12+ Cara Cek Laptop Bekas dengan Benar (Update)

Cara Cek Laptop Bekas - caracekonline.net | Pembelian laptop bekas bisa jadi salah satu solusi anda ketika anda benar-benar ingin membeli sebuah laptop namun dengan harga yang murah atau hanya untuk dipakai anak anda belajar komputer. Membeli laptop bekas memang harganya lebih murah jika dibandingkan dengan membeli laptop baru, ini tentunya bisa meminimalisir pengeluaran anda.

Namun terdapat banyak sekali kekurangannya jika anda membeli laptop bekas, terutama dari segi kualitas laptop. Bagaimana pun kondisi laptop bekas pakai akan sangat berbeda dengan laptop baru, tergantung dari perawatan pengguna laptop sebelumnya. Maka dari itu kita harus pintar-pintar memilih jika ingin membeli laptop bekas.


Banyak sekali teman, saudara, dan kerabat yang mengeluhkan kondisi laptopnya karena mereka membeli laptop bekas. Hal ini bisa dikarenakan tidak semua orang tahu tentang kodisi laptop yang dibelinya. 

Jelas akan berbeda jika anda pintar dalam mengecek kondisi laptop, hal ini justru akan menguntungkan karena disamping harganya yang murah anda juga bisa mendapatkan laptop dengan kualitas yang tidak kalah bagus dibandingkan dengan laptop baru. 

Untuk itu penting sekali bagi anda untuk mengetahui cara cek laptop bekas sebelum anda membelinya.

Saya sebagai penulis akan mencoba membantu teman-teman untuk sedikit berbagi tips mengenai cara cek laptop bekas. Untuk itu silahkan simak ulasan yang berikut ini.

Cara Cek Laptop Bekas

1. Cek Kondisi Hard Disk Laptop

Untuk memeriksa kondisi hard disk laptop bakas, Anda harus install softwer HD Tune terlebih dahulu. 
Setelah selesai install, buka dan masuk ke tab menu "Health" untuk memeriksa kondisi hard disk pada laptop. selanjutnya Anda perlu masuk ke tab "Error Scan". 

Agar hasil scanning lebih valid, jangan klik centang "Quick Scan", tapi Klik "Scan" dan tunggu hasilnya beberapa saat. Jika hasilnya menunjukkan hijau semua, itu bertanda kondisinya sehat.

2. Cek Kinerja Laptop

Laptop yang sudah pernah digunakan dapat menyebabkan menurunnya kinerja software sebagai sistem operasi, hard disk, RAM dan lainnya. 

Maka ketika membeli laptop bekas, Anda perlu mengecek kinerjanya. 

Cara melakukannya dengan mencoba menjalankan beberapa aplikasi pada laptop. Kemudian perhatikan apakah aplikasi bekerja sebagaimana mestinya.

3. Cek Fungsi Keyboard Laptop

Cara cek laptop bekas selanjutnya, yaitu memastikan fungsi keyboard pada laptop. 

Pertama, Anda harus download software pihak ketiga, yaitu "Keyboard Tester Portable", kemudian buka. 

Setelah software terbuka, tekanlah tombol keyboard untuk pengecekan satu persatu. 

Jika muncul warna hijau, menandakan tombol keyboard masih bagus, jika merah menandakan tombol bermasalah. Sedangkan warna kuning, khusus untuk tombol "FN".

4. Cek Kondisi Layar Monitor Laptop

Cara mengecek kondisi layar monitor bekas yang akan Anda beli, yaitu menggunakan software "Monitor Tester". Download software untuk cek monitor tersebut kemudian lakukan install. 

Setelah peng-install-an sudah selesai, buka dan jalankan software. Software ini akan bekerja mendeteksi monitor laptop apakah terdapat pixel pada monitor yang rusak atau tidak.

5. Cek Segel Sekrup Pada Laptop

Cara cek laptop bekas berikutnya, yaitu mengecek semua segel yang menjaga lubang sekrup. Anda pastikan apakah segel pada lubang sekrup masih utuh atau tidak. 

Jika segel masih utuh, artinya laptop tersebut belum pernah dibongkar. 

Sebaliknya, jika segel sudah terbuka semua, Anda perlu klarifikasi dari sang pemilik laptop apakah laptop pernah dibongkar atau tidak.

6. Cek Kecocokan Spesifikasi Laptop

Hal yang juga penting dilakukan dalam cara cek laptop bekas, yaitu mengecek kecocokan spesifikasi laptop. 

Melalui "dxdiag", Anda bisa mengecek RAM, hardisk, processor, graphic card dan lainnya. 

Caranya, klik "Start" kemudian ketik "dxdiag", lalu tekan enter. Beberapa saat kemudian akan muncul jendela windows dengan informasi spesifikasi laptop bekas tersebut. 

7. Perhatikan Branded/Merk

Meskipun anda memutuskan untuk membeli laptop bekas, bukan berarti anda juga mengesampingkan branded untuk mendapatkan harga murah. 

Jadi pastikan anda membeli laptop bekas dari branded yang ternama dan terkenal serta sudah memiliki reputasi yang baik.

8. Cek Kondisi Fisik Laptop 

Cara yang selanjutnya adalah dengan mengecek kondisi fisiknya. Meskipun biasanya laptop bekas secara fisik mempunyai beberapa goresan, namun anda harus lebih memperhatikan lagi pada bagian sisi pojok laptop apakah mempunyai cacat akibat benturan ataukah tidak.

Selanjutnya cek apakah laptop sudah pernah dibongkar ataukah belum, untuk melihatnya pertahatikan kondisi mur yang berada pada bagian bawah laptop. 

Anda juga harus menanyakan apakah hardware laptop pernah diganti sebelumnya, karena hal ini bisa mempengaruhi kondisi laptop tersebut.

9. Cek Speaker Laptop 

Meskipun speaker tidak mempengaruhi kinerja lapto, namun akan lebih baik lagi jika kondisi speaker dari laptop tersebut masih dalam keadaan bagus. 

Maka dari itu sebelum membeli laptop bekas cek kondisi speaker dengan cara coba menyetel beberapa Mp3 ataupun video dan dengarkan suaranya baik-baik.

10. Cek Kondisi Monitor

Monitor adalah fitur yang sangat penting untuk menunjang kinerja laptop. Biaya untuk penggantian monitor juga terbilang cukup mahal. 

Untuk itu sebelum anda membelinya cek terlebih dahulu kondisi monitor dengan menggunakan software monitor test. Software ini akan membantu anda untuk mengetahui adanya Dead Pixel dan Dot Pixel.

11. Cek Semua Tombol Keyboard

Keyboard juga salah satu fitur yang sangat penting, karena semua kegiatan yang menggunakan laptop akan menggunakan keyboard. 

Untuk ceknya sendiri anda bisa mencoba dengan mengetikkan sesuatu untuk mengetahui apakah ada kerusakan pada keyboard.

12. Cek Kondisi Baterai

Baterai adalah hal yang sangat penting untuk laptop, maka dari itu sebelum membeli laptop cek terlebih dahulu apakah baterainya masih normal ataukah tidak.

Itulah beberapa tips yang bisa saya berikan untuk cek laptop bekas sebelum anda membelinya. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman dalam memilih laptop bekas yang berkualitas.

Rekomendasi Editor : 

Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.