Cara Withdraw GoPay yang Benar [13 LANGKAH]

Caracekonline.net | Mungkin sebagian pengguna Gojek masih ada yang belum tahu dan paham betul gimana cara withdraw GoPay yang benar. Pada awalnya, Gopay hanya digunakan untuk pembayaran layanan yang tersedia di layanan aplikasi Gojek.

Namun, saat ini metode pembayaran Gopay menjadi pilihan bagi banyak user untuk membayar tagihan hingga melalukan pembelian produk di merchant. 

Pengembangan sistem layanan yang tersedia di aplikasi Gopay juga terus dikembangkan. Banyak fitur penting yang dianggap bisa membantu user dalam melakukan berbagai transaksi. 

Misalnya saja pengiriman dana ke sesama pengguna Gopay, transfer ke bank lain hingga withdraw dana. Persyaratan yang ditetapkan dianggap tidak terlalu rumit. User bisa melakukan cara withdraw gopay dengan mudah dan cepat.

Apa itu Gopay?

GoPay adalah salah satu layanan pembayaran berupa dompet digital milik aplikasi Gojek. Fitur Gopay memang terintegrasi secara langsung pada layanan super apps Gojek. 

Banyak fungsi yang tersedia di fitur Gopay. Salah satu fungsi yang sangat penting adalah untuk pembayaran layanan di Gojek seperti GoRide, GoCar, Gofood, GoMart dan lainnya.

Untuk menggunakan dompet digital ini tentu saja user harus melakukan deposit atau top up terlebih dahulu. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk deposit seperti transfer bank, top up di minimarket hingga transfer dana dari user lainnya. User yang melakukan top up akan dikenakan biaya administrasi yaitu 1000.

Layanan pembayaran dompet digital sebenarnya memiliki banyak fungsi. Selain untuk melakukan pembayaran dari layanan Gojek tentu saja dompet digital ini bisa digunakan untuk pembayaran merchant dengan scan barcode. Selain itu, terdapat fungsi transaksi lainnya yang tersedia. 

Misalnya saja user bisa melakukan transfer ke user lain dengan mudah. User juga bisa melakukan transfer dana ke bank lokal. Bahkan, user bisa menggunakan fitur withdraw atau penarikan uang melalui atm. Perlu diingat bahwa seluruh fungsi seperti ini hanya berlaku pada akun yang sudah memiliki verifikasi identitas.

Persyaratan Withdraw GoPay

Cara withdraw gopay bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa batasan waktu. Selain itu, user juga bisa melakukan penarikan dana dengan bantuan dari mesin atm beberapa bank yang telah ditunjuk. Hal paling penting adalah metode penarikan atau withdraw dari layanan Gopay ini memiliki beberapa persyaratan yang harus dipahami. 

Apalagi Gopay juga memiliki kebijakan tentang minimal penarikan dana hingga biaya administrasi yang diberlakukan. Pastikan juga akun yang digunakan user untuk melakukan penarikan adalah milik pribadi. 

Berikut ini ada beberapa persyaratan withdraw gopay yang perlu diperhatikan seperti:

1. Verifikasi Gopay Plus

Salah satu persyaratan yang sangat penting adalah dengan melalukan upgrade akun Gopay. Cara ini dilakukan dengan verifikasi identitas melalui eKTP. Proses verifikasi harus berhasil dan membuat akun dari Gopay berubah menjadi Gopay Plus. Jangan khawatir karena metode ini juga sangat mudah dengan proses cepat.

2. Hanya penarikan atm BCA

Saat ini, penarikan atau withdraw Gopay hanya bisa dilakukan dengan menggunakan atm BCA. Hal ini karena sebagian besar atm BCA juga menerapkan fitur penarikan tanpa kartu atm. Mungkin kedepannya terdapat pilihan atm bank lainnya.

3. Nominal penarikan

Pahami nominal penarikan yang berlaku melalui fitur withdraw gopay. Nominal minimal dari penarikan saldo Gopay adalah 100 ribu. Selain itu, perhitungan maksimal dari fitur tarik tunai hingga 1,2 juta. Penarikan ini bebas dilakukan dengan pecahan berapapun dari atm BCA.

