Cara Verifikasi Email LinkAja dengan Benar [7 Langkah]

caracekonline.net | Para pengguna LinkAja pasti masih banyak yang belum tahu bagaimana cara verifikasi email LinkAja, betul? Salah satu rekomendasi dari dompet digital populer saat ini adalah LinkAja. 

Banyak fungsi dan fitur yang tersedia. User bisa menggunakan layanan dengan sangat mudah. Hal paling penting tentu saja akses dari dompet digital ini bisa dijangkau melalui platform mobile. 

Akses fitur dengan tampilan antar muka yang modern membuat user bisa menggunakan dalam jangka waktu lama. Banyak user yang menjadikan LinkAja sebagai metode pembayaran atau transaksi. 

Seluruh layanan bisa tersedia dan mudah dijangkau setelah melakukan verifikasi email. Jangan khawatir user bisa menerapkan cara verifikasi email linkaja dengan mudah dan cepat.

Keuntungan Menggunakan LinkAja

User bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan memiliki dompet digital LinkAja. Apalagi layanan ini juga sudah mendukung banyak merchant di seluruh Indonesia. 

Proses transaksi yang mudah juga dianggap menjadi salah satu pertimbangan. Semakin banyak keuntungan yang ditawarkan dari layanan LinkAja maka user bisa memanfaatkan dengan mudah. Apalagi persyaratan untuk menjadi member atau user juga tidak terlalu rumit. 

Hal yang paling tentu saja user harus memahami seluruh persyaratan yang berlaku untuk penggunaan layanan. Berikut ini ada berbagai keuntungan dalam penggunaan linkaja yang wajib dipertimbangkan seperti:

1. Transaksi QRIS

Ini merupakan salah satu keunggulan dan keuntungan menggunakan LinkAja sebagai dompet digital. Aplikasi ini sudah menerapkan metode pembayaran dengan QRIS. 

Ini memudahkan user untuk melakukan pembayaran di banyak tempat yang menyediakan barcode QRIS. Metode pembayaran yang diterapkan juga dianggap sangat sederhana. User hanya melakukan scanning pada bagian QR Code yang terpasang. 

Selanjutnya, sistem akan secara otomatis menampilkan nominal biaya yang harus dibayarkan. User bisa memasukkan kode PIN untuk melakukan pembayaran secara langsung. Bukti rincian pembayaran akan ditampilkan pada aplikasi dan dikirim melalui email yang terdaftar LinkAja.

2. Pembayaran banyak merchant

Keuntungan lain yang wajib dipertimbangkan tentu saja user bisa melakukan pembayaran pada banyak merchant. Saat ini, pilihan merchant yang menyediakan layanan QR Code sudah tersebar di banyak wilayah Indonesia. 

Bahkan, layanan QR Code ini juga berlaku pada warung makan hingga toko klontong. Sistem pembayaran yang real time menjadi pertimbangan bagi banyak user untuk membayar dengan LinkAja. 

3. Pembayaran tagihan

Fitur yang tersedia LinkAja juga termasuk untuk memudahkan pembayaran tagihan. Misalnya saja user bisa melakukan pembayaran tagihan listrik dan lainnya. Pilihan produk atau layanan konsumen juga tersedia cukup beragam. 

Ini membuat bisa dengan mudah mendapatkan kenyamanan pembayaran layanan tepat waktu tanpa batasan lokasi. Selama aplikasi LinkAja tersambung dengan jaringan internet maka seluruh pembayaran tagihan bisa dilakukan dengan mudah. 

Proses verifikasi dari pembayaran tagihan juga real time. Hal ini membuat user bisa mendapatkan rincian pembayaran dengan lengkap melalui email.

4. Pembelian produk digital

Dompet digital LinkAja juga menyediakan layanan pembelian banyak produk digital. Bahkan, pilihan produk digital yang tersedia sangat lengkap. 

Misalnya saja, user bisa melakukan pembelian pulsa, paket data, item game online dan lainnya. 

Pilihan produk digital yang tersedia juga terus mendapatkan pembaruan. Ini membuat user semakin nyaman untuk mendapatkan produk digital yang diinginkan. 

Proses pembelian dan pengiriman produk juga dilakukan dengan cepat dan responsif. Ini membuat user tidak membutuhkan waktu yang lebih lama dalam penggunaan produk.

5. Pembayaran layanan publik

LinkAja juga memberikan kemudahan bagi user untuk melakukan pembayaran banyak layanan publik. Misalnya saja saja layanan yang tersedia termasuk pembayaran PDAM, Pajak hingga BPJS.

Metode pembayaran yang diberlakukan juga dianggap sangat mudah. Selain itu, user juga bisa melakukan pembayaran banyak layanan sekaligus. Metode seperti ini tidak membutuhkan waktu sangat lama. Seluruh proses verifikasi pembayaran berlaku secara online.

Rincian dari transaksi dikirimkan melalui email sebagai bukti bagi user. Apalagi rincian transaksi juga bisa dilihat melalui history pada aplikasi.

6. Penawaran diskon hingga cashback

User tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak penawaran diskon pembayaran hingga cashback dengan nominal sangat besar. Penawaran ini berlaku secara periodik dengan durasi yang lebih lama. 

Bahkan, user bisa menikmati seluruh penawaran sekaligus untuk memperoleh diskon dan cashback yang lebih menguntungkan. 

