Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Cek Garansi Asus Laptop dan Smartphone

Cara Cek Garansi Asus | Garansi adalah salah satu hal yang harus anda pertimbangkan ketika anda membeli barang elektronik. Garansi akan sangat berguna untuk anda jika suatu saat produk elektronik yang baru anda beli mengalami kerusakan. Produk yang biasanya memberikan garansi kepada konsumennya adalah ponsel dan laptop.

Kedua produk tersebut biasanya akan memberikan garansi berupa perbaikan atau bahkan penggantian produk sesuai dengan kerusakan yang dialaminya. Garansi setiap produk pasti akan berbeda-beda, hal ini dikarenakan pemberian garansi sesuai dengan kebijakan produsen pembuat barang elektronik tersebut.

Salah satu prdodusen yang memberikan garansi kepada setiap produk elektronik yang ia keluarkan adalah Asus. Asus adalah sebuah pabrikan elektronik yang saat ini produknya banyak diminati oleh masyarakat. 

Berbicara masalah kualitas, Asus sendiri mempunyai kualitas yang bisa dibilang standart dan hampir sama dengan kualitas produk pada umumnya, akan tetapi harga yang terjangkau membuat banyak masyarakat yang lebih memilih Asus menjadi penunjang aktivitas sehari-harinya.

Akan tetapi saat ini banyak para konsumen Asus yang tidak memperhatikan tentang garansi yang diperolehnya bahkan tidak memperdulikannya. Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa produk Asus jarang mengalami kerusakan oleh karena itu mereka jarang memperdulikan tentang sebuah garansi yang mereka dapatkan.

Namun ketidakpedulian konsumen tentang pentingnya sebuah garansi membuat banyak para konsumen yang mengalami kebingungan untuk mengecek sebuah garansi ketika produk Asus yang mereka beli mengalami kerusakan. 

Nah, untuk membantu para pengguna Asus khusunya produk smartphone Asus dalam mengecek garansi, saya akan membuat beberapa ulasan tentang bagaimana cara cek garansi smartphone Asus.

Cara Cek Garansi Asus

Cara Cek Garansi Asus
Img by: Freepik.com
  • Perhatikan Tanggal Pembelian
Pasti banyak yang bingung apa hubungannya tanggal pembelian dengan garansi ? tentu saja ada hubungannya. Hal ini karena garansi Asus akan mulai terhitung sejak anda pertama kali melakukan pembelian produk Asus tersebut. Biasanya pada nota pembelian akan ada rincian berapa lama garansi yang anda dapatkan untuk pembelian smartphone Asus, biasanya untuk produk smartphone, Asus hanya akan memberikan garansi selama satu tahun.
  • Perhatikan Nomer Seri Pada Ponsel 
Nah untuk cara yang kedua, anda bisa lihat garansinya melalui serial number (sn). Serial number bisa anda ketahui di label box dan terdapat pada luar kemasan. Tidak hanya itu, anda juga bisa menemukan serial number pada bagian baterai smartphone Asus. Jika anda sudah mengetahui serial numbernya maka anda bisa segera mengetahui garansi smartphone Asus anda.
  • Login Di Website Resmi Asus
Untuk cara yang ketiga ini anda perlu untuk mengunjungi situs resmi Asus di vip.asus.com. Setelah anda berhasil mengakses situs tersebut selanjutnya anda login dengan menggunakan serial number yang terdapat pada smartphone Asus. Jadi jika anda tidak bisa login maka anda salah dalam memasukkan serial number tersebut. Dan jika anda berhasil login maka anda akan segera mengetahui garansi dari smartphone Asus anda.

Cek Nomor Seri Asus Melalui CMD secara Online

Cara cek garansi Asus adalah dengan mengecek melalui CMD atau yang disebut Command Prompt dengan cara berikut.

1. Bukalah CMD pada perangkat komputer, lalu lakukan klik search atau pencarian di menu Windows

2. Ketikkanlah command prompt pada bagian kolom pencarian, lalu buka. Atau Anda juga menggunakan shortcut windows + R dan mengetikkan CMD, kemudian tab enter atau klik Ok

3. Sesudah masuk ke CMD, ketikkanlah kata wmic bios get serial number.

4. Lakukan tab enter

5. Tunggu hingga muncul tampilan nomor seri perangkat

6. Selanjutnya, Anda bisa mulai untuk mengecek garansi Asus.

Cara cek bagaimana garansi perangkat untuk produk Asus sangatlah mudah, di mana Anda harus tahu dulu SN perangkat. 

Selanjutnya, Anda bisa cek status garansi beserta masa berlaku garansi dari perangkat tersebut. Selain itu, untuk tahu sisa masa garansi Anda bisa menggunakan nomor seri atau yang sudah diketahui sebelumnya dan kemudian ikuti langkah berikut.

1. Masuklah ke situs web resmi Asus

2. Perhatikan form yang muncul

3. Masukkanlah nomor seri perangkat yang ingin Anda lakukan pengecekan garansi

4. Klik centang pada kategori opsi yang muncul di “Kebijakan Privasi-ASUS”

5. Tab menu kirim.

6. Selesai dan Anda bisa melihat informasi detail seputar status garansi dan kapan waktu masa garansi berakhir.

Cara Cek Garansi Asus Lewat Kardus

Anda bisa cek bagaimana garansi perangkat Asus menggunakan nomor seri atau yang juga disebut serial number /SN. Agar bisa mengecek nomor seri tersebut, Anda bisa melihatnya melalui bagian bawah kardus box. 

Pengecekan juga bisa dilakukan melalui tampilan stiker yang ada di bagian bawah laptop. Selain itu, kode SN juga bisa Anda cek melalui bagian belakang atau bawah perangkat.

Pada tampilannya akan tertera tulisan Warranty di sisi stiker yang perlu Anda perhatikan. Jika terdapat kode 24M, berarti masa garansi perangkat adalah selama 2 tahun sejak tanggal Anda membelinya. 

Pada tampilannya, Anda juga bisa melihat informasi berupa detail produk, nama model dan nomor seri unit dari produk yang akan dicek. 

Termasuk juga lengkap dengan status garansi dan tanggal masa berlaku garansi dengan cara cek garansi asus ini.

Nah itulah beberapa ulasan yang bisa saya berikan tentang cara cek garansi Asus. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.