17+ Cara Vakum Makanan yang Paling Benar

Cara Vakum MakananCaracekonline.net | Banyak orang yang masih memiliki kebiasaan menyimpan makanan di lemari es. Biasanya hal ini dilakukan karena jumlah makanan itu masih terlalu banyak dan akan dinikmati kembali. 

Namun, penyimpanan makanan ini harus dilakukan dengan benar. Apalagi ini dilakukan untuk menjaga kualitas makanan tetap baik dalam jangka waktu yang lebih lama. 

Metode yang digunakan misalnya dengan melakukan vacum. Saat ini ada banyak peralatan vacum untuk makanan yang tersedia. 

Selain itu, metode dan cara vacum makanan juga bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan, metode vacum untuk makanan bisa diterapkan tanpa perlengkapan tambahan sekalipun.

Cobalah pilih cara vacum untuk makan yang paling ideal.

Keuntungan Vacum Makanan

Sebenarnya ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan dengan menerapkan vacum. Metode seperti ini justru menjadi salah satu solusi yang sangat penting dalam menyimpan makanan. Jangan khawatir ada banyak pilihan metode yang bisa digunakan dengan sangat mudah. 

Bahkan, metode vacum untuk makanan juga berlaku untuk berbagai jenis. Fungsional dari metode ini memang harus ditetapkan dengan maksimal. 

Berikut ini ada beberapa manfaat dan keuntungan melakukan vacum untuk makanan yang disimpan seperti:

1. Durasi penyimpanan lebih lama

Manfaat penting dari vacum untuk makanan adalah bisa meningkatkan durasi penyimpanan yang lebih lama. 

Bahkan, lama penyimpanan seperti ini dianggap lebih baik hingga 5 kali dari metode yang sederhana. Biasanya penyimpanan ini sering dilakukan melalui lemari es atau kulkas. 

Ini membuat anda bisa mengkonsumsi kembali makanan itu untuk waktu yang lebih lama sesuai dengan jenis makanan. 

Pastikan juga untuk menerapkan metode vacum makanan yang lebih baik sehingga bisa mendapatkan durasi penyimpanan yang lebih lama lagi.

2. Kualitas makanan terjaga

Anda harus ingat bahwa metode vacum untuk makanan bisa menjaga kualitas makanan tetap baik. Cara ini membantu kualitas rasa hingga tekstur pada bahan makanan. 

Selain itu, metode penyimpanan ini juga membuat kandungan nutrisi pads makanan memang bisa terjaga dengan baik. Ini membuat anda bisa kembali mengkonsumsi tanpa harus khawatir dengan kualitas makanan itu. 

Pastikan juga selalu mengikuti instruksi untuk menyimpan makanan dengan baik dan benar. Bahkan, metode ini bisa berlaku pada seluruh jenis makanan.

3. Bisa menghemat pengeluaran

Secara ekonomis, metode vacum untuk makanan ini bisa menghemat biaya pengeluaran. Apalagi anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan yang lebih banyak. 

Pastikan juga jenis makanan yang disimpan kembali seperti ini memiliki kualitas yang baik juga. Sebenarnya metode vacum seperti ini bisa dilakukan pada banyak bahan makanan. 

Anda bisa menghemat banyak uang agar tidak boros untuk mengeluarkan biaya pembelian bahan makanan berulang kali.

4. Penggunaan kulkas lebih efisien

Perlu diingat bahwa penggunaan metode vacum untuk makanan ini justru membantu dalam memasimalkan penggunaan kulkas. 

Kapasitas penyimpanan dari lemari es juga bisa lebih banyak lagi. Cara ini memang membuat anda bisa melakukan tata letak penyimpanan yang lebih baik. 

Pastikan juga untuk menempatkan kategori bahan makanan yang telah divacum sesuai dengan jenis. Ini juga membantu agar kualitas dari makanan yang disimpan lebih terjaga.

Cara Vakum Makanan

Salah satu cara vacum pada makanan yang akan disimpan dengan menggunakan alat khusus. Perlengkapan yang digunakan ini sering disebut dengan vacum sealer. 

Ada banyak pilihan dan jenis vacum sealer yang tersedia di pasaran. Masing-masing perlengkapan yang tersedia juga memiliki fungsi dan fitur yang berbeda. 

Hal paling penting tentu saja dengan mempersiapkan alat bantu berkualitas seperti plastik khusus. Cara yang ditetapkan memang sangat sederhana. 