Rincian dari penawaran akan ditampilkan pada halaman depan dari aplikasi. Selain itu, user juga bisa mendapatkan penawaran melalui notifikasi yang dikirim melalui email. 

Pastikan untuk selalu memahami persyaratan dari setiap penawaran yang diberikan. Hal ini juga membantu user untuk terhindar dari sanksi berupa pemblokiran akun.

7. Integrasi banyak marketplace

Dompet digital LinkAja saat ini sudah mulai menawarkan integrasi pembayaran dengan banyak marketplace. Pilihan marketplace ini juga bisa membuat user berbelanja hingga mendapatkan layanan yang diinginkan. 

Misalnya saja, user bisa membayar biaya ride sharing atau ojek online dengan linkaja. Selain itu, user bisa melakukan pembelian tiket atau pemesanan hotel secara online dan membayar tagihan dengan linkaja. Banyak juga ecommerce yang sudah bekerja sama dengan linkaja untuk pembayaran. 

Hal yang paling penting adalah dengan melakukan sinkronisasi nomor handphone dari LinkAja dengan akun dari Marketplace. Metode pembayaran juga sangat aman karena selalu menggunakan kombinasi pin.

Cara Verifikasi Email LinkAja

Langkah yang dibutuhkan untuk cara verifikasi email LinkAja dianggap sangat sederhana. Tentu saja metode yang dilakukan juga bisa melalui aplikasi LinkAja. 

Hal yang paling penting adalah user harus menggunakan perangkat mobile dengan jaringan internet yang sangat stabil. 

Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan dan mendukung proses verifikasi lebih cepat. Perlu diingat bahwa ada banyak fungsi verifikasi email yang wajib untuk diperhitungkan. Apalagi berbagai layanan penting dari aplikasi ini memang membutuhkan proses verifikasi email. 

Berikut ini cara verifikasi email LinkAja yang bisa dicoba user seperti:

Langkah 1. Download Aplikasi LinkAja


Pastikan untuk download dan install aplikasi LinkAja melalui Google Play Store atau App Store. Proses download yang dilakukan sangat mudah. Segera instalasi dan tunggu hingga selesai sempurna.

Link Download:

Langkah 2. Buka Aplikasi


Kamu bisa langsung membuka dan jalankan aplikasi LinkAja pada perangkat smartphonemu.

Langkah 3. Login 

Pastikan kamu langsung Login dengan memasukkan PIN.

Langkah 4. Pilih Menu Akun - Email

Pada halaman beranda, klik menu Akun. Kamu akan menemukan opsi email dengan keterangan Email - Belum Diverifikasi. Klik menu tersebut, kemudian pilih Email Terdaftar lanjut tekan Kirim Ulang untuk mengirim kode verifikasi.

Langkah 5. Buka Inbox Email 

  • Kamu harus segera membuka email yang tertaut pada akun LinkAja. 
  • Bagi yang pakai Gmail bisa kunjungi gmail.com atau mail.google.com. Atau bisa juga buka aplikasi Gmail di smartphone.
  • Silahkan Login ke email kamu, lalu cek di Kotak Masuk atau Inbox
  • Cek email masuk paling terbaru, biasanya akan mendapat pesan verifikasi email. Apabila pesan tersebut tidak terdapat di kotak masuk, coba periksa di folder ‘Spam’.

Langkah 6. Segera Lakukan Verifikasi Email

Pastikan pengirim email verifikasi menggunakan alamat email resmi LinkAja, yakni info@linkaja.id. Hal ini bisa langsung dilihat pada kolom pengirim.

Langkah 7. Konfirmasi Email

Bila user telah menemukan pesan verifikasi maka segera buka pesan tersebut. Kamu bisa langsung menekan tombol Verifikasi Email

Apabila tombol verifikasi tidak dapat di-klik, kamu bisa klik link atau copy URL verifikasi dan meletakkannya di peramban (browser) perangkat lalu kunjungi. Tunggu hingga proses verifikasi selesai.

Cara Verifikasi Email Akun LinkAja

Jika masih belum berhasil, coba langkah-langkah cara verifikasi email akun LinkAja melalui panduan video berikut ini:

  • Langkah awal, tentunya kamu harus buka dan jalankan aplikasi LinkAja. Jika belum punya aplikasinya silahkan download dan install dulu aplikasinya lewat Google Play atau App Store.
  • Setelah aplikasi dibuka, langsung Login dan masukkan PIN kamu.
  • Masuk ke Profile.
  • Lanjut tap bagian Email.
  • Pastikan email kamu benar dan valid (masih bisa dipakai), lanjutkan klik tombol Kirim.
  • Kamu diminta untuk memasukkan PIN akun LinkAja kembali.
  • Langkah akhir, silahkan buka gmail.com atau penyedia layanan email kamu. Cek kotak masuk (inbox), buka kode verifikasi yang diberikan LinkAja. Klik tombol verifikasi yang diberikan, jika tidak ada biasanya bisa klik link url untuk verifikasi.
  • Selesai.
Nah pada akhirnya, cukup disini saja ulasan cara verifikasi email LinkAja yang benar bisa dipraktekkan sendiri dirumah. Jika masih ada waktu, bisa baca cara verifikasi ulang BCA mobile yang juga mudah dipahami.