10+ Cara Usir Semut yang Paling Benar

Caracekonline.net | Cara usir semut menjadi satu topik penting yang belum banyak diketahui orang-orang. Hewan seperti semut bisa ditemui di banyak tempat. 

Hewan ini memang berkoloni dengan jumlah yang sangat banyak. Ada banyak jenis semut yang bisa ditemui. 

Biasanya karakter semut akan sesuai dengan warna hingga ukuran. Bahkan, ada semut yang memiliki karakter menggigit atau tidak sama sekali. Sebagian besar semut yang tidak menggigit sering ditemui di rumah. 

Jumlah semut ini juga sangat banyak dan kadang memiliki sarang di beberapa sudut. Hal ini tentu saja dianggap sangat mengganggu. 

Kondisi ini membuat anda bisa melakukan beberapa cara usir semut yang mudah. Namun, cobalah untuk menggunakan cara usir semut yang aman dengan bahan dasar alami dan tidak memiliki efek samping sama sekali.

Beragam Metode Usir Semut dengan Bahan Alami

Metode dari cara usir semut yang paling mudah biasanya menggunakan bahan alami. Sebenarnya ada banyak bahan alami yang tersedia dan bisa digunakan dengan sangat mudah. 

Sebagian besar bahan alami yang digunakan itu tidak memiliki efek samping sama sekali. Ini yang membuat anda bisa menggunakan secara berkali-kali.

Namun, perlu diingat bahwa dampak dari menggunakan bahan alami untuk mengusir semut memang tidak langsung bisa terlihat. Ini membuat metode yang dilakukan membutuhkan waktu cukup lama. 

Cara Usir Semut

Cara Usir Semut

Berikut ini ada beberapa rekomendasi dari cara usir semut paling mudah dengan bahan alami seperti:

1. Ampas Kopi

Bagi para penggemar kopi sebaiknya simpan ampas kopi terlebih dahulu. Bahan alami ini juga dianggap sangat efektif untuk mengusir semut. Efek aroma kafein pada kopi memberikan rasa tidak nyaman bagi semut. 

Selain itu, aroma kopi juga bisa melumpuhkan semut. Metode yang digunakan juga sangat sederhana. Anda bisa menaburkan ampas kopi yang baru diseduh di tempat berkumpulnya semut. 

Jumlah ampas kopi yang ditaburkan bisa dalam banyak. Semakin banyak ampas kopi yang ditempatkan pada sarang semut maka efektifitas akan semakin tinggi. Coba terapkan metode ini dalam waktu lama.

2. Air Mendidih

Sebenarnya cara yang paling mudah adalah dengan menyiram air mendidih langsung. Metode ini bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Namun, cara ini memang membutuhkan waktu efektif yang lebih lama. 

Cara ini efektif dan langsung melumpuhkan banyak semut di dalamnya. Sarang semut mungkin tampak kecil, tetapi koloni semut di bawahnya sangat banyak. Air mendidih tidak akan cukup untuk membunuh seluruh koloni. 

Oleh sebab itu, pastikan untuk menyiram sarang semut beberapa kali seminggu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik cobalah kolaborasikan metode ini dengan cara lainnya. Apalagi anda juga membutuhkan jumlah air mendidih yang lebih banyak.

3. Bubuk Cabe hingga Lada

Anda bisa menggunakan bahan lain seperti cabe atau lada. Namun, bahan yang digunakan sebaiknya dalam bentuk bubuk yang sangat kecil. 

Bahan ini memberikan efek pedas dan panas pada semut. Bahkan, banyak jenis serangga yang membenci bubuk cabe atau lada. 

Metode yang digunakan juga sangat sederhana. Anda cukup menaburkan bubuk cabe, lada hingga merica pada koloni atau sadang semut. Jumlah bubuk yang ditaburkan juga cukup banyak. 

Lakukan cara seperti ini secara merata hingga semut tidak memiliki jalur lain. Jangan khawatir karena metode ini bisa dilakukan dengan berkali-kali tanpa harus khawatir efek samping berlebih. 

Namun, biasanya anda akan membutuhkan biaya cukup mahal untuk mendapatkan bubuk ini.

4. Lemon

Pilihan cara lain untuk mengusir semut yang sangat banyak di rumah dengan menggunakan lemon. Metode ini dianggap sangat mudah dan terjangkau. 

Apalagi anda juga bisa mendapatkan bahan alami lemon dengan mudah. Metode yang digunakan dimulai dengan mengambil sari lemon secukupnya. 

Selanjutnya, gunakan campuran lemon dan air dengan perbandingan 3:1. Semprotkan campuran pada semut, titik masuknya, dan sarang semut setiap kali ada semut merah di dalam rumah. 

