Cara Video Call WA Lewat Laptop dengan Benar (Update)

Caracekonline.net | Apakah panduan cara video call WA lewat laptop saat ini menjadi satu topik yang sedang kamu cari? Layanan whatsapp saat ini sudah memiliki banyak perkembangan. 

Apalagi akses untuk layanan sudah menjangkau berbagai perangkat. Ini membuat user bisa menikmati layanan dengan mudah dan cepat. Hal paling penting tentu saja layanan ini juga gratis digunakan. Salah satu keunggulan dari layanan ini dengan menawarkan akses melalui perangkat laptop. 

Fitur whatsapp melalui laptop juga dianggap sangat lengkap. User bisa melakukan panggilan video call melalui aplikasi di laptop. 

Pengaturan yang dilakukan juga dianggap sangat sederhana. User bisa menerapkan cara video call wa lewat laptop dengan sangat mudah.

Fungsi Video Call WA dari Laptop

Fitur video call dari layanan whatsapp memang tersedia bagi seluruh user. Selain itu, akses layanan ini juga tersedia untuk banyak perangkat. 

Ini yang membuat user bisa menikmati layanan dengan mudah dan cepat. Selain itu, user juga bisa melakukan panggilan video call langsung dari laptop. 

Kualitas panggilan video juga disesuaikan dengan jaringan internet hingga perangkat kamera. User bisa menggunakan fitur ini untuk mendapatkan fungsi yang lebih optimal lagi. 

Berikut ini ada beberapa fungsi penting dari panggilan video call di laptop yang bisa digunakan user seperti:

1. Panggilan personal

Salah satu fungsi video call wa yang dilakukan dengan wa adalah melalukan panggilan personal kepada user lainnya. 

Bahkan, panggilan ini bisa dilakukan untuk user lain yang menggunakan perangkat berbeda. Tentu saja panggilan ini bisa dilakukan tanpa batasan waktu. 

Pastikan user juga memiliki dukungan perangkat laptop yang memadai. Hal ini untuk mendukung proses panggilan yang lebih maksimal. 

Jangan khawatir karena aplikasi yang digunakan melalui laptop untuk panggilan video juga sangat aman. Apalagi pihak lain tidak bisa mengakses layanan ini.

2. Memudahkan panggilan group

Fungsi lain yang bisa didapatkan user dengan menggunakan video call dari laptop lewat wa adalah memudahkan panggilan untuk grup. 

Metode seperti ini memang sering dilakukan bagi user yang tergabung dalam banyak grup. Bahkan, panggilan bisa dilakukan dengan mudah. 

Namun, metode panggilan yang berlaku untuk grup dianggap cukup terbatas. Peserta dari panggilan grup ini memang disesuaikan dengan ijin dari moderator. 

Jangan khawatir karena akses untuk panggilan bisa dilakukan secara bergantian. Ini membuat user bisa mendapatkan kemudahan dalam komunikasi dengan anggota grup lain untuk jangka waktu yang sangat lama.

3. Dukungan meeting online

Ini juga bisa menjadi fungsi penting bagi user yang menggunakan video call wa. Fitur ini membantu para pekerja dan profesional untuk melakukan meeting online dengan mudah. 

Metode ini juga membantu para profesional terhubung secara langsung. Apalagi banyak pekerja yang menjalankan WFH dengan mudah melalui perangkat yang berbeda.

Bahkan, kinerja dari setiap pekerja juga bisa langsung dipantau dengan mudah. Apalagi sebagian besar profesional saat ini memang menjadikan whatsapp sebagai salah satu layanan chat paling mudah digunakan. 

Perlu diingat bahwa layanan panggilan wa untuk meeting online memiliki jumlah yang sangat terbatas.

4. Fitur beragam

Ini juga merupakan fungsi dan keunggulan panggilan video wa di laptop yang bisa dinikmati para user. Panggilan video ini memiliki banyan fitur tambahan yang membuat akses semakin mudah. 

Fungsional dari fitur panggilan juga dianggal lebih optimal. Misalnya saja user bisa melakukan panggilan video tanpa suara dengan mengaktifkan tombol mute. 

Cara seperti ini memang sering dilakukan agar user lain yang menerima panggilan bisa menyampaikan pesan dengan mudah tanpa distorisi. 

