10+ Cara Cek Garansi Samsung dengan Benar (Update)

Cara Cek Garansi Samsungcaracekonline.net | Samsung adalah salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia. Samsung pada awalnya dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi berbagai macam kebutuhan rumah tangga seperti halnya kulkas, air conditioner (AC), mesin cuci, kamera, serta berbagai perangkat komputer.

Namun saat ini Samsung lebih terkenal sebagai produsen smartphone yang juga menjadi pesaing kuat apple. Indonesia sendiri dikenal memiliki minat yang sangat tinggi terhadap berbagai produk Samsung, khususnya smartphone.

Saat anda membeli smartphone produk Samsung pastinya anda akan diberikan sebuah buku panduan dan juga kartu garansi. Namun kedua hal tersebut banyak diabaikan oleh para pembeli produk Samsung mungkin saja karena mereka sudah yakin dengan keadaan fisik produk tersebut sehingga mereka mengabaikannya.

Padahal kedua barang tersebut sangatlah penting untuk anda, terutama kartu garansi yang pastinya akan sangat anda butuhkan ketika ponsel anda mengalami kerusakan akibat cacat fisik bawaan dari pabrik. Cacat fisik bawaan dari pabrik sering kali tak terlihat saat anda baru memakainya dan baru anda rasakan ketika sudah beberapa hari atau beberapa bulan pemakaian.

Kesadaran para konsumen mengenai pentingnya sebuah garansi produk elektronik sangatlah kurang. Ini karena kebanyakan konsumen meletakkan begitu saja kartu garansi di dus tanpa menyimpannya dengan rapi, bahkan ada beberapa yang lupa dimana meletakkan kartu garansinya. Padahal konsumen akan sangat membutuhkan kartu garansi jika terjadi kerusakan pada produk tersebut sehingga perlu di service.

Service barang tentunya akan membutuhkan biaya, namun jika anda menyertakan kartu garansi maka anda tidak akan dikenakan tarif kecuali kerusakan tersebut akibat kesalahan anda sendiri. Garansi dari sebuah produk elektronik sangatlah beragam ada yang hanya satu tahun bahkan ada yang lebih.

Pihak Samsung sendiri juga memberikan garansi yang berbeda-beda untuk setiap produknya, untuk produk rumah tangga Samsung akan memberi garansi selama 3 tahun dan 1 tahun untuk produk smartphone mereka.

Seiring dengan kebiasaan para konsumen yang mengabaikan kartu garansi, maka saat ini banyak para konsumen yang kebingungan untuk mengecek garansi produk tersebut, terlebih lagi jika kartu garansi mereka hilang atau lupa menyimpannya. Maka dari itu saya akan memberikan sedikit ulasan tentang bagaimana cara cek garansi produk Samsung terutama untuk produk smartphone pada ulasan yang berikut ini.

Cara Cek Garansi Samsung

Cara Cek Garansi Samsung
Img by: Freepik.com

» 1. Langkah pertama anda harus mengakses website www.imei.info

» 2. Masukkan nomer IMEI ponsel anda pada kolom yang bertuliskan “Enter IMEI”. Anda bisa cek nomer IMEI smartphone Samsung yang anda gunakan dengan cara menekan *#06# dari ponsel anda. Setelah anda memasukkan nomer IMEI pada kolom tersebut selanjutnya anda pilih “Check”.

» 3. Jika ponsel anda asli maka akan muncul penjelasan mengenai spesifikasi yang sama persis dengan spesifikasi ponsel anda.

» 4. Kalau garansi ponsel anda msih berlaku maka akan muncul tulisan “Warranty” dengan warna hijau yang terletak di sebelah bawah gambar ponsel di website tersebut. Selanjutnya tekan tombol “Warranty” tersebut.

» 5. Ketikkan nomer seri dari ponsel Samsung anda ke kolom yang tersedia, anda bisa melihat nomer seri tersebut pada sisi bawah baterai atau juga bisa anda lihat di dus ponsel.

» 6. Setelah selesai memasukkan nomer seri selanjutnya anda tekan tombol “Check Samsung Phone Details”, maka akan muncul informasi sampai kapan garansi ponsel tersebut berlaku.

Hidupkan Layar Ponsel

Garansi merupakan salah satu faktor utama dalam menjaga ponsel agar tetap awet dan tahan lama. Melalui garansi anda dapat meminimalisir terjadinya kerusakan sedini mungkin. 

Bagaimana cara cek garansi tanpa perlu datang ke tempat distribusinya? Caranya amat mudah karena anda cukup menghidupkan layar ponsel pintar anda lalu pergi ke pengaturan telpon.

Menu Tersembunyi

Samsung memiliki banyak menu tersembunyi di dalam sekian banyak fiturnya. Hal ini berfungsi untuk menjaga rahasia privacy anda tetap aman meskipun dipinjam oleh teman atau rekan terdekat anda. 

Nah, untuk memeriksa garansi anda perlu membuka menu rahasia yang terdapat di dalam ponsel anda. Menu tersebut berupa angka yang perlu anda ketik di aplikasi telpon samsung.

Setelah membuka aplikasi tersebut, langkah selanjutnya ialah mengetik kode berikut ini sebagai cek garansi samsung. Kode tersebut adalah *#12580*369#

Pastikan anda mengetik kode tersebut secara tepat tanpa tertinggal satu angka pun. Apabila anda salah mengetik satu angka saja, maka tindakan tersebut tidak akan berhasil. Selain itu, pastikan anda memiliki sinyal yang memadai untuk pemeriksaan ini.

Menu Rahasia untuk Cek Garansi Samsung

Apabila anda berhasil mengetik kode tersebut secara benar, anda akan masuk ke dalam menu rahasia yang hanya bisa diakses melalui kode angka tersebut. 

Menu tersebut berisi beberapa informasi mengenai ponsel pintar anda. Salah satunya mengenai garansi ponsel. Anda dapat memilihnya kemudian mencatatnya sebagai bahan bukti atau cukup menyalinnya di dashboard ponsel saja.

Menjaga Ponsel Tetap Awet

Meskipun ponsel anda masih memiliki garansi yang dapat dilihat melalui informasi cek garansi samsung di atas, namun ada baiknya anda juga melalukan perawatan dan penanganan yang baik terhadap ponsel yang anda miliki.

Agar tetap berada di status terawat dan aman. Bila rusak tentu saja anda akan kebingungan bukan? Demikianlah informasi mengenai cek garansi samsung yang bisa anda cermati sebaik-baiknya.

Pada umumnya penjelasan kartu garansi akan sama degan yang tertera pada dus ponsel. Tidak hanya untuk mengetahui garansi Samsung namun cara diatas juga bisa untuk mengecek keaslian dari ponsel Samsung yang anda beli.

Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.