4+ Cara Cek Tagihan PDAM dengan Benar (Update)

Cara Cek Tagihan PDAM - Caracekonline.net | Info tagihan biaya PDAM untuk saat ini hampir sama dengan cara cek tagihan Pajak Bumi Bangunan (PBB), dimana website informasi mengenai besaran tagihan yang harus dibayar setiap bulannya belum terpusat seperti halnya PLN.

Cara cek tagihan listrik secara online untuk saat ini terpusat di satu website yakni pln.co.id sehingga semua orang bisa melihat biaya tagihan PLN secara online baik itu di Surabaya, Tangerang, Bandung, Jakarta, Bogor, Samarinda, Semarang, Denpasar, Malang, serta dikota yang lainnya.

Cara cek tagihan PDAM saat ini bisa dengan mudah anda lakukan dimanapun dan kapanpun asalkan terhubung dengan koneksi internet sehingga anda bisa tahu berapa biaya yang harus anda bayar pada bulan tersebut. 

Untuk saat ini hampir di setiap kota besar ada website PDAM yang menyediakan berbagai pelayanan online kepada para pelanggan, meskipun masih ada beberapa kota yang tidak menyediakan website PDAM untuk para pelanggannya.

Untuk pembayaran tagihan PDAM sendiri juga bisa anda lakukan secara online, baik itu melalui ATM Bank BCA, Mandiri, BRI, BNI, dan yang lainnya. Disamping itu kita juga bisa membayar tagihan PDAM lewat kantor pos dan Indomaret terdekat, sehingga kita tidak perlu mengantri untuk membayar biaya tagihan bulanan di kantor pembayaran seperti dahulu.

Untuk cara ceknya sendiri cukup mudah untuk anda lakukan, bahkan bisa anda lakukan kapanpun. Untuk melihat biaya tagihan sendiri anda hanya membutuhkan nomer pelanggan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak cara cek tagihan PDAM berikut ini.

Cara Cek Tagihan PDAM

Cara Cek Tagihan PDAM
Img by: Freepik.com

Sebelum melakukan pembayaran, para pelanggan bisa terlebih dahulu mengetahuinya sehingga bisa diperkirakan uang yang dikeluarkan lewat ragam langkah berikut :

Cara Cek Tagihan PDAM via Aplikasi

PDAM sendiri belum meluncurkan aplikasi guna memudahkan pengguna, akan tetapi anda dapat memilih app yang memuat daerah tempat tinggal dan melakukan pengunduhan dan pemasangan di peeangi Android.

Setelah itu masuk ke menu utama dan klik ‘Info Tagihan', tuliskan nomor sambungan, nama pelanggan beserta Kota tempat tinggal ataupun Kabupaten. Kemudian pilih instansi PDAM yang menyediakan PDAM di daerah pelanggan, lalu tekan ‘Simpan’. Di layar ponsel tersebut akan muncul secara lengkap informasi mengenai jumlah yang harus dibayar.

Cek Tagihan PDAM di Aplikasi Shopee 

  • Buka aplikasi Shopee. 
  • Kemudian pilih menu “Pulsa, Tagihan, dan Hiburan”. 
  • Setelah ini pilih “Tagihan PDAM”. 
  • Pilih kota tempat berlangganan dan nomor pelanggan. 
  • Setelah itu klik “Lihat Tagihan” dan Anda bisa melihat nominal yang harus dibayarkan pada bulan itu. 

Cek Tagihan PDAM Online di Aplikasi Tokopedia 

  • Buka aplikasi Tokopedia yang sudah terpasang di ponsel. 
  • Setelah itu masuk ke akun yang sudah Anda miliki. 
  • Jika sudah, silahkan pilih menu “Tagihan PDAM”. 
  • Kemudian masukkan nomor meter atau nomor pelanggan PDAM. 
  • Setelah itu, masukkan nama kabupaten atau kota tempat Anda berlangganan.
  • Klik opsi “Beli/Bayar” dan tunggu sampai nominal tagihan muncul.

Cek Tagihan PDAM di Aplikasi Bukalapak 

  • Buku aplikasi Bukalapak yang telah terpasang di ponsel. 
  • Di halaman utama, pilih menu “e-Voucher dan Tiket”. 
  • Berikutnya, Anda bisa langsung pilih pembayaran air PDAM. 
  • Masukkan nomor pelanggan PDAM, pastikan nomor tersebut benar. 
  • Kemudian, informasi tagihan akan muncul secara otomatis.

Cek Tagihan PDAM Lewat Gojek 

Selain melalui marketplace, kamu juga dapat cek tagihan PDAM melalui aplikasi Gojek. Berikut langkah-langkahnya: 
  • Unduh dan pasang aplikasi Gojek. 
  • Buka aplikasi Gojek lalu masuk ke menu “GoTagihan”. 
  • Klik logo PDAM. 
  • Pilih lokasi tempat Anda berlangganan. 
  • Masukkan nomor atau ID pelanggan. 
  • Tunggu sampai tagihan PDAM muncul.

Mengetahui Nominal Pembayaran Melalui Market Place

Opsi selanjutnya adalah menggunakan salah satu e-commerce atau market place besar yang terkenal di Indonesia. Caranya pertama lakukan pengunduhan dan penginstalan di Google Play Store lalu beralih ke menu Tagihan.

Akan muncul ragam pembayaran dan anda bisa memilih opsi Air PDAM. Setelah itu tentukan instansi pengelola pada wilayah masing-masing. Input ID pembayaran atau kode pelanggan anda. Kemudian pada layar dalam halaman e-commerce tersebut akan muncul semua data termasuk besaran biaya. Jika saldo dirasa cukup, bisa langsung melakukan pelunasan.

Pengecekan Rincian Pembayaran melalui Situs Resmi

Perlu diketahui, website antar daerah berbeda-beda karena itu jika anda hendak melakukan pengecekan sesuai dahulu pada wilayah tempat tinggal. Jika sudah buka halaman situs tersebut lalu pilih menu info perkiraan tagihan pelanggan. Kemudian masukkan ID pel PDAM dan tekan submit. Nantinya akan muncul total yang harus dibayarkan pada layar.

Lewat Aplikasi Ojek Online

Kini Anda bisa melakukan pengecekan lewat app ojol yang menjadi salah satu fitur di dalamnya dengan langkah pertama-tama unduh dan pasang dari Google Play Store ke perangkat. 

Jika berhasil, gulir ke bawah pada menu barang. Kemudian pilih opsi GoTagihan dan ketuk logo PDAM. Tentukan domisili lokasi yang biasanya berupa kabupaten ataupun Kota.

Ketikkan ID atau nomor pel milik Anda dan total rincian pembayaran yang harus dilunasi akan muncul pada layar ponsel.
 
Nah itulah cara untuk cek tagihan PDAM, cukup mudah bukan ?. Semoga artikel ini bermanfaat terutama untuk para pengguna PDAM. Selamat mencoba.

Editor Choice : 

Cara Cek Tagihan Indovision
Cara Cek Tagihan Listrik PLN
Cara Cek Tagihan PDAM
Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.