Fitur security juga sebenarnya akan diaktifkan secara otomatis. Pesan panggilan video ini tidak bisa diakses oleh pihak lainnya secara sembarangan.

5. Pengiriman file sambil video call

Sebenarnya fungsi video call seperti ini memang sangat membantu bagi banyak user. Bagi user yang sedang melakukan panggilan video dengan wa di laptop bisa juga mengirim file. 

Hal ini dilakukan dengan mudah melalui pengiriman pesan singkat. Bahkan, proses pengiriman file bisa dilakukan tanpa harus menutup panggilan video. 

Namun, cara seperti ini memang harus dilakukan dengan dukungan koneksi internet yang sangat stabil. 

User bisa menerapkan minimize pada layar video call agar bisa dengan mudah melakukan pengiriman file lewat chat. Cobalah optimalkan fungsi ini melalui perangkat laptop dengan spesifikasi memadai.

6. Kemudahan akses

Jangan khawatir karena fungsi video call wa yang dilakukan di laptop sangat mudah diakses. Seluruh fitur bisa digunakan secara optimal. 

Kemudahan akses ini membuat user bisa tetap melalukan video call sambil mencoba untuk membuka aplikasi lain yang ada di laptop. Biasanya cara ini sering dilakukan para profesional untuk presentasi atau menjelaskan hasil pekerjaan. 

Jangan khawatir karena panggilan video akan tetap berlangsung meskipun user sedang membuka aplikasi lain. Kualitas video juga tidak akan berkurang bila terdapat aplikasi lain yang dijangkau. 

Namun, user harus membatasi untuk integrasi fungsi aplikasi lainnya saat melakukan video call melalui laptop.

Metode dan cara video call wa lewat laptop bisa dilakukan dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu, user juga bisa menggunakan fitur panggilan ini secara langsung melalui pengaturan yang sederhana. Ini membuat user bisa mendapatkan fungsi lebih baik. 

Jangan khawatir karena aplikasi whatsapp sangat kompatibel untuk banyak perangkat laptop. Hal yang paling penting tentu saja user harus memiliki jaringan internet sangat stabil. Kualitas jaringan internet memang dianggap mempengaruhi resolusi dari video yang dilakukan user. 

Cara Video Call WA Lewat Laptop

Cara Video Call WA Lewat Laptop

Berikut ini ada langkah mudah dan cara video call wa lewat laptop yang bisa dilakukan user seperti:

1. Download dan Install Aplikasi WA Desktop

Download WhatsApp Desktop terlebih dahulu untuk Windows atau Mac

2. Akses Login User

  • Masuk akun WhatsApp melalui kode QR yang discan di ponsel.

Ponsel android klik ikon tiga titik di pojok kanan atas pilih perangkat tertaut
Ponsel iPhone pilih menu pengaturan di kanan bawah ketuk perangkat tertaut

  • Scan kode QR di komputer melalui ponsel untuk menghubungkan akun

3. Periksa Koneksi Internet

Pastikan komputer atau laptop terhubung ke jaringan internet

4. Mulai Pengaturan Perangkat

  • Mengizinkan WhatsApp untuk mengakses mikrofon dan kamera komputer.
  • Pastikan perangkat audio, mikrofon, dan kamera dapat melakukan panggilan video. Jika kamera tidak mendukung hanya dapat melakukan panggilan suara.
  • User bisa memakai headset untuk mendapatkan kualitas audio yang baik.

5. Buka Aplikasi dan Cari Kontak

  • Buka aplikasi WhatsApp Dekstop yang sudah diunduh di perangkat.
  • Buka chat individu atau kontak yang ingin dihubungi.

6. Lakukan Panggilan

  • Klik ikon panggilan video atau telepon untuk suara
  • Ketika panggilan berlangsung, user dapat membunyikan atau membisukan mikrofon. Caranya dengan klik ikon mikrofon
  • User juga bisa klik ikon kamera untuk mengaktifkan atau mematikan video.
  • Bila ingin mengakhiri panggilan segera klik menu Akhiri Panggilan pada layar laptop.
Hanya itu saja cara video call WA lewat laptop yang mudah dan benar, jika kamu masih kesulitan coba tutor kami yang lainnya seperti cara video call Whatsapp di laptop.