5+ Cara Cek Pulsa Smartfren yang Paling Benar

www.caracekonline.net || Saat ini semua orang dapat mengecek sisa pulsa yang dimiliki dengan gampang di mana saja, termasuk Smartfren. Namun, sering kali masih ada di antara mereka belum tahu bagaimana cara cek pulsa Smartfren dengan mudah.

Smartfren atau dengan nama resminya adalah PT Smartfren Telecom Tbk dahulu sempat dikenal sebagai gabungan Smart dari PT Smart Telecom Tbk serta Fren dari PT Mobile-8 Telecom Tbk merupakan sebuah layanan operator penyedia jasa telekomunikasi yang berbasis dengan teknologi CDMA serta teknologi EV-DO yakni sebuah jaringan mobile broadband yang dianggap sama dengan jaringan 3G.

Saat ini jasa dan layanan smartfren diklaim memiliki nilai-nilai (values) yaitu bertindak sebagai mitra yang memberikan layanan terbaik untuk seluruh pelanggan dengan menawarkan solusi cerdas khususnya pada layanan-layanan telekomunikasi guna peningkatan pengalaman hidup pelanggan dalam aktivitas komunikasi jarak jauh.

Di Indonesia sendiri Smartfren adalah provider berbasis CDMA yang paling laris meski tetap saja lebih banyak pengguna GSM. 

Nah, apakah kamu salah satu pengguna kartu Smartfren CDMA? Mungkin beberapa dari kamu masih belum memahami apa itu CDMA dan apa itu GSM. Tetapi pada intinya adalah kedua jaringan tersebut sama untuk melakukan komunikasi seperti telepon, SMS dan layanan jaringan internet. Sayangnya Smartfren untuk saat ini masih dalam tahap pengembangan untuk jaringan ke seluruh pelosok Indonesia. Jadi jangan heran bila di kota kamu layanan Smartfren bisa bagus, namun untuk daerah tertentu masih belum terjangkau.

Cara Cek Pulsa Smartfren

Cara Cek Pulsa Smartfren
Img by: Freepik.com

Kali ini untuk kamu yang baru menggunakan layanan Smartfren dan masih bingung bagaimana cara melakukan cek pulsa, sebenarnya tidak ada bedanya dengan layanan kartu GSM. Berikut kami berikan ulasannya:

Cek Pulsa Smartfren Lewat Dial Up

Metode pertama, kamu dapat dengan mudah melihat sisa pulsa melalui dial up tanpa perlu koneksi internet. Pelanggan hanya perlu membuka aplikasi Telepon dan memasukkan kode dari Smartfren, yaitu *999#. Setelah itu, kamu perlu menekan tombol Call dan semua informasi pun akan tampil di layar. 
Jika bingung, ikuti langkah berikut:
  • Buka menu Telepon di ponselmu.
  • Ketikkan *999# 
  • Tekan tombol Panggil/Call/Telepon
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul sisa pulsa Smartfren kamu.

Cek Pulsa Smartfren via SMS

Berikutnya, cukup dengan SMS tanpa memerlukan aplikasi tambahan lagi. Nomor tujuan untuk mengirim pesan pun sama seperti saat melakukan telepon, yaitu 999 dengan format pesannya adalah CEK. Masih bingung? Tenang, begini langkahnya:
  • Buka menu Pesan/SMS di ponsel kamu.
  • Ketik isi pesan: CEK
  • Kirim pesan ke nomor: 999
  • Setelah pesan terkirim, tunggu beberapa saat hingga ada balasan pesan masuk berisi sisa pulsa Smartfren kamu.

Cek Pulsa Smartfren dengan Telepon Operator

Selanjutnya, sisa saldo dapat diketahui melalui panggilan dengan operator Smartfren. Namun, tidak perlu khawatir jika pulsa akan ikut terpotong saat melakukan panggilan karena tidak dipungut biaya. 

Cukup dengan menelepon ke nomor 999, saat sudah tersambung tunggu hingga terdengar suara operator. Barulah setelah itu tekan nomor 1 pada bagian keyboard dan dengarkan baik-baik saldo yang tersisa.

Cek Pulsa Smartfren dengan Aplikasi

Metode lainnya, kamu dapat melihat sisa pulsa yang ada di aplikasi MySmartfren. Ada banyak informasi selain pulsa bisa didapat pelanggannya cukup melalui aplikasi ini. 

Kamu cukup mengunduhnya, kemudian mendaftar dengan nomor Smartfren yang akan dicek. Nantinya semua informasi terkait kartu akan ada ditampilkan di bagian awal dari MySmartfren. 
Langkahnya:
  • Download dan Install aplikasi MySmartfren di Google Play.
  • Setelah terinstal, buka dan jalankan aplikasinya.
  • Daftar dan registrasi dengan nomor smartfren kamu.
  • Setelah memiliki akun di MySmartfren, Login-lah dan kamu akan langsung mengetahui sisa pulsa Smartfren milikmu.

Cek Pulsa Smartfren Melalui Website

Terakhir, kamu bisa mengecek saldo yang tersisa melalui website di my.smartfren.com. Tidak hanya diperuntukkan ponsel saja, website tersebut juga bisa dibuka di PC ataupun laptop. Caranya masukkan email juga lengkap bersama kata sandi untuk masuk dan melihat saldo yang tersisa pada laman Home dari website.
Langkahnya:
  • Buka dan kunjungi website https://my.smartfren.com
  • Jiak belum punya akun, klik tombol Daftar
  • Lakukan registrasi, isi formulir sesuai identitas data diri kamu.
  • Setelah punya akun, klik tombol Login
  • Nah, setelah berhasil Login atau masuk ke website tersebut kamu akan langsung tahu berapa sisa jumlah pulsa yang kamu miliki saat ini. 
Beberapa cara tersebut mudah dan hampir tidak ada bedanya dengan cek pulsa kartu GSM. Untuk itu, maka kamu layak untuk mencobanya dirumah.

Disarankan:

Cara Cek Pulsa 3
Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.