3+ Cara Cek Masa Aktif Kartu Indosat dengan Benar (Update)

Cara Cek Masa Aktif Kartu Indosat Caracekonline.net | Cara cek masa aktif kartu Indosat, mungkin cara ini sudah banyak diketahui oleh para pengguna kartu Indosat baik itu Mentari, IM3, Matrix ataupun StarOne. 

Meskipun mungkin sudah banyak orang yang tahu, tetapi saya disini akan coba menjelaskan lebih lanjut mengingat pentingnya masa aktif bagi kartu hp anda.

Karena meskipun saldo pulsa anda melimpah akan tetapi kalau masa aktifnya sudah habis maka tetap saja kartu anda tidak akan bisa digunakan. 

Untuk lebih lanjutnya silahkan simak beberapa ulasan tentang cara cek masa aktif kartu indosat berikut ini.

Pada umumnya setiap perusahaan telekomunikasi mempunyai peraturan tersendiri tentang masa aktif, dan berbeda-beda tiap perusahaan. 

Namun kami disini akan membahas tentang kartu Indosat saja. Untuk kartu indosat, setiap mengisi pulsa sejumlah 5.000 maka masa aktif anda akan bertambah selama seminggu, dan apabila mengisi pulsa sejumlah 10.000 maka masa aktif anda akan bertambah selama dua minggu. 

Semakin besar anda mengisi pulsa maka semakin panjang juga masa aktif kartu Indosat anda. Masa aktif kartu adalah hal yang sangat penting bagi kartu Indosat anda. 

Apabila masa aktif sudah habis dan tidak segera dilakukan penambahan maka kartu anda akan memasuki masa tenggang dan akan hangus apabila sudah melewati masa tenggang sehingga kartu Indosat anda tidak akan bisa digunakan lagi seterusnya.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Indosat

Cara Cek Masa Aktif Kartu Indosat
Img by: Freepik.com

Minimal Anda bisa menggunakan 3 cara cek masa aktif kartu indosat. Pertama dengan cara dial up atau memanggil menggunakan kode nomor. Kedua dengan menggunakan aplikasi. Dan yang ketiga menggunakan SMS kepada operator. 

Semua cara ini bisa dilakukan secara mandiri. Tapi untuk cara kedua, harus menggunakan smartphone karena tidak bisa diaplikasikan pada gawai tanpa koneksi internet.

1. Cek Masa Aktif Indosat via Dial Up

Cara pertama bisa melalui panggilan. Untuk mengecek menggunakan panggilan langsung, ketikkan *123# lalu tekan Panggil/Call

Tak lama kemudian, layar gawai akan menunjukkan sisa pulsa dalam kartu dan masa aktifnya. Jika ternyata sudah masuk masa tenggang, maka akan ada pemberitahuan bahwa kartu tersebut sudah tidak aktif dan masuk masa tenggang.

2. Cek Masa Aktif Indosat Menggunakan Aplikasi

Untuk cek masa aktif kartu indosat menggunakan aplikasi My Im3 Ooredoo, pengguna harus memasangnya terlebih dahulu di smartphone dengan mengunduhnya melalui aplikasi Play Store pada android. 

Setelah terpasang sempurna, pastikan bisa login dengan akun yang sudah dibuat menggunakan nomor Indosat dan kata kunci. Di beranda ada pemberitahuan jumlah pulsa dan masa aktif kartu.

3. Cek Masa Aktif Kartu Indosat lewat Portal Bantuan Indosat

Jika dua cara di atas sulit diaplikasikan, masih ada cara cek masa aktif kartu yang ketiga. Dengan membuka portal bantuan di situs resmi Indosat melalui care.indosatooredoo.com kemudian Login. Di sana pengguna bisa meminta bantuan operator untuk memberitahu detil info kartunya.

Jangan khawatir jika nomor Indosat Anda tiba-tiba tidak bisa digunakan untuk menelepon, berkirim SMS, atau mengirimkan data saat sinyal baik. Mungkin hanya masa aktifnya yang berakhir dan sedang masuk masa tenggang. Ketiga cara cek masa aktif kartu indosat di atas bisa dilakukan secara mendiri di rumah.

Namun jika ternyata nomor yang sedang dicek sudah kehabisan masa tenggang, maka tidak ada yang bisa silakukan oleh pengguna. Operator hanya akan membantu untuk me-nonaktif-kan nomor tersebut. Jika pengguna ingin memesannya kembali, bisa dilakukan pemesanan nomor yang sama namun dengan biaya yang lebih mahal dibanding dengan cara cek masa aktif kartu indosat di atas.

Cara Menambah Masa Aktif Kartu Indosat

Disini saya tidak hanya menjelaskan tentang cara cek masa aktif kartu Indosat saja. Akan tetapi saya juga akan coba menjelaskan tentang cara menambah masa aktif kartu selain dengan cara isi ulang tentunya. Untuk mengetahuinya silahkan simak ulasan berikut.

Untuk menambah masa aktif kartu Indosat ada berbagai macam cara, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Dengan cara menukar pulsa dengan masa aktif untuk kartu IM3. Caranya adalah sebagai berikut:

Ketikkan :
  • Aktif3 kirim ke 555 untuk menambah masa aktif 3 hari dengan biaya Rp. 2.000,-
  • Aktif14 kirim ke 555 untuk menambah masa aktif 14 hari dengan biaya Rp. 5.000,-
  • Aktif30 kirim ke 555 untuk menambah masa aktif 30 hari dengan biaya Rp. 10.000,-
2. Dengan cara menukar poin senyum untuk kartu Mentari

Untuk cara kedua ini anda harus punya poin terlebih dahulu, jika belum silahkan daftar dulu ke *888#, kemudian pilih nomer 9 dan ikuti petunjuk berikutnya. Setelah itu anda pasti akan bertanya, bagaimana cara menukarnya ? tenang saja saya disini juga akan menjelaskannya. Yaitu dengan cara:
  • Ketik MA 250 kirim ke 7887 maka masa aktif akan bertambah satu minggu
  • Ketik MA 500 kirim ke 7887 maka masa aktif akan bertambah satu minggu
  • Ketik MA 750 kirim ke 7887 maka masa aktif akan bertambah satu minggu
Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.