5+ Cara Cek In di Hotel dengan Benar (Update)

Cara Cek In di Hotel - Caracekonline.net | Dengan semakin majunya perkembangan ekonomi di Indonesia menarik minat sejumlah pengusaha hotel untuk mendirikan suatu hotel di lokasi yang strategis. Saat ini semakin banyak hotel yang hadir diantara kita, mulai dari hotel kelas melati hingga hotel berbintang lima yang memiliki fasilitas mewah.

Bahkan saat ini banyak bermunculan juga hotel kelas melati di daerah pedesaan terutama di daerah pegunungan yang memiliki panorama indah. Kehadiran hotel tersebut sangatlah membantu bagi seseorang yang tengah melakukan perjalanan jauh entah itu untuk bisnis atau hanya untuk berlibur bersama keluarga tercinta.

Hotel sangatlah berbeda dengan apartemen, dimana hotel memiliki layanan pendukung yakni servis. Oleh sebab itu tarif hotel sendiri akan lebih mahal dari pada apartemen.

Untuk menginap di sebuah hotel ada salah satu tahapan terpenting yang harus anda lalui yakni Chek In. Chek in adalah proses pencatat diri dibuku tamu hotel untuk bisa menyewa kamar hotel. Sementara jika anda anda hendak mengakhiri penyewaan kamar hotel anda juga harus melakukan check out.

Cara chek in antara satu hotel dengan yang lainnya kemungkinan memiliki perbedaan namun secara intinya adalah sama. Mengingat pentingnya check in disebuah hotel, maka sebelum anda memutuskan untuk menginap di hotel anda haruslah mengetahui bagaimana cara check in di sebuah hotel terlebih dahulu. Namun tidak sedikit bagi kita yang belum mengetahui bagaimana cara check in disebuah hotel.

Hal ini kemungkinan terjadi karena banyak diantara kita yang menyerahkan urusan check in hotel ke pihak travel jika kita sedang berlibur atau ada juga yang belum pernah menginap dihotel sehingga belum tahu bagaimana cara check in di hotel. Oleh sebab itu saya akan membuat beberapa tips untuk cara check in disebuah hotel pada ulasan berikut ini.

Cara Cek In di Hotel

Cara Cek In di Hotel
Img by: Freepik.com


1. Reservasi

Hal utama yang perlu anda lakukan jika ingin menginap di hotel ialah reservasi. Tindakan ini merupakan langkah awal dari cara cek in yang perlu anda garis bawahi. Anda mesti menentukan pada hari dan tanggal berapa anda akan melakukan chek in dan chek out. 

Pada saat ini anda dapat dengan mudah memesan kamar hotel melalui beberapa aplikasi yang telah bekerjasama dengan pihak hotel yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

2. Konfirmasi pihak resepsionis

Setelah berhasil melakukan reservasi, selanjutnya ialah mengonfirmasi seluruh data kepada resepsionis hotel. 

Pihak hotel akan mencocokkan data yang anda miliki ketika melakukan reservasi. Misalnya kartu tanda penduduk ataupun dokumen resmi lainnya yang akan di catat di buku arsip dan tamu.

3. Pengecekan status kamar

Setelah dirasa cukup cocok antara data yang anda berikan pada pihak resepsionis, maka selanjutnya mereka akan mengecek status kamar yang anda pesan. 

Bila sudah ada orang lain yang memesannya, anda akan diminta untuk melakukan reservasi untuk menentukan status kamar yang lain saja. 

Cara cek in di hotel memang terbilang mudah namun anda harus tepat mengetahui kapan harus memesan agar tidak keduluan oleh orang lain.

4. Pembayaran untuk cara cek in di hotel

Jika anda menyewa sesuatu tentu anda mesti mengeluarkan uang seharga hal yang anda pesan bukan? 

Jika proses dokumentasi dan status kamar telah berhasil mencapai kesepakatan, anda akan diminta melakukan registrasi dan pembayaran dengan uang tunai maupun kartu kredit yang sah. Kemudian, pihak hotel akan mengantarkan anda ke kamar yang sudah anda pesan.

5. Memasuki kamar Hotel

Setelah anda selesai melakukan check in maka anda akan diberikan kunci untuk kamar pilihan anda. Untuk sejumlah hotel akan disediakan layanan bellboy yang bertugas untuk menunjukkan kamar anda dan juga membawakan barang bawaan anda menuju ke kamar hotel.

Sampai sini, anda sudah bisa beristirahat di kamar tersebut sembari menunggu hari esok. Cukup mudah bukan cara cek in di hotel?

Nah itulah sedikit tips dari saya mengenai cara check in di hotel, semoga bermanfaat dan selamat mencoba! Tentunya, Anda tidak perlu menggunakan langkah yang repot. Cukup perhatikan cara mudah yang dapat dipakai ini.

Rekomendasi Editor Terbaru :

Cara Cek Kuota Internet 3
Cara Cek Kuota Kartu As
Cara Cek Kuota IM3
Cara Cek Garansi iPhone
Cara Cek Garansi Samsung
Cara Cek Garansi Asus
Cara Cek Garansi Apple
Cara Cek BPOM
Cara Cek Bonus XL
Penulis Handal
Penulis Handal Masih miskin ilmu, namun masih bersemangat mencari ilmu. Masih miskin pengetahuan, namun masih bersemangat mencari pengetahuan.