3+ Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren dengan Benar (Update)

Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren caracekonline.net | Saat ini dianggap sebagai rajanya provider CDMA di Indonesia. Ya, Smartfren smartfren yang memiliki nama lengkap PT Smartfren Telecom Tbk, atau yang dahulu pernah menjadi dua perusahaan sebagai Smart (PT Smart Telecom Tbk) serta Fren (PT Mobile-8 Telecom Tbk) merupakan jasa operator penyedia jaringan telekomunikasi yang masih berbasis teknologi CDMA.

Jadi harap bedakan dengan jaringan GSM seperti milik Telkomsel dan Indosat serta beberapa operator lain. 

Smartfren saat ini sudah menyediakan layanan 4G dan juga memiliki teknologi EV-DO yakni sebuah jaringan mobile broadband diklaim sudah setara dengan 3G untuk CDMA. 

Sementara 4G LTE Advanced juga sudah dimiliki Smartfren yang menjadi pengembangan lanjutan dari 4G.

Awalnya Smartfren menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang mampu menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. A karena pada umumnya operator yang beredar adalah GSM. 

Selain itu prestasi lain Smartfren adalah menjadi perusahaan pertama di dunia yang menyediakan layanan CDMA EV-DO Rev. B yang juga dianggap sudah setara dengan 3,5G pada GSM dengan kemampuan kecepatan download sampai dengan 14,7 Mbps. 

Smartfren mengembangkan layanan ini bersama Qualcomm yang bertindak sebagai penyedia infrastruktur serta operator resmi CDMA. Kabar terbarunya tepat pada 19 Agustus 2015, Smartfren juga secara resmi telah meluncurkan produknya yang bernama Smartfren 4G LTE-Advanced, ini menjadikannya sebagai operator seluler pertama di Indonesia yang sudah menggunakan teknologi 4G LTE Advanced super cepat. 

Jaringan internet ini dikenal dengan 4.5G, Smartfren mengklaim kecepatan mengunduhnya bisa mencapai 300 Mbps.

Pengguna Smartfren baru tentu harus memahami bagaimana cara melakukan monitoring tentang kartunya. Salah satunya adalh mengetahui masa aktif karena banyak orang yang lupa bahwa masa aktif kartunya tinggal sebentar lagi. Cara untuk ini cukup mudah, dengan beberapa cara diantaranya adalah:

Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren

Cara Cek Masa Aktif Kartu Smartfren
Img by: Freepik.com

1. Cek Masa Aktif Kartu Smartfren via SMS

Cara pertama yang bisa dilakukan sebagai langkah pengecekan adalah dengan menggunakan SMS. Selain dapat mengetahui masa aktif, cara ini memungkinkan Anda untuk mengetahui jumlah pulsa yang tersedia.

Layanan ini sangatlah mudah dan cepat untuk dilakukan. Anda bisa melakukannya kapan saja dan sepenuhnya gratis karena tidak membutuhkan pulsa. Berikut adalah langkah-langkah pengecekan yang harus Anda ikuti:
  • Anda dapat membuka menu SMS yang terdapat pada ponsel.
  • Ketiklah tulisan “CEK” pada layar kemudian kirim ke 999.
  • Cara cek masa aktif kartu smartfren Anda ini harus menunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi dari Smartfren.

2. Cek Masa Aktif Kartu Smartfren via DialUp

Menggunakan panggilan telepon adalah cara mengecek masa aktif yang paling sering dilakukan oleh pelanggannya. Cara ini sangat mdah dilakukan, Anda bisa ikuti langkah-langkah yang dijelaskan pada artikel berikut:
  • Tekan tombol dial-up pada ponsel Anda.
  • Ketiklah kode *999# pada papan tombol lalu lakukan panggilan telepon.
  • Nantikanlah selama beberapa waktu hingga muncul notifikasi dari Smartfren tentang masa aktif kartu Anda.
Cara cek masa aktif kartu Smartfren dengan menggunakan panggilan telepon selain mudah juga memiliki banyak keuntungan. 

Selain bisa mengetahui masa aktif kartu, Anda juga mendapatkan informasi mengenai nomor ponsel yang digunakan dan jumlah pulsa yang tersisa. 

Pengecekan yang Anda lakukan bisa dilakukan kapan saja karena sepenuhnya gratis dan tidak membutuhkan kuota internet.

Cek Masa Aktif Kartu Smartfren via IVR (Menu Suara) Cara yang terakhir merupakan cara yang cukup unik yakni melalui fitur Menu Suara (IVR), dimana Anda hanya cukup menekan angka 999 pada ponsel, dan dengarkan suara keterangan sisa pulsa dan masa aktif kartu.

3. Cek Masa Aktif Kartu Smartfren Melalui Website

Agar bisa melakukan pengecekan melalui website, Anda harus memiliki akun MySmartfren untuk login. Agar memahami caranya, ikutilah panduan mengenai pengecekan berikut ini:

  • Melalui browser, silahkan masuk ke https://my.smartfren.com. Kemudian masuklah menggunakan username dan password. Jikalau Anda belum memiliki akun pada situs ini, maka silahkan untuk melakukan pendaftaran akun dengan klik “Daftar’. Setelah pendaftaran yang Anda berhasil, Silahkan langsung login dan masuk ke menu utama.
  • Setelah masuk ke menu utama, maka Anda akan memperoleh berbagai macam informasi. Informasi tersebut antara lain seperti masa aktif kartu, jumlah kuota internet, serta jumlah pulsa yang tersisa pada kartu Smartfren Anda.
Tiga cara cek masa aktif kartu Smartfren ini bisa dilakukan dengan mudah dan memungkinkan Anda untuk melakukannya kapan saja. Kelebihannya adalah Anda juga tidak perlu mengunduh aplikasi apapun untuk melakukan pengecekan.

Demikian cukup simple dan mudahnya cara untuk mengecek masa aktif kartu smartfren. Anda juga perlu untuk membaca artikel kaitan dibawah ini sebagai bahan referensi:

Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.