4+ Cara Cek Masa Aktif Kartu AS dengan Benar (Update)

Cara Cek Masa Aktif Kartu ASCaracekonline.net | Mungkin cara ini sudah familiar bagi para pengguna kartu AS. Bagaimana tidak, salah satu produk dari perusahaan telekomunikasi di Indonesia yakni Telkomsel sudah banyak digunakan oleh para pengguna ponsel. 

Mengingat Telkomsel terkenal memiliki jangkauan sinyal yang sangat kuat hingga ke daerah pelosok bahkan di daerah pegunungan sekalipun masih bisa terjangkau oleh sinyal Telkomsel.

Dengan alasan inilah semakin banyak orang menggunakan produk Telkomsel terutama kartu AS untuk ponsel mereka. Namun ada beberapa sebagian pengguna Telkomsel yang belum mengetahui cara cek masa aktif kartu mereka terutama kartu AS

Oleh karena itu saya disini akan mencoba berbagi pengetahuan tentang cara cek masa aktif kartu Telkomsel terutama kartu AS. Semoga bermanfaat dan bisa membantu para pengguna kartu AS.

Kartu AS adalah satu-satunya kartu prabayar yang ada di Indonesia sehingga masa aktif kartu AS juga akan berbeda dengan kartu ponsel yang lainnya. 

Masa aktif kartu AS ditentukan oleh penggunaan, bukan dari masa aktif voucher pulsa seperti halnya kartu-kartu yang lainnya. Telkomsel menghadirkan fitur ini pada kartu AS dengan tujuan untuk memberikan kemudahan serta kepraktisan bagi para pelanggan dalam pemakaian dan pengaturan pengeluarannya. 

Sebelum saya menuju ke pokok pembahasan untuk cara cek masa aktif kartu AS, saya akan terlebih dahulu memberikan informasi singkat tentang masa aktif kartu AS. Silahkan simak ulasan berikut ini.
  • Paket perdana kartu AS memiliki periode masa aktif selama 30 hari, terhitung saat pelanggan mulai mengaktifkan paket perdana kartu AS. Serta akan memiliki masa tenggang selama 30 hari
  • Masa aktif kartu AS tidak bergantung pada besar kecilnya pengisian pulsa seperti kartu lainnya. Akan tetapi tergantung pemakaiannya. Sebagai contoh apabila pelanggan telah melakukan telpon atau SMS minimal sekali dalam periode 30 hari setelah pengaktifan kartu perdana, maka kartu AS anda akan aktif terus tanpa perlu isi ulang.
  • Apabila pada periode 30 hari pelanggan tidak melakukan telpon ataupun sms minimal sekali maka sisa pulsa pada akhir masa aktif tetap utuh. Akan tetapi apabila setelah melewati batas akhir masa aktif dan tetap tidak melakukan isi pulsa maka kartu AS anda hanya bisa digunakan untuk menerima SMS dan panggilan suara saja
  • Pengisian pulsa pada periode masa aktif tidak akan menambah masa aktif kartu AS anda. Kartu AS anda akan terus aktif apabila terus digunakan.
  • Pengisian pulsa pada masa tenggang akan menambah masa aktif selama 30 hari terhitung sejak pulsa diisikan.
Setelah saya menjelaskan tentang masa aktif kartu AS, selanjutnya saya akan menjelaskan tentang cara cek masa aktif kartu AS.

Cara Cek Masa Aktif Kartu AS

Cara Cek Masa Aktif Kartu AS
Img by: Freepik.com

1. Cek Masa Aktif Kartu As melalui USSD

Melalui USSD, cukup tekan *888# kemudian tekan PANGGIL atau CALL kemudian tunggu beberapa saat maka akan muncul informasi mengenai sisa kredit pulsa, masa aktif dan total penggunaan pulsa selama masa aktif

2. Cek Masa Aktif Kartu AS melalui Panggilan Suara

Melalui panggilan suara, buka menu telepon dan tekan 888 kemudian tekan PANGGIL atau CALL kemudian ketik angka 2.

Setelah itu maka anda akan mendengarkan informasi tentang masa aktif kartu AS anda.

3. Cek Masa Aktif Kartu AS Pakai MyTelkomsel

Seperti yang sudah diketahui, bahwa kartu As merupakan salah satu produk dari Telkomsel. Oleh karena itu, untuk cara cek masa aktif kartu as via internet bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel. 

Berikut panduan yang bisa diterapkan:
  • Unduh aplikasi MyTelkomsel secara resmi di Playstore.
  • Input angka telepon, lalu ikuti petunjuk yang tercantum pada layar.
  • Setelah proses verifikasi sudah disetujui, maka aplikasi siap untuk digunakan.
Pada aplikasi MyTelkomsel, masa aktif kartu bisa dilihat di bagian tombol ‘Home’. 

Lihatlah pada bagian nama pengguna kartu yang tertera, di situ ada nominal sisa pulsa yang tersisa serta masa aktif kartu. Jangan tertukar dengan tanggal yang tertera di bagian sisa kuota internet. Sebab, tanggal tersebut adalah masa berlaku paket data bukan kartu.

4. Cek Masa Aktif Kartu AS Pakai Asisten Virtual Telkomsel

Cara cek masa aktif kartu as yang satu ini terbilang sangat baru dan mungkin belum ada provider lain yang menerapkannya. 

Pengecekan menggunakan asisten virtual Telkomsel sangat direkomendasikan bagi seseorang yang mungkin tidak lagi memiliki space memori untuk download aplikasi. Caranya pun sangat mudah, yaitu:

A. Kunjungi akun resmi milik Telkomsel pada kanal berikut ini:
B. Ketikkan kata ‘Hai’ pada kolom percakapan.
C. Lanjutkan dengan mengetikkan kata ‘Cek Pulsa’.

Tunggu selama beberapa saat sampai asisten virtual Telkomsel mengirimkan informasi mengenai sisa pulsa dan masa aktif nomor. Langkah ini juga bisa diterapkan pada aplikasi MyTelkomsel yang sudah diunduh dengan cara:
  • Buka aplikasi MyTelkomsel, klik bagian ‘Menu’.
  • Pada bagian Help Center, klik pada tombol ‘Chat with Veronika’.
  • Ketik ‘Cek Pulsa’ dan tunggu balasannya.
Demikianlah ulasan singkat saya mengenai cara cek beserta penjelasan tentang masa aktif kartu AS. Semoga bermanfaat bagi para pengguna kartu AS.

Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.