4. Biaya administrasi

User yang melakukan penarikan saldo Gopay melalui atm BCA akan dikenakan biaya administrasi 5000 rupiah. Biaya ini berlaku untuk satu kali transaksi.

5. Penggunaan kode transaksi

Persyaratan lainnya yang harus dipahami adalah user akan mendapatkan kode transaksi yang dikirim melalui pesan dan notifikasi aplikasi. Kode transaksi ini hanya berlaku maksimal 3 jam setelah diterima oleh user.

Cara Withdraw GoPay

Cara Withdraw GoPay

User layanan pembayaran ini tidak perlu khawatir karena cara withdraw gopay bisa dilakukan dengan sangat mudah. Selain itu, cara ini juga tidak terbatas oleh waktu. Artinya, user bisa melalukan penarikan kapan saja sesuai dengan pilihan tempat yang tersedia. Proses penarikan yang dibutuhkan juga dianggap sangat cepat. Beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan dari cara withdraw gopay yaitu:

Langkah 1. Buka Aplikasi GoPay

Langkah pertama yang harus dilakukan dengan membuka aplikasi GoPay. Pastikan perangkat tersambung dengan jaringan internet yang stabil. 

Bagi yang belum punya aplikasi GoPay, bisa download di Google Play (untuk HP android) dan App Store (untuk HP iPhone).

Langkah 2. Login ke Aplikasi GoPay

Setelah aplikasi terbuka, lakukan Login akun GoPay menggunakan Nomor HP kamu. Jika belum punya, bisa daftar akun GoPay dulu menggunakan nomor hp yang kamu pakai saat ini ya!

Langkah 3. Pilih menu Transfer

Di beranda aplikasi, pilih menu Mulai transfer sekarang

Langkah 4. Tap Tarik Tunai

Lanjut, cari dan pilih menu Tarik tunai.

Langkah 5. Pilih Nominal

Akan ditampilkan beberapa nominal untukmu, jadi kamu tinggal memilih saja berapa nominal yang kamu butuhkan untuk ditarik (withdraw).

Langkah 6. Konfirmasi

Setelah memilih nominal yang ingin ditarik, lakukan konfirmasi dengan menekan tombol Konfirmasi & tarik. Catatan: ada biaya admin sebesar Rp. 5.000,00

Langkah 7. Scan Fingerprint (Sidik Jari)

Setelah memencet Konfirmasi & tarik, kamu akan disuruh untuk scan sidik jarimu untuk menyatakan bahwa kamu sendiri yang melakukan penarikan.

Selain fingerprint/sidik jari, kamu juga bisa input menggunakan PIN GoPay.

Langkah 8. Tunggu Kode Transaksi Tampil

Selanjutnya, kamu diharuskan untuk menunggu sebuah kode transaksi yang muncul dimana kode tersebut akan digunakan untuk melakukan penarikan ke rekening BCA kamu.

Langkah 9. Kunjungi ATM BCA Terdekat

Setelah kode transaksi muncul, langsung kunjungi ATM BCA terdekat dari lokasimu.

Langkah 10. Pilih CARDLESS TRANSACTION

Setelah sampai di ATM BCA, langsung tekan menu CARDLESS TRANSACTION.

Langkah 11. Input ID Pelanggan / Nomor HP

Masukkan ID Pelanggan GoPay kamu, bisa juga pakai Nomor HP. Lanjut tekan tombol BENAR di ATM.

Langkah 12. Input Kode Transaksi

Selanjutnya, masukkan kode transaksinya, dilanjutkan tekan tombol BENAR di ATM.

Langkah 13. Withdraw GoPay Berhasil

Transaksi sedang diproses, tunggu hingga mesin ATM mengeluarkan uang kamu.

Demikianlah pembahasan lengkap perihal langkah cara withdraw GoPay yang mudah dan benar serta bisa dilakukan siapapun pengguna aplikasi Gojek. Jika ada waktu, kamu bisa juga tahu cara upgrade GoPay yang sudah kita ulas sebelumnya.