10+ Cara Cek Driver Komputer dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara cek driver komputer yang benar? Saat ini banyak sekali perangkat dan komponen penting yang tergabung dalam sistem komputer, salah satunya adalah Driver

Perlu kita ketahui bahwa tanpa adanya sebuah Driver, maka sistem operasi komputer kita tidak akan bisa menggunakan sumber daya perangkat keras yang terdapat pada komputer tersebut. 

Driver adalah sebuah peragkat lunak yang mengijinkan sistem untuk berkomunikasi dengan perangkat keras, dengan kata lain perangkat ini akan saling berhubungan. 

Jika Driver yang kita pasang tidak cocok dengan perangkat kerasnya maka akan terjadi masalah, dimana perangkat keras tersebut tidak akan bisa kita gunakan.

Untuk mencegah ketidak cocokkan Driver dengan perangkat keras, ada baiknya kamu selalu install Driver yang sudah diberikan ketika kamu pertama kali membeli sebuah perangkat keras. 

Karena untuk saat ini produsen perangkat keras komputer selalu menyertakan software Driver dalam bentuk CD/DVD dalam kemasan produknya. Driver tersebutlah yang akan membantu kamu untuk mengoptimalkan kinerja dari perangkat keras kamu.

Mungkin saat ini masih banyak para pengguna komputer yang belum mengetahui bagaimana cara cek Driver yang sudah terpasang pada sistem komputer. 

Hal ini terjadi karena kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan software otomatis penginstall Driver ketika mereka baru saja menginstall sistem operasi. 

Mengingat pentingnya sebuah Driver bagi komputer kamu, maka saya akan membuat beberapa ulasan untuk cara cek Driver komputer di bawah ini.

Cara Cek Driver Komputer


» 1. Untuk langkah yang pertama, kamu harus menekan tombol Windows pada keyboard. Selanjutnya geser mouse yang ada di tangan kamu menuju “My Computer” dan klik kanan.

» 2. Cara selanjutnya kamu harus memilih “Manage”

» 3. Jika kamu sudah berhasil membukanya, maka cara selanjutnya untuk cek driver adalah dengan memilih menu hardware yang berada di tab System Properties

» 4. Setelah terbuka, cara selanjutny adalah kamu harus memilih Device Manager, tunggu sebentar hingga jendela Device Manager berhasil terbuka.

» 5. Nah, untuk cek Driver yang belum terpasang pada sistem komputer maka biasanya akan ditandai dengan tanda tanya tebal berwarna kuning pada simbol hardware atau perangkat keras yang belum terpasang Drivernya.

» 6. Langkah selanjutnya kamu bisa menggeser mouse ke salah satu tanda tanya berwarna kuning tersebut dan klik kanan.

» 7. Kemudian kamu pilih saja Properties dan tunggu hingga terbuka, setelah terbuka selanjutnya kamu pilih sub menu Details.

» 8. Dibagian Property, pilih Hardware Ids. Lalu pilih salah satu yg muncul dibagian Value, kemudian klik kanan pilih Copy untuk mengcopy ID Devicenya.

» 9. Langkah berikutnya adalah kamu buka situs https://devid.info. Ketika sudah terbuka kamu  tinggal pastekan ID Device hardware kamu pada kolom yang tersedia.

» 10. Kemudian klik tombol Search, maka akan muncul beberapa pilihan Driver yang bisa kamu unduh.

Cara Cek Driver Komputer Windows 10

Bagi pengguna Windows 10, kami menemukan beberapa cara untuk mengecek driver di komputer atau laptop yang kamu pakai saat ini. Yakni:

Cara 1:
  • Nyalakan dulu komputer atau laptopnya
  • Klik Start
  • Langsung ketikkan "Device Manager" lalu akan muncul hasil pencarian.
  • Klik saja Device Manager.
Cara 2:
  • Nyalakan dulu komputer atau laptop kamu
  • Klik kanan pada menu Start 
  • Pilih dan klik Computer Management
  • Setelah terbuka, Pilih menu Device Manager di samping kiri
  • Nah, disitu akan tampil semua perangkat yang sudah terinstall ke komputer atau laptop kamu beserta drivernya. Dan jika drivernya ada yang belum terinstall, maka akan ditandai dengan tanda seru warna kuning yang artinya kamu harus menginstall driver tersebut untuk bisa menggunakan fiturnya.
Nah demikianlah cara cek Driver komputer yang bisa kamu coba. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca.

Rekomendasi Editor : 

Cara Cek Laptop Baru
Cara Cek Laptop Bekas
Cara Cek MAC Address Pada Laptop
Cara Cek Backlink Blog / Website
Cara Cek Driver Komputer
Cara Cek Flash Player
Cara Cek Harddisk Bad Sector
Cara Cek Windows 32 Bit atau 64 Bit
Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.