6+ Cara Cek Saldo Jamsostek yang Paling Benar

caracekonline.net | Banyak pengguna masih tak paham dengan cara cek saldo Jamsostek yang mereka miliki. Padahal, mengetahui sisa saldo Jamsostek bisa dilakukan secara online maupun offline. 

Jamsostek adalah salah satu badan penyelenggaraan jaminan sosial yang mengembangkan jaminan sosial yang berdasarkan funded social security, adalah jaminan untuk para karyawan atau pekerja yang formal sebagai jaminan untuk melindungi jika terjadi hal- hal yang tidak terduga dan tidak diinginkan, jamsostek meliputi jaminan hari tua, jimainan pemeliharaan kesehatan dan jaminan kematian.

Jamsostek di biayai sendiri dengan para anggotanya dengan cara memotong dari gaji karyawan yang mengikuti jamsostek tersebut, jadi tidak terasa bahwa anda mengikuti jamsostek, biasanya jamsostek mengirimkan informasi saldo anda kepada perusahaan setiap satu tahun sekali, jika anda yang ingin tau tentang saldo jamsostek anda maka disini kami akan membantu bagaimana cara cek saldo jamsostek anda dimapun dan kapanpun tanpa ribet.

Cara Cek Saldo Jamsostek

Cara Cek Saldo Jamsostek
Img by: Freepik.com

Jika kamu salah satu pengguna Jamsostek dan ingin terus memantau tentang saldo Anda, maka ada beberapa metode atau cara yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut:

Cek Saldo Jamsostek Lewat SMS

Bagi kamu yang enggan mengunduh aplikasi atau mengakses website, kamu bisa mencoba cek saldo lewat fitur SMS. Tapi tentu saja harus mendaftarkan diri lebih dulu.

Format Cara Daftar:
Daftar(spasi)SALDO#Nomor KTP#Tanggal lahir(Hari-Bulan-Tahun)#Nomor Peserta#Email
Kirim ke 2757.

Jika pendaftaran sudah dikonfirmasi, maka silakan kirim pesan lagi menggunakan format berikut.

Format Cek Saldo:
SALDO(spasi)Nomor Peserta
Kirim ke 2757.

Setelahnya tunggu beberapa saat hingga hasilnya keluar. Perlu diketahui bahwa mengecek saldo dengan bantuan SMS ini artinya dikenakan biaya pulsa sebesar 165 rupiah per SMS.

Cek Saldo Jamsostek Lewat Aplikasi BPJSTKU Mobile

Pengecekan saldo juga bisa dilakukan lewat aplikasi dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi BPJSTKU. Aplikasi satu ini dengan mudah didapatkan melalui Play Store atau App Store. Selanjutnya pengguna tinggal memasukkan data diri seperti nomor KTP, KJP, dan sebagainya yang dibutuhkan.

Apabila sudah terdaftar maka bisa segera melakukan login, dan bila sudah berhasil login maka bisa mengakses segala fitur dalam aplikasi tersebut. Salah satunya adalah fitur Cek Saldo dan banyak lagi lainnya.

Cek Saldo Jamsostek Lewat Website

Untuk mengecek lewat website itu artinya kamu harus mempunyai kuota internet yang mencukupi. Adapun langkah yang bisa dipraktekkan adalah sebagai berikut.

Untuk Pengguna Baru
  • Buka dan kunjungi web jamsostek berikut https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Langsung klik tombol Buat Akun Baru.
  • Isikan formulir data diri kamu sesuai yang tersedia seperti Nomor KPJ Aktif, Nama, Tanggal lahir, Nomor e-KTP, Nama ibu kandung, Nomor ponsel dan email.
  • Pilih Setuju lalu klik Daftarkan.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul konfirmasi via email ataupun SMS.
  • Input dan masukkan kode konfirmasi dan selesai.
Untuk Pengguna yang Sudah Terdaftar
  • Buka dan kunjungi web jamsostek berikut https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Input dan masukkan email dan password kamu untuk login.
  • Centang captcha "Saya bukan robot".
  • Klik tombol Login.
  • Setelah berhasil masuk, kamu bisa langsung Cek Saldo. Sehingga dapat mengetahui berapa jumlah sisa saldo jamsostek milikmu.

Cek Saldo Jamsostek Lewat ATM BNI

Bisa juga melakukan pengecekan saldo jamsostek melalui ATM BNI. Adapun langkah-langkahnya seperti berikut ini:
  • Kunjungi ATM BNI terdekat dari lokasimu.
  • Masukkan kartu ATM.
  • Masukkan PIN kamu.
  • Pilih menu Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan tekan Cek Saldo.
  • Informasi saldo BPJS kamu akan muncul di layar.
  • Jangan lupa untuk mengambil kembali kartu ATM BNI kamu.

Cek Saldo Jamsostek Melalui Kantor BPJS

Metode terakhir, jika kamu masih bingung atau kesulitan mempraktekkan berbagai cara cek saldo jamsostek diatas maka bisa langsung mendatangi kantor BPJS terdekat dari lokasi kamu saat ini.


Jangan lupa bawa juga surat-surat pendukung yang diperlukan jika nanti dimintai petugas.

Itulah beberapa cara untuk cek saldo jamsostek anda, semoga bermanfaat bagi anda, terima kasih. Tak lupa disarankan membaca artikel lainnya dibawah ini.

Artikel Terkait :

Cara Cek Saldo BCA
Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.