4+ Cara Cek Masa Aktif Kartu Simpati dengan Benar (Update)

Cara Cek Masa Aktif Kartu Simpati - Caracekonline.net | Mungkin banyak orang yang tidak asing lagi dengan cara cek masa aktif kartu Simpati. Karena salah satu produk dari Telkomsel yakni kartu Simpati ini sudah banyak digunakan oleh para pengguna ponsel.

Banyak orang beralasan mereka memilih kartu Simpati ini dikarenakan jangkauan sinyalnya yang sangat luas bahkan hingga ke pelosok tanah air pun kita masih bisa mendapatkan jangkauan sinyal Simpati

Sehingga banyak orang yang tinggal di pelosok daerah ataupun dipegunungan yang menggunakan kartu Simpati, dimana kartu lainnya tidak bisa menjangkau daerah tersebut.

Berbeda dengan kartu AS, kartu Simpati ini memiliki masa aktif seperti halnya kartu yang lainnya. Untuk kartu perdana Simpati memiliki masa aktif selama 30 hari dan masa tenggang selama 30 hari terhitung saat pelanggan mulai mengaktifkan kartu perdana.

Untuk tiap isi ulang pertambahan masa aktif kartu Simpati akan berbeda-beda tergantung besar kecilnya anda melakukan isi ulang pulsa. Setiap pembelian pulsa sebesar 5.000 maka masa aktif kartu anda akan bertambah selama 7 hari, sedangkan untuk pembelian sebesar 10.000 maka akan bertambah selama 15 hari. 

Dengan kata lain semakin besar anda isi ulang pulsa maka semakin lama pula masa aktif kartu Simpati anda. Mengingat masa aktif sangatlah penting untuk kartu Simpati anda, maka diulasan selanjutnya saya akan membahas tentang cara cek masa aktif kartu Simpati.

Cara Cek Masa Aktif Kartu Simpati

Cara Cek Masa Aktif Kartu Simpati
Img by: Freepik.com

Ada banyak cara cek masa aktif kartu simpati yang mudah dilakukan mandiri. Pertama melalui menu panggilan yang ada di menu semua gawai. Kedua dengan memanfaatkan aplikasi My Telkomsel yang bisa diunduh dan dipasang secara gratis pada smartphone. Dan yang ketiga melalui asisten virtual yang tersedia di beberapa kanal sekaligus.

1. Cek Masa Aktif Kartu Simpati lewat Dial Up

Sekarang jauh lebih mudah untuk mengecek nomor. Jadi jika seorang pengguna Simpati ingin mengecek masa aktif kartunya, apakah masih aktif atau sudah masa tenggang hanya perlu mengecek langsung melalui gawai. Tidak perlu datang ke GraPari atau kantor layanan telkomsel lainnya.

Cara paling mudah untuk mengecek keaktifan nomor telkomsel adalah melalui menu panggilan yang ada di semua tipe gawai. Begini cara cek masa aktif kartu simpati: 

  • Buka menu Panggilan atau Telepon yang menampilkan nomor. 
  • Kemudian tekan *888# dan tekan tombol panggil/OK/dial/yes

Setelah menunggu beberapa detik, layar akan menunjukkan info detil mengenai masa aktif nomor tersebut. Termasuk info mengenai masa tenggang jika kartu sudah tidak aktif.

2. Cek Masa Aktif Kartu Simpati lewat Aplikasi My Telkomsel

Cara mudah kedua adalah mengeceknya melalui aplikasi My Telkomsel. Sayangnya cara ini hanya bisa diaplikasikan pada smartphone. Tidak berlaku pada gawai tanpa koneksi internet. 

Caranya, login ke aplikasi My Telkomsel dengan menggunakan nomor telkomsel. Baik Simpati maupun As. Jika belum punya aplikasi ini, bisa diakses melalui Play Store secara gratis. 

Setelah login, di beranda aplikasi tersedia info dasar mengenai kartu yang digunakan.

3. Cek Masa Aktif Kartu Simpati Via Virtual Assistant

Ketiga, cara cek masa aktif kartu simpati bisa melalui asisten virtual. Asisten ini bisa dijumpai melalui berbagai aplikasi yang umum digunakan saat ini: Facebook, Line, Telegram, dan WhatsApp. 

Manfaatkan nomor +62 811-1111-1111 untuk minta bantuan operator dengan menyimpannya di kontak. Kemudian melakukan chat dengan kalimat “check credit balance”.

4. Cek Masa Aktif Kartu Simpati melalui Telepon

Melalui panggilan telepon, yakni dengan cara menekan 888 kemudian pilih OK/YES setelah itu anda akan mendengarkan banyak pilihan menu. Namun untuk cek masa aktif anda harus menekan angka 2. Barulah anda akan mendengarkan rincian masa aktif serta sisa pulsa kartu Simpati anda.

Namun jika ternyata cara cek masa aktif kartu simpati di atas tidak menunjukkan info seperti yang diharapkan, maka sebaiknya segera datangi kantor layanan terdekat. Umumnya GraPari memiliki sistem pengecekan menggunakan mesin yang lebih akurat berdasarkan data identitas pemiliknya.

Cara Menambah Masa Aktif Kartu Simpati

Apabila anda mempunyai banyak pulsa akan tetapi masa aktif kartu Simpati anda hampir berakhir anda tidak perlu khawatir. Karena kita bisa menambah masa aktif kartu Simpati tanpa melakukan isi ulang. 

Yaitu dengan cara menukar pulsa kita dengan masa aktif. Untuk bisa melakukan hal tersebut pihak Telkomsel mempunyai syarat dan ketentuan yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kartu Simpati harus berada pada masa aktif ( bukan berada pada masa tenggang).
  • Biaya masa aktif selama satu hari sebesar Rp. 1.000,-.
  • Minimal pulsa setelah melakukan pembelian masa aktif harus lebih dari Rp.1,- 
Setelah semua syarat dan ketentuan tersebut sudah terpenuhi maka kini saatnya anda melakukan penukaran pulsa dengan masa aktif. Yakni dengan cara:
  • Ketik *858# kemudian pilih OK/YES
  • Kemudian pilih nomer
  • Terakhir, pilih nomer 1 untuk menyetujui. Kemudian tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi transaksi sukses. Maka masa aktif anda akan segera bertambah.
Demikianlah sedikit ulasan saya tentang cara cek dan cara menambah masa aktif kartu Simpati anda. Semoga berguna bagi para pembaca blog ini, terutama para pengguna kartu Simpati.

Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.