.com dan kemudian login dengan menggunakan akun instagram kalian masing-masing. Sama kok, kamu juga bisa login cepat dengan menggunakan akun facebook dari instagram web.

Langkah3: Masuk ke Pengaturan

Setelah login, kamu bisa langsung masuk ke pengaturan. Namun, karena memang tampilannya agak berbeda, maka kamu harus merubah view port atau view dari instagram web, menjadi seperti di apps. Caranya

  • Klik kanan pada bagian kosong di instagram (dimana saja) lalu pilih inspect / inspect element
  • Kemudian jika sudah, kamu akan menemukan banyak console coding dibagian bawah
  • Langsung saja klik pada toogle device toolbar atau untuk kamu pengguna google chrome, kamu bisa menggunakan shortcut ctrl + shift + M secara bersamaan
  • Kemudian layar instagram kamu akan mengecil
  • Klik pada menu Dimension : Responsive dan ganti dengan jenis perangkat yang kamu inginkan
  • Jika sudah, refresh laman instagram tadi dengan menekan F5 atau CTRL + R

Setelah itu, barulah kamu bisa masuk ke bagian profile dan klik pada icon gear / setting yang ada di pojok kanan laman profile kalian. Dan masuk ke bagian blocked accounts seperti pada cara sebelumnya.

Langkah4: Unblock Pengguna

Terakhir, kamu tinggal mengklik unblock pada pengguna yang ingin kamu batalkan blokirnya. Dan jangan lupa untuk melakukan follow ulang, untuk kemudian di follback atau ikuti kembali.

Nah, itulah tadi beberapa cara membuka blokir instagram yang bisa kamu coba. Gimana? Sampai sini sudah mengerti kan? Semoga bermanfaat.

Bacaan Lainnya:

Faiz Dawami
Faiz Dawami Hai! Nama saya Faiz Dawami, saya adalah seorang penulis, dan juga seorang pengurus dari banyak Blog yang saya miliki, salah satunya adalah Jadi Tau. Semoga apa apa yang saya tulis di Blog saya, bisa berkenan untuk kalian ya!