8+ Cara Cek OS Android yang Paling Benar

caracekonline.net | OS Android memang kerap mengalami berbagai perubahan. Semakin tinggi versi operation system-nya, maka semakin nyaman pula ponsel tersebut dipakai. Nah, jadi bagi kamu yang belum tahu versi Android dari ponsel yang kamu punya, ada beberapa cara cek OS android untuk kamu ikuti.

Android sebenarnya merupakan suatu Operating System atau OS dari smartphone. Untuk saat ini, smartphone berbasis android adalah barang elektronik yang paling banyak dicari serta diminati oleh para konsumen ponsel di Indonesia.

Hal tersebut terjadi karena smartphone ini mempunyai banyak sekali keunggulan yang bisa memuaskan penggunanya, salah satunya yaitu memiliki ribuan aplikasi yang bisa kamu jalankan dengan mudah dalam android. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut juga bisa kamu lakukan dengan sangat mudah.

Keunggulan yang dimiliki oleh Android menjadi daya tarik tersendiri terutama untuk para penggemar game ataupun sosial media. Ada banyak sekali aplikasi unggulan yang bisa memukau setiap penggunnanya. Namun tidak semua aplikasi bisa kamu gunakan di perangkat smartphone milik kamu, tergantung dari jenis atau versi android yang digunakan.

Hal tersebut dikarenakan ada beberapa aplikasi yang hanya bisa diinstal di versi android tertentu. Singkatnya, semakin tinggi versi android yang kamu digunakan maka semakin banyak pula aplikasi yang bisa kamu install

Oleh sebab itu, sebagai pengguna smartphone berbasis android kamu tentu harus mengetahui versi android apakah yang tertanam di dalam smartphone milik kamu. Namun pada kenyataannya saat ini masih banyak para pengguna yang belum mengetahui versi android yang digunakan. Untuk membantu menjawab masalah tersebut saya akan mencoba memberikan sedikit tips tentang bagaimana cara cek versi android pada ulasan berikut ini.

Cara Cek OS Android

Cara Cek OS Android

Pada dasarnya, untuk mengecek versi OS android sangatlah mudah dilakukan. Ada beberapa perbedaan letak menu dan nama saja di beberapa merk dan tipe ponsel. Simak pada metode berikut ini.

Cek OS Android HP Samsung

Yang pertama, smartphone yang penggunanya cukup banyak adalah Samsung. DImana untuk mengecek OS android ponsel Samsung pun mudah banget untuk dilakukan. Begini langkahnya:
  • Masuklah ke menu Setting atau Pengaturan
  • Untuk masuk ke menu Setting, kamu bisa buka menu utama lalu cari dan tekan Setting atau Pengaturan. Bisa juga lewat panel notifikasi lalu pilih icon gear/bunga (menu Setting) di pojok.
  • Setelah masuk menu Pengaturan/Setting, langsung saja cari Tentang Ponsel atau About Phone.
  • Lanjutkan dengan memilih Software Information atau Info Perangkat Lunak.
  • Versi sistem operasi (OS) android kamu akan langsung tampil. Jadi, kamu bisa tahu versi android berapa yang digunakan ponsel Samsung milikmu.

Cek OS Android HP Vivo

JIka kamu pemakai ponsel Vivo, kami juga sajikan langkah-langkah mudah untuk mengecek OS android seperti dibawah ini:
  • Masuklah ke menu Setting atau Pengaturan
  • Untuk masuk ke menu Setting, kamu bisa buka menu utama lalu cari dan tekan Setting atau Pengaturan. Bisa juga lewat panel notifikasi lalu pilih icon gear/bunga (menu Setting).
  • Setelah masuk di menu Pengaturan, langsung saja pilih dan tekan Pengaturan lainnya.
  • Lanjutkan dengan memilih Tentang ponsel
  • Lalu, tap di bagian Versi Android.

