4+ Cara Cek Tagihan Listrik PLN yang Paling Benar

caracekonline.net | Apakah kamu masih bingung dengan cara cek tagihan listrik PLN yang paling mudah saat ini? Seperti yang sudah diketahui oleh semua orang jika listrik merupakan kebutuhan yang utama dan sangat penting bagi setiap rumah tangga. 

Bisa kita bayangkan jika tidak ada listrik, pasti hidup ini akan terasa hampa. Karena hampir seluruh barang yang ada saat ini menggunakan listrik sebagai energi utamanya. Listrik yang kita pakai setiap hari ini secara resmi dimiliki oleh sebuah BUMN yang bernama PLN (Perusahaan Listrik Negara). 

PLN merupakan perusahaan milik pemerintah yang mengurusi segala aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Dengan kata lain semua listrik yang ada di Indonesia saat ini diurusi oleh PLN.

Kita saat ini bisa dengan mudah menikmati listrik untuk keperluan kita sehari-hari. Namun untuk bisa menikmati itu semua kita juga harus membayar beban tagihan listrik setiap bulannya kepada PLN. 

Maka dari itu, jika kita berhemat dalam pemakaian listrik, maka akan sedikit biaya tagihan yang harus kita bayarkan, dan sebaliknya jika kita berlebihan dalam pemakaian listrik maka semakin besar pula biaya yang harus kita bayarkan.

Maka dari itu anda perlu mengetahui besarnya biaya tagihan listrik yang harus anda bayarkan setiap bulannya. Hal ini perlu anda lakukan agar bisa melakukan pengontrolan terhadap pemakaian listrik, sehingga biaya yang dikeluarkan bisa diantisipasi. 

Untuk saat ini, pihak PLN sudah menyiapkan dua metode yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengecekan tagihan listrik tiap bulannya. Adapun dua metode tersebut akan dibahas pada ulasan berikut ini.

Cara Cek Tagihan Listrik PLN

Cara Cek Tagihan Listrik PLN
Img by: Freepik.com

Listrik tentu termasuk hal terpenting dan sudah menjadi kebutuhan banyak orang agar alat elektronik mereka tetap bisa berfungsi dengan baik. Cara yang dapat digunakan untuk mengecek besarnya tagihan penggunaan listrik setiap bulannya pun terbilang mudah dipraktikkan, seperti berikut ini.

Cek Tagihan Listrik PLN lewat Online

Untuk cara yang pertama anda harus mengunjungi situs resmi PLN di pln.co.id. Langkah selanjutnya anda perhatikan pada langkah-langkah berikut:
  • Buka dan kunjungi https://layanan.pln.co.id
  • Setelah terbuka, cek bagian kanan bawah lanjutkan pilih dan klik menu Informasi Tagihan Listrik/Pembelian Token.
  • Jika kamu sudah punya akun, langsung saja Masuk. Jika belum punya akun, klik saja tombol Daftar Akun.
  • Isikan semua form yang diperlukan untuk mendaftarkan akun.
  • Setelah terdaftar, kamu bisa masuk di halaman https://layanan.pln.co.id dan disuguhkan berbagai menu sesuai kebutuhanmu. 
  • Informasi tagihan listrik kamu akan langsung ditampilkan.

Cek Tagihan Listrik PLN Lewat SMS

Cara kedua yakni cek melalui SMS dan cara ini terbilang cukup mudah untuk anda lakukan, cara cek melalui SMS sendiri terdapat dua cara yakni,
  • Hanya ingin cek pada bulan tertentu saja, caranya yaitu mengirim SMS dengan format REK (spasi) No. ID pelanggan kemudian kirim ke 8123
  • Jika anda ingin berlangganan untuk mendapat pemberitahuan total biaya tagihan tiap bulannya, maka anda harus mengirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) No. ID pelanggan kemudian kirim ke 8123.
Cara cek tagihan listrik melalui SMS tersebut sangatlah mudah dilakukan siapapun pelanggan PLN. Namun, sangat disayangkan karena tidak semua operator menyediakan layanan pengecekan ini. 

Operator yang menyediakan mulai dari Telkomsel, XL, Indosat, dan juga T-Flexi. Serta anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 500,-/ SMS.

Cek Tagihan Listrik PLN Melalui Telpon

Selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan panggilan telepon. Pelanggan hanya perlu melakukan panggilan ke nomor (kode area)123 jika menggunakan ponsel atau kamu juga bisa menghubungi nomor 123 jika menggunakan telepon.

Namun, jika kamu akan menggunakan ini pastikan bahwa masih ada pulsa karena biaya telepon dibebankan kepada pelanggan.

Cek Tagihan Listrik PLN via Aplikasi

Langkah berikutnya yang bisa kamu tempuh untuk melihat beban biaya tersebut adalah melalui aplikasi. Aplikasi tersebut telah disediakan oleh PLN guna membantu kamu dan pelanggannya lainnya. 

Nama aplikasi tersebut adalah PLN Mobile yang dapat diakses melalui android ataupun iOS. Pelanggan hanya perlu mengunduh, memasang, dan setelah itu melihat biaya yang dibebankan di aplikasi tersebut lengkap dengan nominalnya.

Nah itulah beberapa cara untuk cek tagihan listrik PLN. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba.

Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.