Bahkan, metode ini dianggap bisa menjaga kualitas makanan lebih lama pada saat disimpan di dalam lemari es. 

Cara Vakum Makanan dengan Alat Bantuan

Berikut ini cara vacum makanan dengan menggunakan alat seperti:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan tentu saja dengan menggunakan vacum yang baik dan berkualitas. 

Pastikan bahwa plastik yang digunakan sudah diperiksa dengan sangat baik. Jangan ada sedikitpun kebocoran pada plastik yang digunakan. Hal itu justru akan memberikan dampak yang sangat buruk.

2. Segera isi plastik dengan makanan. Anda harus ingat untuk tidak mengisi bagian pastik secara lenuh. Hal ini untuk memudahkan proses vacum

3. Sisakan beberapa bagian plastik. Metode ini dilakukan agar lebih mudah dalam melakukan vacum dan penyimpanan. Selain itu, metode ini membantu agar plastik bisa efektif menutupi bagian makanan.

4. Potong-potong makanan besar menjadi bagian kecil terlebih dahulu agar sesuai dengan dengan kemasan. Hindari penumpukan makanan secara berlebihan pada satu wadah plastik vacum.

5. Biasanya masing-masing jenis alat vacum memiliki tata penggunaan yang berbeda. Namun, metode yang paling sederhana adalah sejajarkan ujung plastik kemasan dengan penutup mesin vakum makanan.

6. Cobalah tekan kebawah penutup mesin pengemas vakum makanan. Perlu diingat untuk tidak terlalu berlebihan dalam menekan bagian penutup mesin.

7. Nyalakan tombol “ON” pada mesin untuk memulai proses vakum.

8. Anda harus menunggu beberapa saat hingga udara didalam kemasan plastik benar-benar hilang dan kedap udara. Pastikan proses vacum sudah berlangsung dengan sempurna tanpa adanya bagian gelembung.

9. Sebenarnya bisa juga menerapkan proses vakum kembali jika ingin membuat plastik kemasan benar-benar kedap udara.

10. Tunggu hingga mesin mendingin kemudian angkat penutup mesin pengemas. Setelah itu, segera tarik pastik kemasan yang telah divakum.

11. Segera masukkan makanan yang telah divakum kedalam lemari es atau freezer. Bila ingin mengkonsumsi kembali dalam waktu cepat cobalah tempatkan di bagian bawah.

Cara Vakum Makanan Tanpa Bantuan Alat

Bila anda menganggap bahwa perlengkapan vacum untuk makanan dianggap terlalu mahal cobalah menerapkan metode tanpa alat itu. Cara vacum makanan seperti ini memang dianggap sangat sederhana. 

Namun, fungsional yang didapatkan juga dianggap cukup baik. Metode yang ditetapkan bisa dilakukan dengan cepat. Hal paling penting tentu saja dengan menyediakan alat bantu dengan kualitas yang sangat baik. 

Selain itu, jenis makanan yang bisa digunakan denga metode vacum ini memang cukup terbatas. Berikut ini beberapa langkah mudah dari cara vacum makanan tanpa perlengkapan mahal seperti:

1. Siapkan plastik kemasan zip lock. Plastik ini banyak dijual di pasaran.

2. Masukkan makanan kedalam plastik zip lock.

3. Rekatkan penutup plastik zip lock, tapi jangan sampai tertutup penuh.

4. Sisakan beberapa cm untuk mengeluarkan udara dari dalam plastik zip lock.

5. Rendam dan tekan perlahan plastik kedalam wadah berisi air.

6. Udara dari dalam plastik zip lock akan keluar dan membuat vakum alami.

7. Rapatkan seal yang masih terbuka agar air tidak ikut masuk kedalam plastik zip lock. Metode seperti ini membuat udara yang berada di dalam plastik zip lock dapat dikeluarkan. 

Meski tidak sebaik kerja mesin vakum dalam membuat plastik kedap udara, namun cara ini cukup efektif jika makanan ingin disimpan sedikit lebih lama.

8. Setelah itu, masukkan kedalam mesin pendingin/freezer.

Cukup sampai disini ulasan lengkap perihal cara vakum makanan yang paling efektif mudah dan benar untuk kamu lakukan sewaktu-waktu. Jika ada waktu, mampir baca cara usir semut paling ampuh agar kamu semakin pandai.