Cek OS Android HP Xiaomi  

Pengguna ponsel Xiaomi apa kabar? Tenang sob, kami juga ada cara cek OS android Xiaomi. Begini langkahnya:
  • Masuk ke menu Setting atau Pengaturan
  • Untuk masuk ke menu Setting, kamu bisa buka menu utama lalu cari dan tekan Setting atau Pengaturan. Bisa juga lewat panel notifikasi lalu pilih icon gear/bunga (menu Setting).
  • Setelah masuk di menu Pengaturan, lanjutkan dengan memilih Tentang telepon.
  • Kamu akan langsung tahu versi berapa OS android yang dipakai ponsel Xiaomi kamu.

Cek OS Android HP Oppo

Pemakai smartphone Oppo sehatkah? Langsung saja begini langkah mengecek OS android Oppo:
  • Masuk ke menu Setting atau Pengaturan
  • Untuk masuk ke menu Setting, kamu bisa buka menu utama lalu cari dan tekan Setting atau Pengaturan. Bisa juga lewat panel notifikasi lalu pilih icon gear/bunga (menu Setting).
  • Setelah masuk di menu Pengaturan, lanjutkan dengan memilih Tentang Ponsel atau About.
  • Cek dan lihat pada bagian vesi ColorOs, kamu langsung tahu versi berapa OS android yang digunakan.
Ohya, langkah pengecekan sistem operasi android ini tak hanya berlaku untuk ponsel Oppo saja lho. Tapi, kamu juga bisa melakukannya di ponsel Realme.

Cek OS Android HP Asus

Meskipun tak banyak pengguna, Asus juga tentunya punya smartphone. Dan jika kamu pengguna ponsel Asus, bisa langsung simak langkah cara cek OS android Asus berikut ini:
  • Masuk ke menu Setting atau Pengaturan
  • Untuk masuk ke menu Setting, kamu bisa buka menu utama lalu cari dan tekan Setting atau Pengaturan. Bisa juga lewat panel notifikasi lalu pilih icon gear/bunga (menu Setting).
  • Lalu geser kebawah, cari dan pilih menu About atau Tentang.
  • Versi android Asus milikmu akan langsung ditampilkan.

Cara Cek OS Android via Website

Untuk mencoba cara yang ini, kamu harus terhubung dengan koneksi internet. Setelah terhubung, selanjutnya kamu buka salah satu browser yang terdapat pada smartphone android kamu. 

Kemudian ketikkan whatismyandroidversion.com di address bar lalu kunjungi. Maka akan segera muncul rincian dari versi android yang kamu gunakan. Namun yang harus diingat adalah kamu hanya bisa ketikkan alamat tersebut pada browser di smartphone android.

Cara Cek OS Android Menggunakan Aplikasi

Cara yang terakhir yakni cek versi android melalui aplikasi. Untuk langkah awal kamu harus download dan pasang aplikasi “Check My Android” dari Google Play Store. Setelah terpasang pada perangkat smartphone, bukalah aplikasi tersebut dan tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil melakukan scanning terhadap semua perangkat yang terdapat di smartphone milik kamu.

Setelah selesai melakukan scanning, maka aplikasi akan memunculkan rincian mengenai versi android, layar, chipset, rom, cpu, serta gpu.

Daftar Urutan Versi OS Android

Agar lebih tahu, kamu bisa cek daftar urutan versi android dari paling lama hingga paling baru berikut ini:
Android 1.0 Astro (Alpha)
Android 1.1 Bender (Beta)
Android 1.5 Cupcake
Android 1.6 Donut 
Android 2.0 Eclair 
Android 2.2 Froyo
Android 2.3 Gingerbread
Android 3.0 Honeycomb
Android 4.0 Ice Cream Sandwich 
Android 4.1 Jelly Bean
Android 4.4 KitKat 
Android 5.0 Lollipop
Android 6.0 Marshmallow
Android 7.0 Nougat
Android 8.0 Oreo
Android 9.0 Pie
Android 10
Nah itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk cek versi android pada smartphone milik kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca.

Rekomendasi Editor: 

Cara Cek Dead Pixel Android
Cara Cek HP Nokia Asli
Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.