Cara Verifikasi No HP di Tokopedia dengan Benar [9 Langkah]

caracekonline.net | Cara verifikasi no HP di Tokopedia akan menjadi pokok penting ulasan kami untuk kamu saat ini. Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang sangat populer di Indonesia. User bisa mendapatkan pengalaman berbelanja. 

Selain itu, para seller yang menjadikan tokopedia sebagai pilihan utama juga mendapatkan keuntungan dari kemudahan penjualan produk. 

Hal ini karena fitur dan interface dari aplikasi Tokopedia juga dianggap sangat mudah dimengerti. Selain itu, seller mendapatkan kenyamanan dari sistem keamanan yang terus ditingkatkan. Ini menjadi pertimbangan bagi banyak seller yang ingin melakukan penjualan hingga transaksi. 

Namun, user termasuk seller sebaiknya mengikuti seluruh peraturan. Hal ini termasuk verifikasi no hp. Cara verifikasi no hp di Tokopedia juga dianggap sangat mudah dilakukan.

Fungsi Penting Verifikasi Nomor HP di Tokopedia

Cara Verifikasi No HP di Tokopedia

Sebenarnya marketplace Tokopedia memiliki tujuan khusus menerapkan peraturan dan persyaratan verifikasi nomor handphone bagi pemilik akun. 

Apalagi hal ini juga dianggap menjadi salah satu bagian penting bagi user maupun seller untuk menggunakan seluruh rincian fungsi fitur dengan mudah. 

Saat ini Tokopedia selalu melakukan pembaruan fitur untuk memudahkan bettor dalam transaksi penjualan dan pembelian produk. Berbagai fitur penting yang tersedia dianggap memberikan keuntungan. Verifikasi seperti ini juga sangat mudah dilakukan dan tanpa biaya sama sekali. 

Berikut ini ada beberapa fungsi penting bagi user Tokopedia untuk melakukan verifikasi no HP seperti:

1. Memudahkan penggunaan fitur

Salah satu manfaat yang sangat penting adalah memudahkan penggunaan banyak fitur yang tersedia di aplikasi Tokopedia. 

Hal ini justru memberikan keuntungan yang sangat besar bagi user. Selain itu, semakin banyak fitur penting yang bisa diakses akan memberikan keuntungan lebih banyak lagi. 

Misalnya saja user bisa mudah menggunakan layanan pembelian item digital hingga pembayaran dari tagihan secara langsung. 

Proses dari verifikasi ini membantu menjangkau lebih banyak lagi pilihan fitur yang populer bagi berbagai user.

2. Perlindungan akun

Fungsi penting lain yang menjadi pertimbangan termasuk memberikan tingkat perlindungan akun yang lebih baik. 

Bahkan, sistem keamanan ini sangat dibutuhkan bagi banyak user. Salah satu peningkatan sistem keamanan yang diterapkan termasuk OTP atau One Time Password. 

Sistem keamanan ini diberikan kepada user yang melakukan akses login pada saat melakukan berbagai transaksi. 

Selain itu, kombinasi angka dari password juga dikirim secara berkala pada saat melakukan transaksi. Keamanan ini juga berlalu untuk melindungi akun dari pembobolan. 

Akses dari OTP hanya bisa diterima oleh user yang mendaftarkan nomor handphone secara resmi. Kode OTP ini memiliki kadaluarsa dalam waktu sangat singkat.

3. Pengelolaan toko menjadi mudah

Hal ini juga memberikan kemudahan bagi user yang menjadi pemilik toko. Verifikasi nomor handphone akan membantu proses pesanan buyer dengan sangat mudah. 

Ini membuat kurir bisa langsung menghubungi pemilik toko untuk melakukan pickup. Bahkan, notifikasi dari status pesanan juga biasanya akan diberikan melalui pesan singkat. 

Pengelolaan toko menjadi lebih mudah dan sangat responsif. Seller akan semakin mudah untuk berkomunikasi dengan kurir dalam pengantaran paket atau produk kepada pembeli.

4. Kemudahan akses

Manfaat penting lainnya yang bisa dipertimbangkan bagi user tentu saja memberikan kemudahan akses login. Hal ini sangat dibutuhkan bagi user atau seller yang melakukan penggantian perangkat. 

Bila user lupa rincian akses login maka nomor handphone bisa membantu untuk proses verifikasi dengan mudah dan cepat. 

Selain itu, proses ini juga dianggap sangat aman untuk login kembali. Banyak user yang sering melalukan penggantian password dan sistem membutuhkan rincian nomor handphone untuk verifikasi. 

Jangan khawatir karena akses login melalui bantuan dari nomor handphone juga dianggap sangat aman. Tentu saja akses dari kemudahan login user hanya berlaku bagi nomor yang sudah didaftarkan.

Saat ini ada beberapa langkah mudah dari cara verifikasi no hp di Tokopedia. Metode yang diterapkan memang dianggap sangat cepat. 

Cara ini juga bisa langsung diterapkan melalui aplikasi resmi Tokopedia. Jangan khawatir karena metode yang digunakan dianggap sangat aman. 

Hal paling penting proses untuk verifikasi nomor hp yang dilakukan dianggap sangat cepat dan responsif. Ini membantu user untuk mendapatkan fitur penting dari Tokopedia secara lebih maksimal. Pastikan user menggunakan perangkat yang sudah terhubung dengan jaringan internet sangat stabil. 