Lakukan cara ini setiap hari dengan jumlah lemot yang lebih banyak. Biasanya efek yang diberikan dari semprotan ini memang cukup lama. 

Bahkan, anda bisa menumpahkan langsung cairan lemon pada sarang semut yang berukuran besar.

5. Minyak Kayu Putih

Bahan alami lain yang bisa dicoba dengan mudah untuk mengusir semut adalah minyak kayu putih. Ini adalah bahan alami yang sangat mudah didapatkan. 

Namun, anda harus ingat bahwa banyak minyak kayu putih yang memiliki harga cukup mahal. Cobalah mulai dengan minyak kayu putih murah terlebih dahulu. 

Cara yang dilakukan juga sangat sederhana. Anda bisa mencampurkan 5 hingga 10 tetes minyak kayu putih dengan 2 gelas air dalam botol semprot, lalu semprotkan campuran di sekitar rumah yang biasanya didatangi semut. 

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan membasahi kapas secara langsung menggunakan minyak kayu putih. Tempatkan kapas basah itu pada sarang semut. Ganti kapas hingga semut pergi dari sarangnya.

6. Kayu Manis

Rekomendasi cara lain untuk mengusir semut adalah dengan bahan alami seperti Kayu Manis. Ini termasuk salah satu bahan alami yang mudah ditemui dan tidak memiliki efek samping sama sekali. 

Namun, jangan khawatir kayu manis memiliki efek mengusir semut yang sangat efektif. Bahkan, kayu manis juga bisa melumpuhkan jenis semut merah yang dianggap sangat mengganggu. 

Cara penggunaan dari bahan alami ini dianggap sangat sederhana. Taburkan bubuk kayu manis langsung di atas semut atau semprotkan minyak kayu manis dan air ke sarang semut untuk mencegah semut merah masuk ke dalam rumah. Metode ini bisa dilakukan dengan berkali-kali untuk jangka waktu yang lama.

7. Daun Mint

Pilihan metode cara usir semut lain yang bisa dicoba dengan daun mint. Perlu diingat bahwa metode ini dianggap cukup ampuh. 

Apalagi anda juga bisa menggunakan cara ini dengan sangat mudah. Efek yang ditimbulkan dari daun mint memang memberikan aroma sangat pekat. Bahkan, aroma ini juga sangat dibenci oleh semut. 

Bahan alami ini bisa juga digunakan untuk mengusir semut merah. Cara yang dilakukan dengan menyemprotkan minyak mint atau ekstrak mint ke semua titik masuk dan sudut rumah. 

Cara ini efektif untuk mengusir semut. Cobalah terapkan metode ini dengan jangka waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil cepat.

8. Cuka Putih

Salah satu pilihan dari bahan alami yang digunakan untuk mengusir semut adalah Cuka Putih. Anda harus tahu bahwa Cuka putih dapat mengusir semut dengan efektif. 

Bahan ini mudah dan murah serta merupakan agen pembersih alami. Efek yang ditimbulkan dari cuka putih ini memang membuat semut tidak nyaman dan akan meninggalkan koloni dalam waktu yang cepat. 

Metode penggunaan yang dilakukan juga sangat sederhana. Anda bisa mencampur cuka dan air dengan perbandingan 1:1 dan semprotkan ke semua titik masuk yang memungkinkan. 

Campuran ini juga dapat langsung disemprotkan. Cara ini efektif untuk menghancurkan sarang semut. Lakukan secara berulang kali hingga semut meninggalkan sarang atau sudut ruangan.

9. Kulit Jeruk

Pilihan cara lain yang dilakukan melalui kulit jeruk. Cobalah letakkan kulit jeruk di area yang diketahui ada banyak semut. 

Kulit jeruk terbukti menunjukkan aktivitas antijamur sehingga menghambat pertumbuhan salah satu sumber makanan utama semut. Aroma kulit jeruk yang menyengat juga membuat pergerakan semut tidak beraturan.

10. Kapur

Kapur juga dipercaya dapat mengatasi semut hingga mengusirnya. Metode untuk mengusir semut paling ajaib yang terakhir yakni dengan kapur. Kapur yang kami maksud adalah, kapur ajaib yang banyak dijual dipasaran. 

Cara mengusir semutnya, cobalah gambar garis tepat di depan tempat semut memasuki rumah. Garis tersebut akan dianggap semut sebagai dinding pembatas sehingga dirinya tak sanggup menerobosnya masuk.

Mungkin hanya itu saja bahan-bahan alami yang dapat dipakai untuk menghilangkan semut. Dan ulasan cara usir semut yang paling mudah memang banyak akan metode yang bisa dilakukan. Selamat mencoba!