Cara Verifikasi No HP di Tokopedia

Berikut ini ada cara verifikasi no hp di Tokopedia yang bisa dilakukan dengan mudah seperti:

Langkah 1. Pastikan Install Aplikasi Tokopedia di Perangkat

Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja dengan menginstall aplikasi Tokopedia di perangkat mobile. Untuk download dan install, bisa klik disini (untuk android) atau klik disana (untuk iPhone)

Pastikan install aplikasi resmi. Perangkat yang digunakan juga harus memiliki jaringan internet yang stabil untuk memudahkan proses verifikasi. Apalagi metode input nomor handphone juga akan berlangsung pada beberapa bagian.

Langkah 2. Login ke Tokopedia

Kamu harus mengakses login akun Tokopedia. Masukkan username dan password yang telah digunakan pada saat register. 

Kamu juga harus memastikan telah masuk pada bagian login akun untuk memudahkan proses verifikasi dengan waktu yang lebih cepat.

Langkah 3. Tap Navigasi Global Menu (icon tiga strip di pojok atas)

Selanjutnya, langsung saja tap Navigasi Called Global Menu atau icon  Biasanya logo/gambar tiga Strip tersebut berada di bagian kanan atas. 

Langkah 4. Tap Pengaturan

Lalu tap menu Pengaturan (icon roda bergerigi). Dan kamu akan mendapatkan akses ke menu Profil secara lengkap. Selalu gunakan jaringan internet yang stabil agar langkah berikutnya tidak terganggu.

Langkah 5. Tap Icon Menu Edit

Langsung tap logo Edit untuk mengedit nomor HP kamu. Ini dilakukan untuk mendapatkan rincian pada menu data diri secara lengkap. 

Halaman baru itu juga membantu user untuk mendapatkan akses ke bagian nomor hp.

Langkah 6. Klik Bagian Nomor HP yang Belum Diverifikasi

Kamu bisa tap bagian Nomor HP yang belum mendapatkan verifikasi. Biasanya terdapat kolom kosong dari nomor hp yang belum dimasukkan. Klik Ubah.

Langkah 7. Input Nomor HP Akun yang Akan Diverifikasi

Cobalah masukkan nomor hp pada kolom yang tersedia. Pastikan bahwa nomor handphone itu masih aktif dan menjadi pilihan utama bagi user. 

Ini dibutuhkan pada saat user melakukan verifikasi pada tahapan selanjutnya. Pilih operator yang memberikan layanan pengiriman sms dan memiliki jaringan luas.

Langkah 8. Pilih Metode Verifikasi yang Tersedia


Lakukan pemilihan metode verifikasi yang tersedia. Cara seperti ini biasanya dilakukan bagi user yang memberikan akses untun verifikasi melalui whatsapp atau sms. 

Pilihan metode itu juga sesuai dengan kebutuhan user. Selanjutnya, user yang sudah memilih metode verifikasi akan mendapatkan kiriman OTP.

Langkah 9. Input Kode OTP atau Kode Verifikasi

Masukkan kode OTP yang telah dikirim melalui aplikasi chat atau SMS. Kode OTP merupakan kombinasi angka acak. 

Kode ini memiliki kadaluarsa yang sangat terbatas. Setelah itu, tunggu hingga proses selesai. User akan mendapatkan notifikasi bahwa verifikasi berhasil dilakukan.

Cara Verifikasi No HP di Tokopedia yang Mudah

Untuk lebih mudahnya, begini langkah-langkahnya:

Verifikasi No HP di Tokopedia via Aplikasi

  • Masuk akun Tokopedia yang nomornya ingin diverifikasi.
  • Tap Navigasi Called Global Menu (Tiga Strip di pojok kanan).
  • Tap Pengaturan.
  • Kemudian tap logo edit untuk masuk ke menu data diri.
  • Kemudian tap pada bagian Nomor HP yang belum diverifikasi.
  • Input nomor HP akun yang akan diverifikasi.
  • Kemudian pilih metode verifikasi yang tersedia.
  • Input kode OTP atau kode verifikasi yang diterima.
  • Jika sudah input kode OTP dengan benar maka nomor akan langsung terverifikasi.

Verifikasi No HP di Tokopedia via Website

  • Kunjungi website Tokopedia.com
  • Masuk ke akun Tokopedia.
  • Klik Pengaturan dan klik Verifikasi pada bagian Nomor HP.
  • Selain itu, kamu juga bisa melakukan verifikasi pada halaman Tokopedia. Pesan pop-up ini akan muncul dan kamu tinggal klik Tambah Nomor HP untuk melakukan verifikasi.
  • Tambahkan nomor HP-mu, dan pastikan nomor HP yang dimasukkan aktif.
  • Pilih metode verifikasi sebagai One-Time Password (OTP) untuk verifikasi nomor HP-mu. Lalu, masukkan kode OTP yang dikirimkan lewat SMS atau WhatsApp Resmi Tokopedia. Ingat, jangan pernah membagikan kode OTP ke siapapun ya!
Gimana? Cukup jelas bukan panduan cara verifikasi no HP di Tokopedia yang kami ulas diatas? Setelah ini, kamu pasti langsung bisa melakukan pergantian nomor atau verifikasi no hp di Toped deh. Lalu, jika kamu bersedia bisa baca cara upgrade OVO premiere lewat Tokopedia.